Senin, 24 April 2017

[Beauty 101] Hal Yang Perlu Kamu Ketahui Mengenai 10 Steps Korean Skincare


Saya sempat bertemu dengan beberapa teman saya yang malas sekali menggunakan skincare, saya juga kadang malas, tapi bermimpi untuk memiliki kulit seperti pada idol atau artis/aktor Korea. Ya, bagaimana mau punya kulit sebagus itu kalau pakai sunscreen aja males. Saat kita malas-malasan seperti ini, di Korea skincare maju 10 langkah di depan. Muncullah di Korea sana 10 Steps Korean Skincare yang sedang booming! Sekarang saya ingin menulis mengenai Hal Yang Perlu Kamu Ketahui Mengenai 10 Steps Korean Skincare. 

Sebenarnya step skincare basic itu hanya sekitar 4 step saja (cleansing, moisturizing, protecting, dan ada special treatment) yang bisa diringkas dengan hanya membersihkan dengan sabun, mengoleskan pelembap, menggunakan SPF, dan maskeran/scrub. Namun di Korea, mereka melakukan 10 langkah yang terdiri dari:
  1. Makeup Remover & Oil Cleanser
  2. Water-Based Cleanser
  3. Exfoliation
  4. Toners 
  5. Essence
  6. Serums, Boosters & Ampoules
  7. Masks
  8. Eye Cream
  9. Moisturizer
  10. Sun Protection

Jika sudah melakukan 10 Steps Korean Skincare ini namun ada hal yang salah, atau misal belum ada perubahan setelah melakukannya selama dua bulan, mungkin ada sesuatu yang terlewatkan. Apa saja hal itu? Saya share ya menurut pengalaman selama melakukannya.


Kamu harus memastikan kalau rangkaian skincare kamu sudah cocok dengan jenis kulit yang dimiliki. Kalau misal salah, hal ini akan berakibat buruk. Misal, kulit oily menggunakan skincare acne prone karena beberapa kali muncul jerawat. Bukannya jadi bagus, hal ini akan membuat jerawat tambah banyak dan kulit jadi kering, lho. Jika kamu bingung, kamu bisa berkunjung ke dermatolog. Sekadar menanyakan jenis kulit harus ke dokter? Iya, kalau kamu bingung. Kalau misal punya teman yang paham, bisa numpang tanya sama temen aja, ya.

Rajin-rajin baca sana-sini karena 10 Steps Korean Skincare ini rumit dan tricky. Jadi, walaupun 10 steps enggak semua mesti kamu pakai setiap hari dan ini tergantung dari jenis kulit kamu seperti apa. 

10 Steps Korean Skincare is really takes your time, kita harus sabar dalam menjalaninya ini ujian. Jadi kalau enggak sabaran mending enggak usah melakukannya. Karena kalau enggak sabaran, insha Allah 7 hari juga udah berhenti melakukan hal ini. Bahkan saya pun kadang capek. Cuma ada mantra khusus kalau capek, "You must aged gracefully." Menualah dengan cantik. Kalau bisa kaya artis Korea, umur 40 muka 20. Diskonnya banyak tuh 50%. Tapi jujur kadang males, apalagi kalau Alma lagi super aktif dan bikin capek, bawaannya pengen langsung tidur.

Dibutuhkannya kesabaran dalam melakukan 10 Steps Korean Skincare ini benar adanya. Karena setiap aplikasi krim atau apalah yang ada di atas itu, minimal (ini mah minimal ya), kamu harus memberikan jeda selama 2-3 menit agar produk perawatan yang kamu lakukan bisa diserap secara maksimal oleh kulit. Karena kalau ditemplok langsung enggak akan ngefek dan seperti buang-buang uang. Bayangkan kalau kulit kamu adalah tanaman di dalam pot, kalau kamu siram air langsung, airnya akan langsung terbuang dan enggak diserap. Sementara kalau kamu berikan waktu jeda, air akan diserap secara maksimal oleh tanaman.

Problem kulit setiap orang berbeda, karena itu bahan yang kamu butuhkan berbeda juga. Kadang malah ada beberapa orang yang sensitif sama bahan tertentu. So, kamu harus bener-bener memperhatikan kandungan apa aja yang kamu butuhkan dan apa khasiatnya, plus perhatikan apakah ada bahan yang bikin kulit kamu sensitif atau enggak. Jangan langsung dibeli karena temen kamu pake, atau direview sama blogger.

