Selasa, 26 Maret 2019

Mengatasi Jerawat dengan ERHA Acne Care Lab

Saat remaja, beberapa dari kita dihadapkan pada masalah kulit yang diakibatkan dari ketidak seimbangan hormon, salah satunya adalah jerawat. Orangtua zaman dulu bilang, nanti kalau sudah besar, sudah dewasa enggak akan jerawatan lagi, katanya.
Faktanya enggak, Girls. Buat beberapa orang, jerawat tidak mengenal umur. Mau umur berapapun bakalan selalu ada lho jerawat, apalagi perempuan. Studi tahun 2007 dari American Academy of Dermatology mengatakan bahwa jerawat punya kecenderungan untuk timbul bahkan setelah usia menginjak 20 tahun ke atas, kebanyakan dari mereka adalah perempuan. Pas baca aku deg-degan, hahah. Further,  dijelasin sama mereka kalau penyebab perempuan punya lebih banyak jerawat, as an adult, adalah karena faktor hormonal. Meskipun begitu, ada satu hal yang bikin aku tenang, ternyata adult acne jauh lebih mild dibanding jerawat pas remaja, jadi kamu enggak usah khawatir, kalem weh kalem.

Menyadari bahwa jerawat bakal selalu datang bahkan di saat udah semakin 'dewasa' menolak dibilang tambah tua, aku merasa harus selalu punya ban serep skincare buat ngatasin kulit aku pas jerawatan soalnya skincare aku kebanyakan fokus di anti-aging, HAHAHA TUA ANDAH, dan hydrating. Kenapa kok rasanya aku repot banget harus siapin skincare khusus buat jerawat? Actually, enggak repot kalau menurut aku ya. Bakal jauh lebih repot lagi kalau jerawatan enggak dirawat dengan baik. Bisa-bisa malah jadi ada bekasnya dan lebih susah lagi buat ngilanginnya. Paling banter aku pake niacindamide atau vitamin C buat bekasnya, emang pudar, tapi gak cukup sebulan dua bulan bersihinnya *krraiiii*, kalau mau cepet harus perawatan lah ini lah, itu lah. Jadi daripada galau di kemudian hari, aku memilih untuk pakai skincare khusus buat ngatasin jerawat.



Waktu aku mutusin buat beli skincare jerawat, pas banget waktu aku jalan-jalan ke Grand Indonesia dan ada counter ERHA Skin, Hair & Laser Expert. Jadi ya aku tanya-tanya ke sana. Aku tanya apakah harus konsul dulu sama dokter atau gimana gitu, ya. Soalnya, dulu kalau ke ERHA harus konsul dulu gitu dan aku males banget kalau beli skincare doang harus konsul. Nantinya tiap bulan harus konsul gitu kan buang-buang waktu sodara-sodara, semenjak ada baby aku males banget ngelakuin sesuatu yang harus konsul-konsul gitu *lah panjang curhatnya*.



TERNYATA sekarang ERHA, khususnya ERHA Apothecary, punya produk yang bisa dibeli tanpa harus pakai resep dokter dan enggak usah konsultasi segala. HOORAY! Karena tahu gitu, aku langsung aja tanya ke mbaknya produk apa aja yang bisa buat jerawat. Nah, dia saranin rangkaian ERHA Acne Care Lab. Sebagai ibu-ibu perhitungan, aku enggak beli satu rangkaian dulu, takut gak cocok. Aku awal-awal beli ERHA Acne Care Lab Acne Spot Gel, buat tau ampuh enggak nih buat kulit aku. Ternyata pas aku pake di jerawat active, itu dua hari langsung kempes, beneran lho. Abis itu aku tambah nyobain semua rangkaiannya deh, huahahha. Aku jelasin produknya satu-satu ya di bawah.



