Minggu, 30 April 2017

[Beauty 101] Perawatan Kecantikan Saat Hamil

Aku kali ini mau menuliskan sesuatu mengenai hal yang paling banyak ditanyakan teman-teman saat hamil hingga sekarang, "Pakai skincare apa saja saat hamil?" atau "Perawatan kecantikan saat hamil apa saja, sih?"

Saat menjadi ibu hamil semua wanita, termasuk aku, menjadi sangat picky pada banyak hal termasuk dalam hal perawatan kulit. Hal ini dikarenakan there is someone as lovely as sunshine di dalam perut yang kalau kata ibu gaul zaman sekarang "I know I love you before I meet you," jadinya semakin berhati-hati karena apapun yang dilakukan oleh ibu akan berefek pada janin. Dan ada kekhawatiran semenjak beredar info ada bayi yang 'kurang sempurna' karena ibunya menggunakan skincare yang salah. Hal apa saja mengenai skincare atau makeup yang harus diperhatikan saat sedang hamil?

Satu yang paling penting, gunakan skincare yang aman untuk kulit. Aman itu maksudnya gimana? Terdaftar di BPOM. Kalau skincare yang kamu gunakan dari luar negeri, pastikan sudah mendapatkan BPOM di negeri asalnya, ya! Jika belum mendapatkan BPOM, stop menggunakannya, don't take a risk for your baby cuma karena bandel pengen terlihat cantik.

"Skincare aku ini dari dokter kok, jadi aman."
Serius dari dokter? Dapat resepnya langsung apa cuma beli di pasar grosir krim kiloan yang ada label dari dokternya? Kalau memang dari dokter langsung, krim di dapat dengan konsultasi langsung plus cek kulit, it is OK. Tapi kalau cuma 'katanya dari dokter' stop digunakan karena kita enggak tahu ada apa di dalamnya.

Setiap kamu membeli skincare, baik itu di drugstore atau ke dokter, perhatikan atau tanyakan kandungan apa saja yang ada di dalamnya. Jangan gunakan skincare yang emang berbahaya. Untuk skincare di drugstore so far biasanya aman, tapi tetep harus ekstra perhatian ya sama apa aja yang digunakan terutama cari tahu bahan apa saja yang membuat kamu alergi. Karena kadang, pada saat hamil dan tidak hamil kulit kita keadaanya berbeda. Saya enggak ada alergi makanan, pas hamil makan udang langsung gatel.

Kalau kamu mengonsumsi suplemen kecantikan semasa masih gadis, coba konsultasikan dulu dengan dokter apakah masih bisa dikonsumsi selama masa berbadan dua. Karena kadang ada beberapa suplemen yang malah akan menganggu kestabilan hormon.

Dari tadi nulis mengenai komposisi mulu, tapi komposisi apa aja sih yang enggak boleh? Kalau ngomongin komposisi terlalu science ya, jujur saya juga bingung bacanya sebenernya saat hamil. Wkwkw. Lemme make it brief for you dimulai dari yang paling berbahaya, ya!

Jika kamu pencinta produk yang memiliki zat yang mencerahkan kulit, waspadai merkuri dan hydroquinone. IT IS A MUST karena penggunaannya akan menyebabkan kerusakan dan gangguan pada janin, mengerikan!

Saat hamil saya sering banget jerawatan tapi saya biarkan karena enggak banyak banget juga. Dan jika hal ini terjadi sama kamu dan jerawat kamu super banyak, hindari produk yang mengandung benzoyl peroxide and salicylic acid, it is often stated as AHA and BHA yang merupakan produk chemical exfoliator. Zat-zat ini bisa mengakibatkan gangguan tumbuh kembang janin. Note: AHA BHA merupakan salah satu jenis acids yang mempunyai berbagai jenis ya, dan ada juga yang alami. Kalau mau pakai AHA BHA boleh asal jangan bahan yang di atas.

Kerutan di wajah kadang muncul pada saat hamil namun waspadai bahan-bahan yang mengandung anti aging yang merupakan turunan vitamin A. Apa saja tuh? Biasanya turunan vitamin A disebut retinoids nama lainnya banyak ada retin-A, Retin-A Micro, Renova, Atralin, Avita, and Avage, tazarotene, and adapalene. Zat ini membahayakan janin karena dapat meningkatkan risiko catat pada janin.

I almost tell everybody to use sunscreen termasuk ibu hamil. Sunscreen is important karena salah satu faktor aging yang berbahaya adalah sinar matahari. Sayangnya, ada beberapa bahan UV filters ini berbahaya, sebut saja PABA, benzophenone-3, dan retinyl palmintate yang bisa masuk ke dalam kulit dan jalan-jalan di aliran darah kamu sehingga menyebabkan adanya perubahan hormon.

