Kamis, 03 Agustus 2017

Anmum: Every Pregnancy is EXTRAORDINARY Because Every Women is Special



Tidak lama setelah pindah ke Jakarta, saya bertemu dengan jodoh saya, alhamdulillah hijrah menghasilkan jodoh, selang beberapa bulan, ternyata saya dikaruniai anak. Saya senang? Tentu saya senang, karena jujur saya sempat takut lama mendapatkan keturunan karena orang yang bertubuh besar biasanya mendapatkan penundaan dari Tuhan, namun ternyata Yang Maha Esa memberikan saya cerita lainnya. Kemudahan saya hamil juga diikuti dengan ujian dari Tuhan tentang betapa sulitnya masa kehamilan saya terutama di trimester ke dua menjelang ke tiga, hampir tiap minggu saya masuk UGD. Dan saya harus izin untuk tidak bekerja selama dua bulan karena tidak diperbolehkan oleh dokter karena penyakit batu empedu yang saya derita. Well, sebagaimana pun sulitnya kehamilan ini, saya tetap bersyukur.


Dan dari 10 orang wanita hamil atau melahirkan yang saya tanya dan saya konsultasikan mengenai kehamilan, 10 dari 10 wanita, tidak termasuk saya, memiliki 10 pengalaman yang berbeda dan tidak pernah sama sedikitpun dengan saya. That's why, this is a very EXTRAORDINARY moments for every single mom in the universe.

Ketika hamil, perempuan mengalami hal yang berbeda satu sama lainnya. Pengalaman hamil yang unik, perubahan fisik dan psikis, serta lingkungan di sekitar yang berubah memberikan hal lainnya yang tentunya berperan dalam proses kehamilan, membesarkan si Kecil serta menyusui. Saat inilah saya merasa bahwa selain factor internal yang berasal dari dalam diri kita sendiri, lingkungan juga berperan penting dalam fase ini, terutama bagi new Mom seperti saya.


Salah satu hal yang saya rasakan berubah selama hamil adalah saat hamil saya lebih mudah lelah.
Ternyata karena jantung berdetak lebih cepat, ya!

As one of the major brand in Indonesia, Anmum memahami kondisi perempuan dalam fase persiapan kehamilan, masa mengandung dan menyusui adalah hal yang luar biasa. Oleh karena itulah, bertepatan dengan Pekan Menyusui Internasional yang jatuh pada minggu pertama di bulan Agustus, Anmum meluncurkan kampanye #CelebrateTheExtraordinary di Raffles Hotel, Jakarta, Selasa 1 Agustus 2017 dan kebetulan saya beruntung mendapatkan undangan untuk menghadiri acara peluncurannya. Dan yang bikin super happy adalah boleh bawa Alma serta disediakan playground, sekalian kaya mom and daughter day out ini mah!


Seru banget ada photoboothnya bisa langsung cetak!


Acara ini dibuka oleh Rohini Behl, Marketing Technical Advisor, Fonterra Brands Indonesia. Ms. Behl mengatakan bahwa, “Menjadi ibu adalah salah satu transisi luar biasa dalam kehidupan seorang wanita. Anmum berkomitmen terhadap kesehatan dan kesejahteraan para ibu di Indonesia, dan kami menyadari bahwa menjadi ibu benar-benar merupakan perjalanan yang luar biasa. Oleh karena itu penting bagi para ibu untuk mendapat dukungan penuh dari anggota keluarga dan teman mereka selama perjalanan ini."