Acne Care Lab ACSBP (Acne Cleanser Scrub Beta Plus)
Acne Care Lab ACSBP adalah pembersih khusus untuk kulit berjerawat atau cenderung berjerawat atau dalam case aku ini pembersih yang aku gunakan saat sedang berjerawat. Pembersih ini punya  butiran scrub lembut yang mengandung salicylic acid atau BHA, chemical exfoliator yang membantu mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang menyebabkan penyumbatan pori wajah. Jerawat biasanya diawali dengan pori-pori yang tersumbat jadinya kalau pake ini bisa mencegah jerawat atau ngademin jerawat. Pembersih ini punya kandungan sulphur atau biasa dikenal belerang yang berfungsi mengeringkan jerawat dan mencegah penyumbatan pori-pori. Selain itu, sulphur punya efek anti mikroba. Cara pakainnya biasa kaya sabun pada umumnya. Cuma untuk pemakaian sabun, apakah kamu sudah benar dalam menggunakannya? Kebanyakan orang menggunakan sabun dengan mengoleskan sabun yang belum dibusakan langsung ke kulit. Seharusnya, kamu busakan dulu di tangan baru digunakan pada kulit, ya. Karena yang membersihkan wajah adalah busanya, bukan sabun yang belum dibusakan, coba aja sendiri kalau enggak percaya. Selain itu, menggunakan sabun langsung kadang bikin kulit jadi iritasi. Jika menggunakan cara ini, enggak usah khawatir walaupun kulit kamu sensitif pasti cocok sama sabun ini.




Ingredients
Tekstur


Acne Care Lab Acne Clarifiying Gel
Acne Care Lab Acne Clarifiying Gel ini jujur aku ga tau kenapa namanya gel, karena lebih mirip emulsion atau milk ya huahaha. Tapi ini tuh toner, dengan bahan aktif AHA, BHA dan Niacinamide. Suka banget sama efek bikin matte di wajah karena dia berguna sebagai pengatur ekskresi oil gitu plus it is very hydrating. Niacinamide juga isa memberikan efek mencerahkan, menurut aku ini sih yang bikin dia punya nama Clarifiying, hahah sotoy. Dipakenya setelah cuci muka ya soalnya ini toner. Bisa kamu tuang ke tangan buat ditepuk-tepuk gitu, atau kalau misal lagi pengen ekstra efek exfoliating pake kapas aja. 


Ingredients


Tekstur dan warnanya yang lebih mirip milk, tapi jauh lebih encer

Acne Care Lab Gentle Acne Moisturizer
Setelah cuci muka dan pake toner jangan lupa pelembap ya, Girls. Nah, untuk kulit yang sedang berjerawat ini, ERHA punya Acne Care Lab Gentle Acne Moisturizer. Pelembap ini emang buat kulit berjerawat tapi aman buat kulit kering, sensitif dan gatal. Enggak cuma untuk mengatasi dan mencegah acne, pelembap ini juga memperkuat fungsi skin barrier.



Skin barrier emang lagi hits dan hot topic di dunia skincare saat ini, ada yang tau apa itu skin barrier? Skin barrier merupakan lapisan terluar kulit yang terdiri dari sel-sel kulit (corneocytes) yang saling terikat dengan adanya lapisan lipid. Lapisan barrier ini bersifat impermeable sehingga mencegah hilangnya air/ kelembapan dari dalam kulit dan mecegah masuknya mikroorganisme atau iritan yang merusak kulit. Rusaknya barrier kulit menyebabkan kulit menjadi kering, bersisik, gatal, teriritasi atau sensitif. Pada kulit dengan gangguan jerawat, terjadi gangguan pada barrier kulit. Selain itu, perawatan kulit berjerawat umumnya menyebabkan perubahan barrier kulit sehingga kulit menjadi kering dan teriritasi. Sehingga diperlukan terapi tambahan dengan moisturizer yang dapat memperbaiki dan memperkuat barrier kulit, seperti ERHA Acne Care Lab Series dan Gentle Acne Moisturizer.



Pelembap ini punya beberapa kandungan aktif, yaitu: 
1. Granactive Acne dan Salicylic Acid yang bekerja sinergis untuk mengatasi dan mencegah timbulnya jerawat baru. 
2. Ceramide Complex, Gluconolactone dan Betain untuk mengembalikan kelembapan dan fungsi proteksi dari barrier kulit.
3. Zinc Gluconate dan Niacinamide untuk mengontrol minyak berlebih dan menjadikan wajah bebas kilap.
4. Allantoin, Alpha-Bisabolol dan Niacinamide sebagai antiinflamasi dan membantu proses wound healing.



