Rabu, 18 Oktober 2017

Ibu Hamil Naik Kereta Jakarta-Bandung

Bandung adalah kota yang penuh kenangan, kota di mana saya tumbuh dan belajar. Sementara Jakarta adalah kota di mana saya rencananya akan mencari kerja. Ya kerjanya dapat, namun ternyata Tuhan berkehendak lain, selain dapat kerja saya juga dapat jodoh. Huahaha. Tidak lama setelah dapat jodoh, Tuhan berkehendak lain lagi, saya diberikan rezeki lagi. Saya hamil. Sejak awal saya kerja di Jakarta hingga sekarang, saya selalu bulak-balik Bandung. Di awal kerja, saya bulak-balik Bandung setiap akhir bulan, ya tentunya agar tidak dibilang Neng Toyib yang jarang pulang. Sebelum hamil, bulak-balik ini adalah hal yang mudah dan sepele. Saya biasa naik bis di pool bisa Primajasa di sebelah Gedung BKN, walaupun macet dan saya bisa sampai tengah malam hal itu tidak apa. Namun setelah hamil, saya tidak sanggup dan akhirnya saya beralih moda menggunakan kereta api.

Kondisi wanita saat hamil memang berbeda dengan biasanya. Perubahan hormonal, mental dan fisik terjadi dan hal ini membuat badan saya menjadi lebih mudah lelah. Tak ayal, hal ini juga menjadikan saya harus mencari moda transportasi alternative selain bis untuk memotong waktu perjalanan. Bandung-Jakarta memang dekat, namun volume kendaraan yang bulak-balik jalur ini setiap akhir minggu begitu membludak. Tak ayal, kemacetan parah terjadi di mana-mana. Waktu tempuh Bandung-Jakarta yang normalnya hanya 3 jam bisa menjadi 7 jam, apalagi sekarang diperparah dengan berbagai proyek pembangunan di daerah Cikampek dan sekitarnya. Dengan segala macam drama itu, saya memutuskan untuk menggunakan kereta api.

Kereta api adalah satu-satunya moda transportasi yang walaupun kena macet, paling lama telat 30 menit. Masa sih kereta masih macet? Coba saja tonton film yang judulnya ‘Train to Manggarai’ ini film horror pengguna KRL Jabodetabek. HAHAHA. Nah, kalau dulu beli tiket kereta api tuh super ribet kan karena harus ke stasiunnya langsung. Belum lagi kereta ke Bandung itu sering habis, rebutan sama orang lain kan otomatis. Dalam keadaan hamil, pergi kerja saja itu adalah perjuangan. Kebayang kalau beli tiket dalam keadaan hamil harus cape ke stasiun dulu? Enggak deh, untuk sekarang aku beli tiket bisa belanja online di Tokopedia, tinggal klik-klik eh beres deh. Dan enaknya lagi kalau beli tiket di Tokopedia terutama kereta itu sering ada promo KAI tiket online Jadi kita beli tiket KAI ekonomi yang Rp 90rb kadang ada cashback Rp 20rb, jadi sisanya tinggal Rp 20rb. Murah banget kan? 



Bukan hanya tidak macet, naik kereta api sangatlah menyenangkan untuk ibu hamil. Dalam keadaan hamil, janin terkadang menekan perut ibu hingga kandung kemih terasa penuh yang membuat sering bulak-balik ke toilet. Ketersediaan toilet di kereta membuat saya sangat bahagia pada saat hamil karena tidak perlu repot memikirkan ‘Di mana sih rest area? Aku ingin ke toilet’. Selain itu, toilet di kereta itu bersih karena ada OTC atau on train cleaning. Petugas di sana juga sangat cekatan jika kita membutuhkan pertolongan di toilet. HAHA.

Problematika ibu hamil yang hanyalah dimengerti oleh ibu hamil dan Tuhan saja adalah rasa lapar. Dokter mengatakan bahwa ibu hamil hanya wajib makan 200 kalori lebih banyak dari konsumsi biasa. Nyatanya, saat hamil konsumsi makanannya naik menjadi 2x lipat. Kadang ada beberapa ibu hamil yang makannya hingga 4 porsi lebih banyak dari biasanya. Syukurlah saya tidak seperti itu, enggak craving makan terus. Cuma saat hamil saya ingin ngemil dan kadang tidak tahu mengapa jadi lapar. Wkwkw. Dan lagi-lagi kereta api menyelamatkan saya! Kereta membuat saya bisa makan kapan saja di mana saja karena adanya restorasi restoran Kereta Api. Makanan favorit saya saat hamil adalah apa saja yang ada di sana karena enak. Enggak percaya? Cobain deh. Kalau kamu suka mie dan bakso, jangan beli pop mie di kereta. Ada bakso Pop-So yang enak banget! 



Nah, itulah drama bulak-balik ibu hamil naik kereta Jakarta-Bandung yang menjadi awal mula kenapa sekarang aku langganan banget sama moda transportasi ini. Kalau kamu punya cerita apa di balik Jakarta-Bandung ini? Kalau ada share di bawah ya ceritanya.

Thanks for reading!

M~

19 komentar:

  1. naik kereta api emang lebih enak dan nyaman ya mbak. aku dari dulu selalu milih kereta api kalau pas mau pulang kampung.

