Kamis, 03 Agustus 2017

Bahaya! Jangan Lakukan Hal Sepele Ini Saat Traveling Ke Singapura

Singapura adalah salah satu negara yang banyak dikunjungi traveler asal Indonesia. Wajar saja, hal ini dikarenakan pergi ke Negeri Singa ini tergolong murah. Bermodalkan uang sekitar Rp 1 jutaan saja, kita sudah bisa dapat penerbangan untuk pulang dan pergi dari Jakarta ke Singapura. Apalagi kalau kamu beli tiket pesawat online di Reservasi.com. Selain itu, Singapura juga punya banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Fasilitasnya pun lengkap dan canggih.


from Pixabay
Tapi pergi ke Singapura itu banyak aturannya. Makanya, negara ini pun dijuluki Negeri Seribu Aturan. Kalau kamu melanggar, siap-siap deh dapat hukuman. Sanksinya pun beragam, tergantung pelanggaran apa yang kamu lakukan. Bisa berupa denda, hukuman penjara, atau teguran dari penduduk.

Tapi tenang saja, meskipun aturannya ketat, Singapura tetap asyik kok buat dikunjungi bareng teman-teman, asalkan kamu tetap patuh sama semua aturan yang ada di sana. So, supaya kamu tidak dapat hukuman saat liburan di Singapura, mending pelajari dulu hal-hal apa saja yang tidak boleh dilakukan di sana. Di antaranya:

Buang Sampah Sembarangan
Aturan ini sebenarnya berlaku di semua negara. Tapi di Singapura, aturan ini benar-benar dipatuhi sama masyarakat. Maklum saja, siapa pun yang berani buang sampah, dendanya bisa mencapai jutaan rupiah. Singapura juga masuk dalam daftar negara yang memberikan hukuman berat terhadap perilaku buang sampah sembarangan, bersama Inggris, Jepang, Hongkong, dan Jerman. Namun, aturan ini juga diimbangi dengan banyaknya tempat pembuangan sampah. Jadi, kamu tidak akan kesulitan saat membuang sampah.

Semoga peraturan seperti ini bisa diterapkan juga di Indonesia, ya.

Merokok Sembarangan
Singapura adalah negara yang sangat nyaman buat orang yang anti-smoking. Tapi tidak bagi para perokok karena di negara ini, merokok benar-benar tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Di sini ada banyak area no smoking yang dilindungi oleh aturan hukum. Jadi kalau kamu mau merokok, carilah tempat yang diberi tanda smoking area. Tapi, meskipun merokok di tempat yang diperbolehkan, kamu tetap harus ingat sama aturan yang lain, yaitu jangan membuang sampah rokok sembarangan. Kalau tidak, denda jutaan rupiah menanti. Ini pernah terjadi pada seorang perokok yang membuang puntung rokok dari jendela apartemennya.

Btw, harga rokok di Singapura mahal banget lho. Selain itu, kamu juga tidak bisa sembarangan membawa rokok dari Indonesia karena aturan keluar-masuk negara tersebut sangat ketat juga..

Jangan Makan Permen Karet
Permen karet adalah kudapan yang sulit untuk ditemui di Negeri Singa. Ini karena pemerintah Singapura melarang makanan manis ini beredar. Lagi-lagi tujuannya adalah untuk menjaga kebersihan. Aturan ini sudah berlaku sejak awal tahun 90an, karena masyarakat Singapura di masa lalu sering membuang sampah permen karet sembarangan. Sisa permet karet itu pun banyak menempel di fasilitas-fasilitas umum. Permet karet yang boleh diperjual-belikan di Singapura cuma permen yang punya manfaat untuk kesehatan atau untuk membantu pecandu nikotin supaya bisa berhenti merokok. Tapi permen karet seperti ini cuma bisa dibeli di tempat-tempat tertentu dengan aturan yang ketat juga tentunya.