Patokan saya adalah rincian di atas dan karena selama hamil bawaannya badan cape, pegel endesbra endesbre lala la yeye ye. Jadi jangan bayangkan kalau saya melakukan 10 Steps Korean Skincare, no way. I keep it short, basic and brief so I still can use skincare or makeup while enjoying my pregnancy. Di pagi hari saya hanya menggunakan pembersih muka dari Kiehl's (Kiehl's Ultra Facial Cleanser), dilanjutkan dengan FTE SK-II, pelembab dari Kiehl's juga (Kiehl's Ultra Facial Cream), dan Wardah Sunscreen Gel. Kalau pengen rada centil tambah dandan sedikit pakai bedak Maybelline, Tinted Moisturizer The Balm dan SMLC dari NYX. Di malam hari saya tambahkan double cleanser, sleeping pack dan selebihnya sama. No toner no serum, karena saya lumayan males. Itu aja udah banyak kan sebenernya.

Nah, ada pertanyaan lainnya kah mengenai perawatan kecantikan saat hamil? Kalau ada silakan tuliskan di bawah aja ya, I will glad to help you.

Thanks!


M~

Please note that this post is posted without a photo since I am still looking for the right product, dan beberapa emang udah dibuang karena habis. I will update it soon.

12 komentar:

  1. Memang harus ekstra hati-hati ya, Teh, melakukan perawatan kecantikan saat hamil.
    Tapi, ternyata perawatan Teh Dewi lumayan banyak juga ya hihihi..komplit!

    BalasHapus
  2. Meskipun gak ada larangan, tapi menurut aku sih mending gak pake make up atau perias dulu deh mba. Biar calon dedek yang di dalam kandungan jauh lebih sehat

    BalasHapus
  3. wah ini aman ya buat orang hamil, jadi kalau cewek gak perlu takut semua aman

    BalasHapus
  4. temenku bahkan bilang klo hamil ngga usah pake kosmetik yang mengandung bahan kimia. pake bahan bahan tradisional aja.

    BalasHapus
  5. Ini mah pasnya sama kaka saya, soalnya lagi hamil juga, ta tawarin deh soal artikel skincare ini :D

    BalasHapus
  6. Rajin itu mba Dewi...
    Aku jadi rajin semenjak gabung di salah satu produk kecantikan. Dan itupun gak lama karena sistemnya MLM.

    Suka ngerasa bersalah kalau memasarkan produk MLM.

    **lhoo...jadi curhat.

    Pas hamil malah kumus banget, tapi kalo kluar dibiasain pake pelembab gitu..biar gak kering. Sama pake masker aja ((kalo uda mulai kerasa kumus banget))


    Sekarang anak-anak uda gede, mulai biasain rutin pake masker alami. Tiap hari. Karena aku kan santai...di rumah doank.
    Hehhe....hiburan sekaligus me time aku.

    BalasHapus
  7. Jadi disadarkan, faktor keamanan kosmetik (bukan hanya sebatas kulit) berarti bukan hanya penting bagi ibu hamil, ya, Mba. Bagi perempuan yang tidak mengandung juga, semua perlu dipikirkan apakah bahan2 itu bakal mempengaruhi kesehatan kandungan, darah, dll. TFS ya, Mba Dewi..

    BalasHapus
  8. wiiih.. baru tau aku mbak kalau skincare yang kita gunain saat hamil itu bisa ngaruh ke tumbuh kembang janin. thank you infonya mbak, berguna banget walau aku belum nikah n belum hamil :)

    BalasHapus
  9. Iyes mba dewi, selama hamil rada2 takut gunain produk kosmetik apalagi kalau yg baru dan sebelumnya ga pernah dipake. Takut kenapa2 ke si janin di perut. Apalagi sayanya awam banget sama komposisi kosmetik. Eh tapi setuju sih kalau di drugstore kayaknya lebih aman ya dibanding beli yg dijual bebas di warung. Soalnya rata2 drugstore kan ada apotekernya ya mba jadi bisa tanya2 deh

    BalasHapus
  10. woww beneran baru tahu, kalau bumil ga boleh sembarangan pakai kosmetik, aku pikir cm sekedar ga boleh minum obat sembarangan..

    ya ampun, jangankan bumil, aku aja kadang ga ngecek kandungan bahan kosmetik yg kupakai, aduh ternyata harus teliti dan hati hati jg ya..dampak jangka panjangnya ada toh

    BalasHapus
  11. Iya, nih, Dewi meski hamil kulit wajah tetep kelihatan mulus.
    Aku kalo hamil biasanya wajah jadi kusam dan berbntik. Makanya banyak yg menebak pasti bayi laki-laki.
    Gak tahu apa krn beneran baby boy bikin emaknya alergi make up dan tetangganya... tapi I do. Kalo hamil, gak suka pakai pelembab, make up dan kanca-kancanya.

    BalasHapus
  12. Aku belum hamil aja suka jerawatan, gimana pas hamil? :(
    Takut hormonnya gak seimbang nanti, pas jerwatan saat hamil teh dewi sempet konsumsi atau pake krim penghilang jerawat dr dokter??

    BalasHapus

Wanna say something?
The comment is yours