Acara lalu dilanjutkan dengan penjelasan dari Dr. dr. Ali Sungkar SpOG (K), Ketua Perkumpulan Perinatologi Indonesia (PERINASIA) dan Anggota Dewan Penasihat Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia DKI Jakarta yang menjelaskan mengenai pentingnya dukungan keluarga untuk ibu dalam proses mempersiapkan kehamilan, masa hamil dan menyusui. Kenapa penting untuk mendukung ibu dalam masa mempersiapkan kehamilan? Hal ini dikarenakan 1000 hari penting pertama yang penting untuk anak dimulai dari sejak terjadinya pembuahan. Banyak yang mengira bahwa hanya bayi yang harus mendapatkan gizi yang cukup padahal ini juga termasuk ibunya, lho. Ibu yang kurang gizi akan melahirkan anak kekurangan nutrisi. Hal ini akan mengakibatkan adanya penurunan intelegensia, kekebalan rendah dan lainnya yang tidak kita inginkan akan terjadi pada anak. Dr. Ali juga menjelaskan bahwa menyusui sangat penting baik bagi ibu dan juga bayinya. Jika pada bayi ASI akan memberikan kekebalan tubuh, pada ibu menyusui akan mengurangi risiko terjadinya beberapa penyakit. Namun, banyak hambatan yang membuat ibu sulit memberikan ASI pada bayinya dan seringkali hal ini disebabkan oleh kurangnya dukungan lingkungan. Lalu apakah sajakah langkah yang bisa membantu ibu agar berhasil memberikan ASI pada si Kecil? Dikutip dari web IDAI, berikutlah tipsnya:

Sepuluh langkah menuju keberhasilan menyusui
  • Sarana pelayanan kesehatan mempunyai kebijakan tentang penerapan 10 langkah menuju keberhasilan menyusui dan melarang promosi PASI
  • Sarana pelayanan kesehatan melakukan pelatihan untuk staf sendiri atau lainnya
  • Menyiapkan ibu hamil untuk mengetahui manfaat ASI dan langkah keberhasilan  menyusui. Memberikan konseling apabila ibu penderita infeksi HIV positif
  • Melakukan kontak dan menyusui dini bayi baru lahir (1/2 - 1 jam setelah lahir)
  • Membantu ibu melakukan teknik menyusui yang benar (posisi peletakan tubuh bayi dan pelekatan mulut bayi pada payudara)
  • Hanya memberikan ASI saja tanpa minuman pralaktal sejak bayi lahir
  • Melaksanakan rawat gabung ibu dan bayi
  • Melaksanakan pemberian ASI  sesering dan semau bayi
  • Tidak memberikan dot/ kempeng.
  • Menindak lanjuti ibu-bayi setelah pulang dari sarana pelayanan kesehatan

Salah satu hal penting yang disampaikan oleh Dr. Ali adalah ibu menyusui harus ditemani ibu menyusui lainnya dan keluarga lho. Hal ini lah yang untuk saya pribadi merupakan hal yang sangat penting sekali saat kita berada dalam fase menyusui untuk kelangsungan ASI yang terus mengalir. Saat masa ini, saya ingat sekali dulu sering bertanya pada ibu yang sudah berpengalaman dan untungnya semua welcome sekali dengan semua pertanyaan dan sangat antusias dalam menjawab. Kalau ada kawan-kawan yang mau konsultasi silakan lho, saya akan menyambut with my open arms. 

Acara lalu dilanjutkan dengan acara berbincang dengan Ines Yumahana Gulardi MSc, Senior Nutrition Manager, Fonterra Brands Indonesia, Cynthia Lamusu, serta Maria Leonnyta Sastra Wijaya, seorang ibu Pejuang ASI.

Ibu Ines Yumahana menjelaskan bahwa tahap pertama kehidupan seorang anak yang meliputi perkembangan janin di rahim dan masa menyusui sangat krusial dan nutrisi ibu sangat penting selama periode ini. Ketika seorang ibu memperoleh nutrisi dengan baik, tentunya tubuhnya dapat memenuhi kebutuhannya sendiri maupun kebutuhan anaknya. Ibu Ines menjelaskan bahwa Anmum Materna dan Lacta memberikan dukungan dan perhatian dan nutrisi khusus untuk kesehatan dan kesejahteraan ibu. Anmum Materna menyediakan nutrisi makro dan mikro dengan Ganglioside (GA) dan DHA. Selain itu, rasa baru Anmum Materna Chocolate memiliki rasa yang lebih disukai. Menurut sebuah survei - 8 dari 10 wanita hamil lebih menyukai rasa baru Anmum Materna Chocolate dibandingkan dengan produk susu hamil lainnya.


