Rabu, 01 November 2017

Panduan Aman Keberangkatan dalam Menggunakan Pesawat Terbang

Panduan aman keberangkatan dalam menggunakan pesawat terbang—Untuk seseorang yang kali pertama akan naik pesawat terbang, pasti ada perasaan grogi menghadapi kendala apa yang akan terjadi. Itulah sebabnya mengapa penting sekali untuk mengetahui panduan yang aman mengenai keberangkatan menjadi penumpang pesawat terbang.
Ada yang dinamakan securtity check point, ialah tempat pemeriksaan keamanan bagi penumpang, personel pesawat udara serta barang bawaan yang akan masuk ke daerah keamanan yang terbatas baik bagasi atau kabin.

Dalam pemeriksaan securtity check point, barang yang Anda bawa akan melalui peralatan yang dinamakan X-ray, sementara orangnya akan melewati yang namanya walk Through Metal Detector.


Berikut beberapa panduan untuk melewati area security check point: 
  1. Siapkan dokumen penting Anda yang berhubungan dengan penerbangan, seperti: kartu identitas, tiket yang sesuai dengan tanggal dan jam keberangkatan, paspor dan lain-lain. 
  2. Segala barang bawaan akan wajib diperiksa melalui X-ray jadi Anda tidak bisa menyembunyikan apa pun. 
  3. Benda yang berlogam, seperti kunci, aksesoris, ponsel harus dilepas dan diperiksa melalui X-ray. Untuk memperlancar penerbangan, Anda harus menaruh bawaan agar lulus dari X-ray. 
  4. Setiap penumpang, harus melalui walk through metal detector, di mana walk through metal detector ini sebuah pintu keamanan yang bisa menjangkau 33 target lokasi, di seluruh tubuh manusia. 
  5. Kadang pemeriksaan manual juga dilakukan di ruangan lain, apabila diperlukan. 
  6. Anda wajib melaporkan kepada petugas security yang bertugas, jika Anda membawa senjata api atau menggunakan alat pacu jantung. Tunjukkan kepada petugas jika Anda memiliki izin dan tanda pengenal. 
  7. Anda tidak diperbolehkan membawa barang berbahaya seperti, korek api, korek gas, cutter, pisau dan lain-lainnya. 

Setelah segala sesuatunya selesai dalam proses check-in, Anda bisa langsung menunggu di ruang tunggu keberangkatan yang telah disediakan. Anda akan dihadapkan lagi dengan derah security check point yang kedua, setelah yang pertama tadi Anda sudah tahu beberapa panduannya. Nah, yang kedua ini security check point untuk penumpang. Pada tahapan ini, barang bawaan Anda akan dicek sekali lagi. Apakah semua barang Anda bisa dibawa naik ke kabin pesawat terbang. Barang bawaan tersebut akan dicek kembali dengan X-ray, dan kembali lagi Anda akan melalui walk through metal detector.

Berikut beberapa panduan untuk melewati area security check point kedua:

  1. Siapkan tiket boarding pass Anda, dan kupon PJP2U. Kupon PJP2U ialah Aiport Tas atau singkatan dari Pelayanan Jasa Penumpang Pesawat Udara. Pada tiap bandara PJP2U-nya berbeda. Biasanya tarif PJP2U dikenakan Rp30.000 ,- untuk penerbangan dalam negeri, sementara untuk luar negeri akan kena pembayaran Rp150.000,-. Tarif pembayaran PJP2U tidak termasuk ke dalam harga pembelian tiket. 
  2. Penumpang pesawat terbang yang dibebaskan untuk tidak membayar PJP2U, adalah penumpang yang melakukan perjalanan transit, bayi, tamu negara dan air crew 


Jika pemeriksaan security check point dua kali ini sudah Anda lewati, Anda sudah bebas menunggu di ruang tunggu keberangkatan. Karena jalur setiap maskapai penerbangan berbeda, Anda harus memperhatikan dengan betul nomor gate-nya. Jangan sampai salah ruang tunggu, Anda bisa jadi ketinggalan keberangkatan pesawat yang seharusnya Anda naiki. Apabila waktu naik pesawat tiba, Anda sudah bisa melakukan antrean untuk menunjukan kartu boarding pass menuju pesawat.

Sekian, panduan aman keberangkatan dalam menggunakan pesawat terbang. Jika ada yang mau berbagi, silakan tulis di bawah, ya! Terima kasih.

21 komentar:

  1. Airport Tas maksudnya Airport Tax mungkin, typo. Oya cmiiw stauku ini sudah termasuk ke dalam harga tiket sudah lama. Jadi infonya "Tarif pembayaran PJP2U tidak termasuk ke dalam harga pembelian tiket. " mungkin perlu direvisi.