Kebetulan pelembap ini punya niacinamide dan ceramide yang cocok banget sama kulit aku. Dan pelembap ini enak banget, gampang banget nyerap lho.

Acne Care Lab Acne Spot Gel
Ini dia favorit aku di rangkaian skincare ini. Ini mah laff banget hauhaua. Acne Spot Gel pada intinya adalah intensive treatment. Acne Spot Gel ini adalah rangkaian produk Acne Care Lab yang diformulasikan dengan kombinasi Sulfur dan salicylic acid yang efektif untuk merawat kulit yang berjerawat. Klaimnya sih efektif setelah digunakan dalam tiga hari untuk membantu mengurangi jerawat dan noda hitam bekas jerawat. Di aku sih dua hari juga udah keliatan banget, gimana enggak laff coba. Cara pakainya cuma tinggal totol aja ke jerawat aktif. Ini dipake di step terakhir kalau di malam hari, kalo siang-siang aku pake sebelum sunscreen.







Acne Care Lab Acne Sun Friendly

Tahukah kamu kalau sinar matahari adalah penyebab penuaan paling utama? That's why, always use sunscreen on daily basis and remember to reapply at least once a day! Aku seneng banget ERHA21 punya sunscreen khusus untuk kulit acne prone. Suncreen ini aman digunakan untuk kulit berjerawat karena formulanya yang non comedogenic dan non acnegenic (tidak berpotensi menimbulkan komedo dan jerawat). Dengan kandungan Sunscreen (UV Protector)-SPF 30, ACL Sun Friendly ini mampu memberikan perlindungan pada wajah terhadap dampak buruk paparan sinar matahari, dan Sebum regulator untuk mengontrol & menyerap minyak berlebih pada kulit wajah serta Antibakteri yang mampu mencegah timbulnya jerawat. Hasil sunscreen ini matte banget. Kalau mau pakai sesuai anjuran penggunaan sunscreen sebaiknya digunakan sedikit sedikit.



Teksturnya agak sedikit kental
Tapi walaupun kental, white castnya enggak parah kok, nice.


Kalau udah pake skincare tapi jerawatnya belum sembuh, atau jerawatnya emang lumayan parah, saran aku mesti cobain Blue Light Therapy di ERHA Clinic.

Ini ERHA Clinic Kemang, nyaman banget lho kalau ke sini.


Penasaran apa itu Blue Light Therapy? Blue Light Therapy adalah advanced treatment menggunakan paparan sinar biru, dengan panjang gelombang 415 nm, yang membantu mengatasi acne. Sinar biru akan berinteraksi dengan bakteri P. acnes (bakteri penyebab acne) dan menyebabkan bakteri tersebut mati, sehingga acne mereda. Does it work? IT DOES. Menurut American Academy of Dermatology, blue light therapy cukup mumpuni untuk menangani jerawat, karena dalam research mereka banyak orang yang mendapatkan improvement cukup signifikan setelah mendapatkan perawatan kulit ini. Blue Light Therapy bisa digunakan untuk menangani jerawat bandel dan juga mengontrol jerawat yang akan datang. Sangat disarankan untuk menggunakan ERHA21 Acne Care Lab bersamaan dengan Blue Light Therapy di ERHA Clinic untuk merawat dan membersihkan wajah dari jerawat.


Blue Light Therapy lebih aman untuk mengatasi jerawat karena safe and gentle, tidak terasa sakit, tidak menggunakan obat-obatan, bisa digunakan untuk seluruh area tubuh. Enggak seperti terapi photodynamic, Blue Light Therapy enggak dilarang untuk beraktivitas di luar ruangan yang membuat kamu harus panas-panasan. Tapi tentunya, jangan sampe lupa sama sunscreen, ya!