    BalasHapus
  2. aku juga paling seneng naik kereta, nyaman banget. Gak harus eks aja udah nyaman banget, terasa bebas nyolok juga ada jadi online nyaman aman

    BalasHapus
  3. Salut nih buat ibu hamil yang berjuang naek kendaraan umum massal dan harus berjuang menahan lapar. etapi aku jadi penasaran ama produknya Pop So. blom pernah nyoba

    BalasHapus
  4. itu bakso hanya tersedia di kereta ya mbak? kok aku kepengen jadinya

    BalasHapus
  5. Lama betul itu Jakarta ke Bandung sampai 7 jam. Ya emang sih kadang macetnya itu yg bikin lama, dari yg normalnya hanya 4 jam bisa lebih lama lagi..

    kalau ke Bandung emang enaknya naik kereta api, selain jarang terkena macet juga lebih cepat sampai. Dan utk mencegah kelaparan di atas kereta biasanya saya memilih membawa bekal dari rumah, biasanya roti. Namun jika lupa, saya akan memilih utk membeli mie instan yg banyak dijual di stasiun terdekat..

    BalasHapus
  6. Bakso Sehat Siap Saji, Pop So nampak menggoda jadi mau mencicipinya. Namun, harus naik kereta dulu ya nanti cari-cari diskonan di Tokopedia deh, ada cashbacknya yang sesuatu.

    BalasHapus
  7. Aku masih belum ada cerita jakarta-bandung
    Tapi Inshaa Allah ada lah yaaa nanti... Sama si jodoh 😆😆😆

    Aku terakhir naik kereta, ditawarinnya pop mie, bukan pop so. Pop so produkk barunya kereta ya

    BalasHapus
  8. Wah, iya, daku pun skrg lbh milih naik kereta kl ke Bandung, walaupun mesti ke Gambir dulu sih. Tp ngebayangin macetnya ke sana, udah males :D

    Btw, bli tiket di Toped emang sering dpt cashback sih ya haha.

    BalasHapus
  9. Sama Teh, saya juga mending milih naik kereta api daripada naik mobil atau bis. Macetnya bikin malesin. Sekarang adik saya juga gitu, milih pakai kereta api kalo mudik ke Bandung. Supaya anaknya yang masih kecil nyaman di perjalanan.

    BalasHapus
  10. Belum pernah punya pengalaman bepergian saat hamil apalagi naik kereta..., Tapi jikapun pergi butuh banyak persiapan...dan cari tempat duduk yg nyaman aja sih..., Jangan sampai berdiri he2

    BalasHapus
  11. sering banget belanja di tokopedia puas banget banyak promonya terus pas lihat di bagian tiket kereta api wow juga harganya banyak bgt promonya bisa murah deh dan menghemat kantong

    BalasHapus
  12. Teh harga tiket 90rb, cashback 20rb, sisanya 20rb. Kumaha eta?
    Oya kereta api memang solusi terbaik untuk untuk kendaraan jarak nanggung, mau naik pesawat trlalu dkat, naik mobil macetnya gak nahan.

    BalasHapus
  13. Popso aku juga suka, bahkan waktu ada bazaar popso di sebuah mall aku langsung teriak.. Itu kan makanan kereta api xixixi..

    BalasHapus
  14. Jujur aku gak punya drama perjalanan Bandung Jakarta atau sebaliknya memakai Kereta.

    Seringnya pake travel,sesekali pake bis.

    Untuk dramanya biasanya di Jakarta sih. Contoh waktu itu saya pernah wawancara kerja di Daan Mogot dan Central Park.
    Saya turun dari di Daan Mogot setelah selesai wawancara saya jalan kaki ke Central Park. Kenapa jalan kaki? Karena waktu itu saya lagi gak ada uang dan nunggu transferan. Intinya waktu berangkat, saya cuman punya uang buat ongkos berangkat aja.

    BalasHapus
  15. Kereta memang moda transportasi yang aman ya Mbak. Sebagai penumpang juga ga perlu digalaukan dengan kemacetan. Udah gitu estimasi waktunya tepat. Selama ini Widya belum coba naik kereta dari Bandung ke Jakarta begitupun sebaliknya. Next time sepertinya boleh juga naik kereta hihihi

    BalasHapus
  16. Naik kereta api itu impianku banget Mbak 😐 seumur hidup belum pernah naik kereta api, maklumlah di sini belum ada kereta api. *hiks

    BalasHapus
  17. Iya, saya juga lebih sering beli tiket kereta di toped. Cashbacknya itu lho, bisa bikin beli tiket lagi kalau dikumpulin

    BalasHapus
  18. Waah, tetehmah kalau kudu naik kereta api pp Jakarta Bandung tekor di jalan Wi.. Jauhnya itu lho.. Makanya sampai saat ini masih setia sama bus Primajasa.. Murah, nyaman dan deket dr rumah

    BalasHapus
  19. ibu hamil itu ribet y mbak, teman kantor saya bisanya sehari cemilan haru ada terus di meja kerjanya, kalau diliat makannya juga porsi dobel..

    tapi mungkin demi kesehatan ibu dan anak

    BalasHapus

Wanna say something?
The comment is yours