Ada suatu masalah kulit yang namanya purging dan ini biasanya terjadi karena kamu menggunakan rangkaian skincare baru secara massive. Jangan langsung gunakan semua skincare secara bersamaan jika kamu akan menambahkan produk baru untuk 10 Steps Korean Skincare! Gunakan satu per satu dan beri jarak beberapa hari biar kulit kamu enggak kaget dan sensitif.

Kerajinan kita mengunakan skincare dan kesabaran dalam melakukan 10 Steps Korean Skincare ini harus dibarengi dengan gaya hidup sehat dan menjaga pola makan, karena kalau enggak makan perkembangannya akan delayed. Contohnya saya sendiri. Saya mengalami kesulitan tidur jadi untuk bagian sekitar mata, mau gimanapun akan susah. Hiks.

Walaupun namanya 10 Steps Korean Skincare, kamu enggak harus menggunakan produk Korea untuk melakukan hal ini. Kamu bisa menggunakan produk dari dalam negeri, Jepang, Eropa, atau US, asal cocok dengan kulit kamu. Saya memilih Korea dan Jepang karena bahannya cenderung lebih mild dan alami.


Last but not least, ini penting banget untuk keadaan keuangan kita. 10 Steps Korean Skincare dilakukan dengan rangkaian produk yang banyak dan enggak semua produk akan cocok sama kulit kita. That's why, saya menyarankan untuk membeli sample atau travel size terlebih dahulu. Nanti kalau sudah cocok dan OK baru beli fullsizenya.

Nah, itulah hal yang perlu kamu ketahui mengenai 10 Steps Korean Skincare. Apakah kamu mempunyai pengalaman dan hal yang ingin ditambahkan mengenai 10 Steps Korean Skincare? Kalau ada, langsung tulis aja di komentar di bawah, ya!

Love,
M~

27 komentar:

  1. Ini aku lagi mau menerapkan banget teh, sesuai dengan obrolan kita di wasap yekan.

    Dan aku mau mulai dengan menggunakan sunblock sama skin carenya dulu sih, semoga kita berhasil dalam #MenujuWajahKinclong2017 ya.

    BalasHapus
  2. Karena aku gak pake perlengkapan make up gini, jadi tips dari teteh aku noted dulu aja, yah.. :3

    Bener banget tuh, Teh. Meskipun pake segala macam make up untuk mempercantik diri, kita harus ttp jaga pola hidup sehat, ya. INi yang nomor satu banget keknyaa

    BalasHapus
  3. Lum pernah pakai jadi gak tau mau komen apahhhhh


    Tapi kalo liat dimedia cantik nya orang korea pada pake plastik yah

    BalasHapus
  4. sha nerapin ini. meskipun ga rajin kadang males make kalo udah ngantuk :P

    emang kerasa banget perbedaannya. dulu kulit kering banget, sekarang mah jadi lembab :)

    BalasHapus
  5. kalau korea skin langkahnya lengkap banget ya. Bisa dicoba nich

    BalasHapus
  6. aku juga menerapkan 10 steps korean skincare teh.. eh tapi enggak lengkap 10 sih karena aku nggak make essence dan eye cream. masih belum nemu essence yang cocok dan makes make eye cream nya hiks

    BalasHapus
  7. Aku setuju sama bagian ini teh..
    "Problem kulit setiap orang berbeda, karena itu bahan yang kamu butuhkan berbeda juga..."

    Sebagai pemilik kulit berminyak tentu saja, perawatannya berbeda dgn pemilik kulit yg lainnya. Yg jadi pertanyaan adalah, apakah ada produk untuk perawatan kulit bagi kaum pria?

    BalasHapus
  8. Saya belum pernah sih mba perawatan kecantikan.. saya takut ntar tambah cantik dan para wanita iri sama saya haha

    Kalau ibu saya sih jarang jg pake skincare gitu, paling cuma pake zaitun doank

    BalasHapus
  9. Mesti komplit ya kalau mau cantik ala korea. ^^ follow the step girls!

    BalasHapus
  10. Wah sampai 10 tahap, emang butuh kesabaran nih huehe!