Ini enak!


Sementara itu, Anmum Lacta mendukung peningkatan kebutuhan nutrisi ibu menyusui sehingga kebutuhan nutrisinya terpenuhi selama masa yang penting ini. Anmum Lacta mengandung berbagai komponen penting seperti Ganglioside (GA) dan nutrisi seperti DHA. Studi membuktikan, asupan ibu, seperti DHA, dapat mempengaruhi jumlah DHA dalam ASI.

Click for zooming



Setelah itu, Cynthia Lamusu menjelaskan mengenai pengalamannya sebagai seorang ibu yang telah menunggu selama delapan tahun untuk kelahiran buah hati kembar pertamanya. Karena penantian panjangnya, serta kelahiran kedua buah hatinya, Tatjana dan Bima, yang lahir dalam kondisi premature membuat dirinya menjadi over protective, lho. Kayanya semua orang yang mengalami tough pregnancy baik itu lamanya kehamilan atau kesulitan dalam hamil akan mengalami hal yang sama ya. Seenggaknya itu yang aku rasain, sih. 




Mengenai ASI, Maria Leonnyta Sastra Wijaya bercerita bahwa di hari pertama melahirkan ternyata ASI-nya sedikit, lho. Tapi, dirinya tidak patah arang, dia terus bersemangat untuk menyusui plus memompa ASI-nya. Hingga sekarang produksi ASI Maria banyak sekali hingga bisa didonorkan. Padahal dulu Maria tidak mendapatkan ASI dari ibunya, namun yak arena dia berkomitmen dan disiplin dalam memberikan ASI, keinginannya untuk memberikan ASI eksklusif bagi si Kecil berhasil, lho. Nothing can betray hardwork!



Nah, maukah kamu membagikan pengalaman EXTRAORDINARY yang pernah kamu atau pasangan kamu alami? Kindly share below, ya!

Thanks for reading!


M~

PS: Demi menjaga stabilitas acara (lol), saya bulak-balik cek Alma walaupun disediakan playground dan hal ini mengakibatkan foto kurang bagus sehingga harus pakai foto dari Anmum. Sorry, ya!

31 komentar:

  1. MasyaAllah ya mba perjuangan ibu itu untuk anakknya selalu berkesan...

    BalasHapus
  2. Membayangkan satu kulkas full asi gitu rasanya emezing banget ya. Hahahaha. Semoga nanti aku sukses ngasi di anak ke 2.aamiin

    BalasHapus
  3. Aku udah nulis di blog nih soal pengalaman menghadapi bernagai tantangan selama hamil dan menyusui, pengalaman yg luar biasaa

    BalasHapus
  4. Anmum itu sahabat ibu hamil terbaik :)
    btw ilmunya kenyang banget kemarin.

    BalasHapus
  5. Itu mas Surya Saputra minum Anmum juga? Rasanya seperti apa ya? Ada dua pilihan rasa Anmum ya, kapan ya ada yang rasa stroberi?

    BalasHapus
  6. alhamdulillah cepat hamil ya mba
    saya 5 tahun baru dapat baby
    dukungan suami khususnya sangat penting ya selama kehamilan dan menyusui
    hiks...nyesel anak dulu ga ASI

    BalasHapus
  7. Ini acara pasti jadi dambaan buibu banget, ya. Secara gitu boleh bawa anak. Hihihi
    Acaranya keren banget, Teh. Jadi semakin sadar bahwa kehamilan itu emang butuh persiapan. Keluarga dan suami khususnya juga harus perhatiin.

    BalasHapus
  8. Nah enak banget anmum ini yang coklat kaya minum hot chocolate. Wah perjuangan banget ya mba dirimu sampai bedrest. Semangat yaaa

    BalasHapus
  9. Paragraf pembukanya bikin saya mikir : apa saya harus hijrah ke Jakarta dulu biar dapat jodoh wkwkkwkw...