    BalasHapus
  2. Waaah, makasih banyak tipsnya,membantu sekali untuk yang berencana naik pesawat terbang, walaupun pernah naik pesawat kadang sering melupakan hal-hal detail

    BalasHapus
  3. Wah. Tipsnya bermanfaat banget nih. Kali aja ntar saya bisa naik pesawat terbang.

    BalasHapus
  4. Ngelewatin metal detector terkadang emang ribet, ya. Copot ini copot itu, kadang kelupaan masih kantongin hape atau koin di kantong celana, balik lagi naruh hape di nampan hahaha.
    Tp proses ini emang penting sih, untuk mencegah hal2 yg ga diinginkan :)

    BalasHapus
  5. mau naik pesawat itu rasanya dag dig dug. Tapi kalau petugasnya ramah , mending soalnya bisa ngurangi nervous. Kalau petugasnya pelit senyum malah tambah nervous lagi hihihi...

    BalasHapus
  6. siapkan barang barang penting dan jangan bawa barang barang secara berlebihan nantinya malah bikin repot saja dalam perjalanannya.

    Disarankan bawa secukupnya aja ya mba dalam keberangkatan pesawat terbang

    BalasHapus
  7. enak ya jadi tamu negara, diistimewakan, semoga dengan begini tamu-tamu negara kita merasa lebih akrab dna bersahabat dengan kita

    BalasHapus
  8. Kebetulan aku belum pernah naik pesawat terbang. Terima kasih sudah dikasih tau, ya, kak. Semoga aja bisa kesampean naik pesawat terbang secepatnya. Aamiin. :D

    SALAM UPIL GAUL! :D

    BalasHapus
  9. Baru tau kalau korek api ga boleh..bahkan cutter.., apakah takut digunakan macem2 dia pesawat ya... untuk melukai penumpang lain..

    BalasHapus
  10. penting banget mengetahui dan memperhatikan apa aja yg musti dilakukan sebelum naik pesawat.. apalagi kalau baru pertama kali yaa.. jangan sampai salah naik pesawat atau malah ketinggalan pesawat hihi

    BalasHapus
  11. pengalaman paling ga terlupakan adalah ketika pertama kali ke LN, bagasi kelebihan lah, ga boleh bawa makanan tertentu lah, jadi bener-bener harus lebih prepare

    BalasHapus
  12. Haha
    Aku belom pernah naik pesawat. Liat aja takut. Lebih suka naik motor, selain karena memang adanya motor juga karena belom begitu butuh pesawat untuk perjalanan jarak jauh.

    BalasHapus
  13. Pertama kali naik pesawat keluar negeri pas outing kantor kemarin. Deg deg deg an parah pas ngadapin Imigrasi. Alhamdulillah lolos dan lancar. Dan yang paling takut pas udah di udara sih hahahaha

    BalasHapus
  14. Aah iyaa..
    Kemarin aku ga sadar kalau bawa gunting di pouch kesayangan. Karena sebenarnya bawa gunting dalam rangka biar saat baca buku, bisa motong isolasi kertas sebagai pembatas.


    Akhirnya,
    Gunting kesayangan pun terpaksa diambil sama security pas di security check.

    Sediih...

    BalasHapus
  15. Bepergian menggunakan pesawat prosedurnya lumayan panjang ya, Teh. Maka dari itu, persiapannya harus 2 - 3 jam sebelum keberangkatan.
    Selain itu, kita juga harus paham betul, nomor gate-nya.

    BalasHapus
  16. Makasih bayak informasinya mbk. Sekarang kl mau naik pesawat saya selalu ngecek2 barang bawaan. Karena takutnya nanti malah kena sita kl barangnyg dibawa tdk diperbolehkan. Untung sih selama ini aman2 saja.

    BalasHapus
  17. nah penting banget ini, aku sich selama ini aman banget. Selalu ngikuti prosedur, tapi banyak yang belum tau sich perlu edukasi

    BalasHapus
  18. duh aku juga mau dong nulis tentang keselamatan ini wkwkwkw *lah

    aku kalo naik pesawat modalnya cuma satu, yaitu: pasrah 😂

    BalasHapus
  19. panduannya bermanfaat banget buat widya, Mbak. Makasih banyak ya. Memang kalau untuk naik pesawat terbang itu ada panduan yang harus dipatuhi terlebih dahulu. Ga se-praktis megat ojek di pangkalan hihihi

    BalasHapus
  20. Kadang sebel dgn org yg udah sering bepergian dgn pesawat msh katrok
    Diperiksa petugas marah marah
    Spt kejadian dgn teman sy yg udah sering naik pesawat Tp ttp marah ketika gunting kecil diambil petugas. Udah jelas dilarang dr dulu

    BalasHapus

Wanna say something?
The comment is yours