Lupa Menyiram Toilet dan Buang Air Sembarangan
Di Indonesia, larangan seperti ini juga berlaku. Di beberapa titik, bahkan ada papan pengumuman berukuran cukup besar yang bertuliskan sumpah serapah buat orang yang melanggarnya. Di Singapura, tulisan berisi sumpah serapah mungkin tidak akan kamu temukan. Tapi bukan berarti kamu bisa kencing sembarangan atau lupa menyiram toilet karena denda untuk pelanggaran ini besarnya bisa mencapai jutaan rupiah.

Jadi Fakir Kuota
Di era Millennial kayak sekarang, koneksi internet jadi kebutuhan penting dalam kehidupan sehari-hari. Saking besarnya kebutuhan akan internet, banyak orang yang rela nongrong seharian di taman yang punya akses wi-fi gratis. Tapi kalau di Singapura, jangan sekali-kali kamu memakai akses wi-fi sembarangan. Kalau kamu ketahunan mengakses wi-fi punya orang lain tanpa izin, kamu akan dianggap melakukan pencurian dengan denda mencapai jutaan rupiah.

Menyebrang Sembarangan
Di Singapura, semua hal benar-benar harus dilakukan pada tempatnya tempatnya. Buang sampah ada tempatnya, merokok juga, begitu pun dengan menyebrang jalan. Di Singapura, menyebrang jalan di bukan tempat yang seharusnya sama saja dengan melanggar lalu lintas. Pelakunya pun bisa di denda sampai ratusan dolar. Tapi aturan ini bagus sih supaya tidak ada kecelakaan lalu lintas.

Naik Eskalator di Kanan
Singapura termasuk negara yang sibuk dan berkomitmen terhadap waktu. Makanya, kehidupan di sana berjalan dengan cepat. Bahkan, orang Singapura masih sering berjalan kaki meskipun sedang menaiki eskalator. Jadi kalau kamu lagi menggunakan eskalator yang sedang berjalan, berdirilah di sebelah kiri. Sisi kanan biasanya digunakan oleh orang-orang yang sedang terburu-buru. Kalau kamu berdiri dengan santai di sisi kanan eskalator, siap-siap saja terkena damprat. Tapi aturan ini tidak berlaku di waktu-waktu yang super padat.

Pokoknya, semua yang dilakukan sembarangan akan dilarang di Singapura. Makanya banyak yang bilang ‘Singapore is a fine country’ alias negeri denda. Tapi tenang saja, semua aturan itu disosialisasikan dengan baik kok. Kamu hanya perlu mematuhinya.

Untuk pergi ke Singapura, kamu bisa menggunakan berbagai maskapai penerbangan seperti Garuda Indonesia. So, buruan cek daftar harga tiket pesawat Garuda Indonesia sekarang juga.


19 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Aku pengen ke sini. Tapi nunggu anak ke 2 lahir deh, biar sekalian bisa foto keluarga. Wkwkwk. Makasih infonya, ku catat terutama soal naik escalator. Soalnya selaku mikir escalator kan buat santai gitu

    BalasHapus
  3. Ya Allah, nyuri wifi bisa didenda sampai jutaan rupiah? 😨

    Tapi dengan denda yang tinggi gitu pada akhirnya menjadikan Singapura negaa yang bersih dan disiplin, ya. Asik gitu membayangkan betapa nyamannya jalan-jalan di Singapura.

    BalasHapus
  4. Waduh. Pernah ga ya aku nyebrang semabarangan selama di Singapura? Semoga enggak deh. Ya, setidaknya ga ketahuan sih. Denda cin.

    Mungkin di Indonesia, segera berlaku aturan dilarang pacaran sembarangan. Hehehehr

    BalasHapus
  5. yap negara yg sdh maju beda ama negara berkembang, SG tertib bs diomelin org kl ga tertib lbh parah lg bs di hukum jg. Indonesia mgkn akan menuju kearah sana.