    Btw, lumayan berat ya mbak perjuangan saat mengandung, sampe hampir tiap minggu masuk UGD. Untungnya saat ini ada Anmum yang memahami kebutuhan wanita saat masa persiapan kehamilan, mengandung, bahkan saat menyusui.

    BalasHapus
  10. Aku sudah memasuki 9bulan nih, Teh. Mohon doanya ya semoga lancar & normal. Aamiin

    Pengalamanku hamil ini juga dibantu susu ibu hamil di trisemester 1& 2.

    Trisemester pertama ga bisa bau sayur. Alhasil asupan sayur berkurang.

    Trisemester kedua, malah susah makan karena perut terasa penuh padahal nafsu makan meningkat sih. Xixi

    Trisemeter akhir ini gampang banget makan sampai baby-nya udah endhut nih di dalam perut. Kata dokter suruh atur makan. Hehe

    Sekarang lagi berdoa semoga bisa ASI eksklusif plus diteruskan sampai 2 tahun. Aamiin. Aku ga beli empeng/dot juga sesuai petunjuk di atas. Pakainya baby feeder yang kayak sendok itu. Jadi kalau ditinggal-tinggal yang dititipin ga bingung. Hehe

    BalasHapus
  11. Sebagai perempuan yg belum berpengalaman dalam memberikan ASI, saya selalu salut pada Mbak Maria Leonnyta Sastra Wijaya yg mengalami ASInya sedikit di hari2 pertama saat melahirkan tapi berikutnya bahkan bisa jadi pejuang ASi.

    Beberapa teman yg mengalami kasus seperti itu, dan akhirnya anaknya diberikan Sufor karena upaya2 yang dilakukan tidak memberikan hasil spt yg diharapkan.

    BalasHapus
  12. Tetehhhhhh aku kok speechless! Kebanyakan baca tulisan Anmum dari kemaren bikin pengen mewek-mewek gimana gitu..... ahahahaha dasar cengeng.
    Iya ya, nutrisi janin dimulai sedini mungkin untuk tumbuh kembangnya. Enggak heran, begitu selesai embrio transfer, aku langsung diperintahin suster minum susu ibu hamil dan aneka makanan lainnya.
    Aku suka sama kesimpulan teteh pas nulis "orang yang mengalami tough pregnancy baik itu lamanya kehamilan atau kesulitan dalam hamil menjadi over protective." Iya, pengalaman tiap orang pasti berbeda, dan itu akan membentuk menjadi orang yang berbeda kan ya. Jadi jangan saling menjudge.
    Susu Anmum ini enak gak, Teh? Aku belum pernah coba. Kalau dapat rejeki ngerasain hamil lagi mau beralih ke Anmum ah....

    BalasHapus
  13. Wahhh.. ternyata hijrahmu mendekatkan pd jodoh yaa. Hihi.. anmum enak yaa rasanyaa

    BalasHapus
  14. Wah cerita hamilnya penuh perjuangan ya, tapi alhamdulillah sekarang anaknya sehat dan ceria.

    BalasHapus
  15. Memang benar Teh, kehamilan tiap perempuan berbeda dengan kehamilan perempuan lainnya. Eh tapi, jangankan dengan orang lain, pengalaman hamil dua kali, yang pertama berbeda pengalamannya dengan yang kedua. Bawaan orok masing-masing hihihi...

    BalasHapus
  16. Wuaaaaaa kayaknya aku gak bisa berbagi kisah momxtraordinary deh, soalnya belum jadi mom 😝

    Tapi sejauh ini saya juga belajar sedikit2 mengenai kehamilan, melahirkan, dan anak. Iyaaaa, persiapan... Hahahaa.... Padahal ya belum nikah 😁😁

    Aku dapat banyak info nih di sini... Iyaaaaa info persiapan, hahaahhaa

    BalasHapus
  17. dulu aku juga gak bisa menyusui krn salah peletakan puting, malah jd lecet. ibu menyusui itu gak gampang ya, mesti byk yg dukung