    BalasHapus
  11. sebenarnya kosmetik Korea cocok ngga sih ama kuliat Asia lainnya? khususnya kulit orang Indonesia yang warnanya agak jauh berbeda?

    BalasHapus
  12. So, kita harus rajin pakai skincare utk mendapatkan kulit putih seperti org korean nih!

    BalasHapus
  13. wih..wih..wih... 10 step ya mbak, daku yang 4 step yang mbak sebutkan itu aja mualeees banget ngelakuinnya. tapi untuk cantik dan tetep kece di hari tua emang butuh perjuangan sejak sekarang ya mbak :)

    BalasHapus
  14. Aku aliran yg percaya, skin care lebih bisa menjaga wajah kita supaya awet muda. Enggak suka make up-an nggak papa, tapi jaga kulit dengan skin care. Tapi kalo semua deretan skin care diturutin, emg bikin boros kantong juga sih ya.. Jadi kalo aku, Korean Skincare yg kupake paling cuma serum, moisturizer, sun cream, sama make up remover.

    BalasHapus
  15. kalo pake skincare ini mahh, makin syantikk aja keliatannya :D hehe. salam kenal mba

    BalasHapus
  16. Wow 10 langkah, iya sih kalau mau kulitnya tetep cantik dan keiatan awet muda kudu rajin perawatan. Tapi kdng problem emak2 baru mau mandi aja bayo owek2 ya mbak? hehehehe

    Btw punya rekomendasi sun potection yg ok buat kegiatan luar ruangan tdk? TFS

    BalasHapus
  17. Beli sample size nya dimana yaa, kak...?
    Pingin nyobain SK II deeh...

    Baca-baca reviewnya pada oke banget.
    Kan jadi ngileerr yaa...

    BalasHapus
  18. harganya berapaan ya itu mba? apakah cocok dengan kulit cowo? lumayan kan kalo cocok bisa buat kulit putih kaya artis artis korea

    BalasHapus
  19. saya ga familiar sama produk-produknya, kecuali yang SK-II itu yang pernah saya lihat ada di lemari istri.

    Kayanya saya harus nunjukin artikel ini ke istri deh.

    BalasHapus
  20. sudah coba juga, rutin minum pun konsumsi sayur, tapi kulitnya masih ngggak sebagus orang orang. memang rumput tetangga lebih bagus, sih. Omong-omong, saya pikir akan dibahas produknya apa saja yang biasa dipakai, hehe.

    BalasHapus
  21. Penyakit aku banget itu, baru 7 hari perawatan udah capek. Libur 2 minggu. Rajin lagi make seminggu.
    Harus dihentikan rasa malas ini. Baiklah, akan aku terapkan tips dari Teh Dewi. Mau #menjadkKinclongdi2018

    BalasHapus
  22. Kalau buat cowok skincare korea bisa nggak ya mabk mahadewi ? hehhee nggak mau kalah juga saya nih

    BalasHapus
  23. Aku ngelakuin ini.. Walopun khusus utk mask, itu aku pakenya seminggu 2x aja.. Kebetulan cocok ama produk tony moly dan laneige.. Sama kok mba, kdg prnh ngerasa males.. Tapi aku mikirnya, ga pgn kliatan tua ato keriput apalagi kantong mata.. Jd secapek apapun, aku harus ngerawat kulit wajah dulu, baru tidur.. :)

    BalasHapus
  24. Hihihi ngak smpek 10step ajah udah pegel, mantra nya Cantik Alami menuju Halal ini manjurr 😂😂

    BalasHapus
  25. wah apa aku sabar ya dg tahapan yg begitu banyak

    BalasHapus
  26. iya aku aja ga sampai 10 langkah sudah lelah, apalagi kalau pakai mask sheet bisa 2 jam baru selesai perawatan wajah. Tapi salut sama orang jepang-korea yang rea bangun pagi2 banget buat merawat wajah terus harus kerja, pas pulang juga ngantuk2 masih dibetahin.

    reflectionofflowrin.blogspot.co.id

    BalasHapus
  27. Saya juga mulai rutin perawatan nih. Cek harga produk korea di priceza.co.id belum masuk kategori kantong, jadi pilih produk lokal deh. Moga2 cocok dan bersinar :)

    BalasHapus

Wanna say something?
The comment is yours