    BalasHapus
  6. Singapura jadi salah satu destinasi wisata yang bagus, tentunya kita juga harus mengikuti aturan yang ada. Apalagi kalau ke Singapura bisa booking tiket secara online, banyak penawaran menarik juga.

    BalasHapus
  7. waah baru tau yang soal permen karet ini... bayangin aja kalo aturan kaya gini diterapkan di Indonesia... bisa heboh itu netizen, nyinyirnya 7hari 7 malam ga bakalan kelar...

    BalasHapus
  8. Kayaknya aku betah nih tinggal di Singapura kalau dari sisi larangan merokok dan buang sampah sembarangan. Yang bikin ga betah pajak dan biaya hidupnya yang mah. Hihihi.

    BalasHapus
  9. jadi ingat teman saya..waktu di toilet yang pake sensor dia bingung mau cebok
    dia cari keran ga ada
    cuma tisu
    dia mikir gimana nyiramnya
    akhirnya dia mau nyari air keluar toilet dekat wastafel
    pas berdiri eh nyiram sendiri hahahaha
    iyess..singapura mmg banyak aturan
    ke sana paling asyik cuma sehari

    BalasHapus
  10. Singapura memang jadi salah satu tempat tujuan para traveller Indonesia, ya Teh.
    Selain letaknya dekat, tempatnya juga nyaman karena kebersihannya terjaga dengan baik.

    BalasHapus
  11. Wah... Bener-bener banyak aturan ya Singapura. Eh tapi aku baru tau kalau di Singapura itu gak boleh makan permen karet.

    BalasHapus
  12. Banyak juga ya larangan yg seperti sepele ini. Aku pernah baca juga katanya gak boleh asal ngasih pengemis. Bahkan orang ngamen aja daftar dulu. Beda memang sama Indonesia

    BalasHapus
  13. Kl naik eskalator di sana memang enak sih ya, kl buru2 ya udah langsung jalan di kanan, dan org udah pada tau. Jd ga ada yg ngeblock eskalatornya hehe. Kl misalnya lg santai, ya udah otomatis udah langsung berdiri di kiri aja sih hehe.

    BalasHapus
  14. wih perlu di waspadai banget ini mah mba. Singapore punya peraturan yang ketat juga ya mulai dari eskalator hingga masa wi-fian sembarangan langsung kena denda serem banget disini mah sering banget pakai wifi punya orang haha.

    BalasHapus
  15. wowww baru tahu aku, kalau disini bener bener teratur banget ya.. wakakaakk di indonesia kendaraaan pelan aja kadang di kanan. boro boro eskalator bisa teratur begitu kiri kanan hahahah..

    BalasHapus
  16. Salut banget sama aturan yang ada di Singapura. Andai saja semua aturan yang ada di Indonesia juga berlaku di Indonesia. Apalagi kalo menurut widya yang masalah orang suka nyebrang sembarangan. Widya kalo lagi naik motor suka jadi was-was kalo tiba2 ada yang nyebrang dadakan hehehe

    BalasHapus
  17. Masalah kebersihan, Singapura memnag top ya. Sing ada lawan....



    Perkara wifi, duh dendanya bikin bokek

    BalasHapus
  18. Aku makanya kalau sebelum travelling selalu baca-baca info dulu. Supaya gak salah saat disana, takut melanggar. Jadi traveller bijak hahah

    BalasHapus
  19. Kadang suka bingung, kalau org Indonesia pergi ke SIN bisa banget nurut ya, tapi kalau di negeri sendiri meski jg ada denda misalnya buat yg ngrokok sembarangan atau buang sampah sembarangan, kok gak bisa nerapin. Ya gak semua sih. Cuma pas kebetulan yg aku perhatikan begitu hehe.
    Semoga ada masanya Indonesia bisa lbh bagus dr Singapore.

    BalasHapus

Wanna say something?
The comment is yours