    BalasHapus
  18. Ada teman yang curhat jika ASInya sedikit karena dia lahiran lewat SC. Kusueuh nyari daun katuk seperti yang kulakukan dulu, ternyata di sana nggak ada. Baca ini, aku langsung nyuruh dia nyari Anmum Lacta. Semoga aja sudah menjangkau pulau Belakang Padang ya. 😂😂😂

    Setuju banget yang kisah kehamilan setiap Ibu itu beda. Aku dulu trimester pertama mabok berat, trimester kedua gatal seluruh badan tanpa sebab, trimester ketiga ulu hati sakit. 😂😂😂

    BalasHapus
  19. Senang ya bisa datang di acara yang bermanfaat

    BalasHapus
  20. Baca tentang kehamilan ini membuatku pingin hamil lagi dan minum susu hamil lagi...

    BalasHapus
  21. saya belum bisa membagikan pengalaman EXTRAORDINARY yang pernah dialami bersama istri selain pas mengucapkan janji pernikahan mba hehe.. semoga nanti segera diberi pengalaman extraordinary pas istri hamil yak hehhe

    BalasHapus
  22. Iya sih semakin banyak dikeluarkan ASI akan makin berlimpah. Dulu punya tmn jg yg suka memerah ASI, bahkan anak pertamaku sempat didonorin ASI-nya :D

    Trus sama pikiran harus selalu happy saat masih ngASI :D

    BalasHapus
  23. Blm pengalaman sama menyusi. Tapi tetanggaku, gara2 dia gak tahan sakit saat nyusui, jd pakai sufor.Hbis itu anaknya gak mau ASI sampai skrg. Kasian benernya. Tapi krn dia blm pengalaman ditambah org sekitar yg gak ngasih tahu

    BalasHapus
  24. Susu Anmum ini bagus banget buat ibu ibu yang baru saja melahirkan dan akan menyusi anaknya yang baru lahir. Karena, kandungan didalam susu Anmum bagus bannget buat sang ibu dan ASI yang dihasilkan pun akan bagus untuk sang anak

    BalasHapus
  25. seru acara ini, informasi yang disajikan juga menarik, banyak sharring dari para ahli pula.. aiih semoga nanti anmum ngadain acara lain dan kita diundang lagi..

    BalasHapus
  26. Mau sih berbagi pengalaman, tapi sayangnya belum berpengalaman wkwkwk
    Enak yha hijrah dapet jodoh, Teh Dew idolaque hahahak
    Perjuangan banget kayaknya waktu hamil, Teh, tapi terbayarlah ya dengan hadirnya Alma yang pintar dan menggemaskan. Semoga pas giliran aku, gak cukup drastis keadaan fisik dan psikisnya. Gak hamil aja udah naik turun gak jelas aku mah wkwkwk

    BalasHapus
  27. Bun, saya pria, dan saya mau merasakan kehamilan. Bagaimana caranya?

    BalasHapus
  28. Bagi wanita, hamil dan menyusui adalah masa penting bagi perkembangan. perlu asupan gizi seimbang demi gizi janin dan anak. Sepertinya ibu perlu tahu ya kak, ada minuman pendamping yang bagus

    BalasHapus
  29. Puas banget ikutan acara Anmum #CelebrateTheExtraordinary banyak dapat ilmu dan info seputar hamil dan menyusui..mudah2an Anmum sering-sering ngadain acara seperti ini yaa..edukasi juga buat kita moms blogger.

    BalasHapus
  30. Hi Mba Salam Kenal,

    Memberikan asi itu memang butuh perjuangan. Patut untuk diperjuangkan sih....karena bukan hanya duniawi yang kita dapat, tapi pahala kan ya.

    BalasHapus
  31. wahh mba, cerita kehamilanmu itu perjuangan banget ya. memang setiap bumil memiliki ceritanya masing - masing. semoga dengan berbagi seperti ini bumil dan busui yang lain memiliki semangat karena mereka itu gak sendiri ^^

    BalasHapus

Wanna say something?
The comment is yours