Rabu, 01 November 2017

Panduan Aman Keberangkatan dalam Menggunakan Pesawat Terbang

Panduan aman keberangkatan dalam menggunakan pesawat terbang—Untuk seseorang yang kali pertama akan naik pesawat terbang, pasti ada perasaan grogi menghadapi kendala apa yang akan terjadi. Itulah sebabnya mengapa penting sekali untuk mengetahui panduan yang aman mengenai keberangkatan menjadi penumpang pesawat terbang.
Ada yang dinamakan securtity check point, ialah tempat pemeriksaan keamanan bagi penumpang, personel pesawat udara serta barang bawaan yang akan masuk ke daerah keamanan yang terbatas baik bagasi atau kabin.

Dalam pemeriksaan securtity check point, barang yang Anda bawa akan melalui peralatan yang dinamakan X-ray, sementara orangnya akan melewati yang namanya walk Through Metal Detector.


Berikut beberapa panduan untuk melewati area security check point: 
  1. Siapkan dokumen penting Anda yang berhubungan dengan penerbangan, seperti: kartu identitas, tiket yang sesuai dengan tanggal dan jam keberangkatan, paspor dan lain-lain. 
  2. Segala barang bawaan akan wajib diperiksa melalui X-ray jadi Anda tidak bisa menyembunyikan apa pun. 
  3. Benda yang berlogam, seperti kunci, aksesoris, ponsel harus dilepas dan diperiksa melalui X-ray. Untuk memperlancar penerbangan, Anda harus menaruh bawaan agar lulus dari X-ray. 
  4. Setiap penumpang, harus melalui walk through metal detector, di mana walk through metal detector ini sebuah pintu keamanan yang bisa menjangkau 33 target lokasi, di seluruh tubuh manusia. 
  5. Kadang pemeriksaan manual juga dilakukan di ruangan lain, apabila diperlukan. 
  6. Anda wajib melaporkan kepada petugas security yang bertugas, jika Anda membawa senjata api atau menggunakan alat pacu jantung. Tunjukkan kepada petugas jika Anda memiliki izin dan tanda pengenal. 
  7. Anda tidak diperbolehkan membawa barang berbahaya seperti, korek api, korek gas, cutter, pisau dan lain-lainnya. 

Setelah segala sesuatunya selesai dalam proses check-in, Anda bisa langsung menunggu di ruang tunggu keberangkatan yang telah disediakan. Anda akan dihadapkan lagi dengan derah security check point yang kedua, setelah yang pertama tadi Anda sudah tahu beberapa panduannya. Nah, yang kedua ini security check point untuk penumpang. Pada tahapan ini, barang bawaan Anda akan dicek sekali lagi. Apakah semua barang Anda bisa dibawa naik ke kabin pesawat terbang. Barang bawaan tersebut akan dicek kembali dengan X-ray, dan kembali lagi Anda akan melalui walk through metal detector.

Berikut beberapa panduan untuk melewati area security check point kedua:

  1. Siapkan tiket boarding pass Anda, dan kupon PJP2U. Kupon PJP2U ialah Aiport Tas atau singkatan dari Pelayanan Jasa Penumpang Pesawat Udara. Pada tiap bandara PJP2U-nya berbeda. Biasanya tarif PJP2U dikenakan Rp30.000 ,- untuk penerbangan dalam negeri, sementara untuk luar negeri akan kena pembayaran Rp150.000,-. Tarif pembayaran PJP2U tidak termasuk ke dalam harga pembelian tiket. 
  2. Penumpang pesawat terbang yang dibebaskan untuk tidak membayar PJP2U, adalah penumpang yang melakukan perjalanan transit, bayi, tamu negara dan air crew 


Jika pemeriksaan security check point dua kali ini sudah Anda lewati, Anda sudah bebas menunggu di ruang tunggu keberangkatan. Karena jalur setiap maskapai penerbangan berbeda, Anda harus memperhatikan dengan betul nomor gate-nya. Jangan sampai salah ruang tunggu, Anda bisa jadi ketinggalan keberangkatan pesawat yang seharusnya Anda naiki. Apabila waktu naik pesawat tiba, Anda sudah bisa melakukan antrean untuk menunjukan kartu boarding pass menuju pesawat.

Sekian, panduan aman keberangkatan dalam menggunakan pesawat terbang. Jika ada yang mau berbagi, silakan tulis di bawah, ya! Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Wanna say something?
The comment is yours