Image own by UVDERM


Selain pakai perawatan kulit tertentu, kamu juga harus memperhatikan beberapa hal dalam merawat kulit saat berjerawat. American Academy of Dermatology merekomendasikan beberapa tips di bawah ini untuk merawat jerawat *btw, aku juga melakukan tips ini dan berhasil*:

1. Untuk mencegah jerawat, jangan memencet jerawat, mengeluarkan cairan di dalamnya atau memegang-megangnya. Rawatlah jerawat sejak awal, menggunakan ERHA21 Acne Care Lab atau skincare lainnya. Kalau misal enggak sembuh juga menggunakan skincare ini, bisa konsultasi langsung ke dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut seperti Blue Light Therapy.
2. Cuci wajah dengan lembut dua kali sehari dengan sabun yang lembut. Jangan mencuci wajah dengan kencang-kencang dan jangan digosok-gosok karena bisa mengiritasi kulit. 
3. Gunakan skincare dan kosmetik “noncomedogenic” (does not clog pores)
4. Gunakan oil-free cosmetics and sunscreens.
5. HIndari alcohol-based astringents, yang bisa merusak skin barrier.
6. Bersihkan rambut dengan sampo secara teratur, jika kulit kepala berminyak lakukan setiap hari.
7. Gunakan perawatan sesuai dengan panduan dan gunakan secara telaten. Plus sabarin aja, tunggu perawatannya bekerja.

Nah, untuk perawatan jerawat aku masih dan cuma pake ini karena kebetulan punyanya ini doang. Haha. Untuk harga, kamu enggak usah khawatir, 5 item ini bisa kamu dapetin dengan harga Rp400rb-an, dan erhastore lagi banyak promo, lho. Kalau mau kepo sama ERHA bisa ceki-ceki ke website mereka di https://www.erha.co.id/ atau IG: @erha.dermatology. Adakah di antara kalian yang punya pengalaman mengatasi jerawat dengan ERHA Acne Care Lab atau punya tips tambahan? Kalau ada share di kolom komentar dong.

Thanks for reading,

M~

9 komentar:

  1. Saya baru nyoba facialwash nya aja, enak ada scrubnya ya dan ke kulit jadi terasa lembut banget, pengen nyobain yang lainnya ah apalagi skr mah enak tinggal beli ke 23 paskal karena disana ada aphotecary nya. Nuhun infonya teh

    BalasHapus
  2. Jerawat sering kali gemes banget pengin pletusin tapi itu tidak baik untuk muka. Bukannya membaik malah tambah banyak dan kadang kesel sih timbul jerawat begitu.
    .
    Tapi kayanya sekarang ini udh ada obat yang ampuh untuk membersihkan muka dari jerawat membandel ya mba dari erha acne gitu

    BalasHapus
  3. Jerawat memang ngeselin, sampai saat ini masih bingung perawatannya cem gimana, tp belum coba Erha ini. Keknya bokeh tuh. Mudah"an beneran bagus buat perawatan muka ku yang tampan paripurna hihihi

    BalasHapus
  4. pengen nyobain produk acne nya si erha ini, nunggu obat yg lama habis dulu aja
    pengen juga nyobain produk rambutnya, temen aku cocok utk varian hair fallnya, jadi penasaran sama produk2nya erha

    BalasHapus
  5. Gue penasaran deh sama produknya. Lagi jerawatan nih. Eh 2 biji doag sih tp gemessss

    BalasHapus
  6. Hmm.. pas banget sekarang lagi jerawat di jidat, kayaknya perlu (rajin) perawatan nih. Yang acne spot gel sama clarifiying oke kayaknya.
    btw pernah lihat Erha pas jaoan di GI, tempatnya mewah & bagus yah. .

    BalasHapus
  7. Ampun dah, dulu pengen banget nyobain erha karena udah kebukti bagus (dan mahal..wkwkwkwk)
    Agak parnoan juga sih sama kesan 'krim dokter' yang banyak bikin ketergantungan..
    Eh sekarang ada yang tanpa resep dokter dan harganya masuk akal (dan masuk standar dompet)wkwkwkwk..
    Bakal maen2 deh ke konternya

    BalasHapus
  8. Aku mah jerawatan enggak, tapi komedo membandel iya. Sebel :'(
    Btw, komedo teh termasuk jerawat bukan sih, Teh?

    Cuma asaan teh pengin cobain ini yang cleansernya deh. Soalnya dia ada scrubnya gitu pan ya. Oh sama sunscreennya sih hahaha

    BalasHapus
  9. baru tahu produk ini, mksh infonya

    BalasHapus

Wanna say something?
The comment is yours