Jumat, 30 September 2016

Manfaat Air Putih

"Suka minum ya, Mbak?"



Itulah komentat salah satu orang kantor sore ini saat saya pergi mengisi botol minum saya dengan air putih di pantry. Memang benar, saya ini salah satu pencinta air putih. Kalau minum dan makan ke mana-mana, selalu pesen air putih atau air putih dengan minuman manis yang mendamping. Alasannya adalah air putih sangat bermanfaat, selain itu air putih lebih murah dan air putih lebih segar dan lebih nyess untuk menghilangkan rasa haus.

Minimal sehari di kantor minumnya tiga botol 500ml ini, lho :)

Selain menghilangkan haus, sebenarnya apa sih manfaat air putih? Apa sih manfaatnya untuk perempuan kaya saya? Aku share yang pengalaman aku betapa bermanfaatnya air putih.

Buat saya, air putih ini bisa mengurangi berat badan. Dulu pas masih kerja di Wednesday Market gitu, kebetulan di sana selalu dikampanyekan minum air putih yang cukup, yang menurut aturan adalah 2 L sehari. Karena saya pada awalnya emang peminum air putih yang lumayan banyak, saya tambah jadi sekitar 2.5L-an, alhasil dalam 6 bulan timbangan turun sekitar beberapa kilo (enggak usah ditulis ya, sakit hati soalnya naik lagi wkwk).

Dengan minum air yang banyak, efek ke saya selain turun berat badan dan banyak pipis (bulak-balik WC itung-itung olahraga) ternyata mengonsumsi air yang cukup baik untuk kulit. Hal ini terbukti dengan kulit saya yang lebih lembap dibandingkan beberapa orang yang umurnya di bawah saya, ya saya sekarang 17 tahun, kulitnya masih lebih lembap dibandingkan yang 15 tahun. Wkwkw

Sewaktu saya hamil, kebetulan teman saya Tika, selalu menyemangati untuk minum air yang banyak. Hal ini saya rasa, karena pengalaman dia pas hamil Aa Erson dulu, saat itu kami masih satu kantor dan Tika diminta untuk minum air banyak banget, kalau enggak salah sampe 4L dulu karena air ketubannya kurang. Dan saya dulu melihat dia agak kewalahan karena minum air banyak sekali. Belajar dari  hal itu saya memutuskan untuk minum air yang cukup selama kehamilan. Alhamdulillah, walaupun saya sempat mengalami kesulitan minum di bulan-bulan terakhir, trimester tiga kehamilan, air ketuban saya aman.

Sudah tahu cerita saya sembelit semasa hamil? Nah, air yang cukup juga ternyata, menurut dokter dan sudah saya buktikan sendiri, baik untuk pencernaan. Jadi, jika kamu sudah merasakan agak-agak susah untuk melakukan proses pembuangan padahal sudah makan serat banyak, mulailah minum air yang banyak, serius banyak. Karena hal ini akan membuat apa yang ada di dalam saluran pembuangan kamu (I am not brave enough to say the P word, wkwkw) basah dan mudah keluar.

Nah, kayanya itu deh pengalaman aku dengan air putih, kalau kamu gimana? Ada pengalaman khusus? Share yuk di kolom komentar. :)

Love,

M~

45 komentar:

  1. Air putih memang sangat bermanfaat, kalau saya termasuk yg jarang minum jadinya ya kurang fit

    BalasHapus
  2. Aku dulu susahnya bukan main minum air putih. Sampai sering dibilang, tinggal glek aja kok kaya mikir lama.
    Tapi alhamdulillah sekarang mulai suka sama air putih. Enak ternyata. Seger. Sehat lagi

    BalasHapus
  3. Wah saya g kepikiran sampe2 berpengaruh pada air ketuban... Terimakasih mbak dewi dah kasih ilmu baru :D

    Btw kalo saya suka air bening :D

    BalasHapus
  4. Ku juga berusaha memenuhi asupan air putih paling tidak 8 gelas. Kadang bawa botol yang ada takarannya. Walaupon ngga hamilntetep jaga asupan air putih

    BalasHapus
  5. Air "bening" memang bagus untuk tubuh

    BalasHapus
  6. Saya tak pernah mengukur volume air putih yang di konsumsi. Ketika haus saya langsung minum. Saat aktivitas berat jumlah air putih yang diminum akan semakin banyak. Air putih memang nikmat.

    BalasHapus
  7. saya minum air putih hampir setiap hari bisa 5-8 gelas kak, ukuran gede pula hehehe...

    BalasHapus
  8. Waktu remaja saya peminum air putih adict.. tp setelah jadi emak2 kobya rasanya semangat minum air putih rada berkurang.. hmm, ini semua gara2 kopi kali ya.. eh ko nyalahin kopi hahahha.. saat ini saya agak kurang disiplin Wi minum air putih.. tapi masih minum lho ya, cuma takarannya ga seperti dulu.. diusahain ah minum air putih yg banyak lagi.

    BalasHapus
  9. Cara minum air putih yg benar bagaimana yaa, mba..?

    Apa sekaligus tanpa napas gittu..?
    Atau asal inget, pingin atau engga..minum aja.

    Karena pernah liat di youtube, kl minumnya langsung banyak, bisa sesak paru-paru nya.

    BalasHapus
  10. Tosss..! Aku juga suka banget air putih. Makan dimanapun selalu mesen minumnya air putih. Apalagi yang anget. Suka banget.. :)

    BalasHapus
  11. Kalo gue sih minimal minum air putih sehari 4 liter deh. Hahaha

    BalasHapus
  12. Kalo naek gunung, air putih lebih beharga dari emas =D

    Bagus buat daya tahan ginjal juga.

    BalasHapus
  13. Air putih mas the best lah pokoknya. Apalagi kalau air kendi ya mba hehehheheheh

    BalasHapus
  14. Kebiasaan dasar seperti minum air putih yang cukup ini yang perlu kita terapin secara konsisten sebagai awal dari tujuan untuk hidup sehat.

    BalasHapus
  15. Kebiasaan dasar seperti minum air putih yang cukup ini yang perlu kita terapin secara konsisten sebagai awal dari tujuan untuk hidup sehat.

    BalasHapus
  16. Serius teh bikin ngurangin berat badan? Wah, kalo aku gaboleh minum air putih dong?

    #GerakanPengenGemuk

    BalasHapus
  17. beuh air putih emang enak tuh di minum tiap hari buat menggantikan ion tubuh yang hilang

    BalasHapus
  18. Kujuga suka minum air. Pergi ke mana pun, kapanpun, di mana pun, selalu bawa air di dalem botol macem anak SD. Manfaat lainnya adalah, menghemat beli minuman ketika jajan di luar. Heheheheu.

    BalasHapus
  19. Gue anaknya suka minum air.. dan pernah ngalamin anyang2an karena lupa minum huhuhu..
    Nice life style tehh.

    BalasHapus
  20. Aku juga selalu bawa tumblr air putih kemana pun pergi, Mbak. Soalnya kalo krg minum aku suka bad mood (apa ya istilah kesehatannya aku lupa) kalo ga sakit di pinggang.
    Di kamar juga harus sedia air putih kalo sewaktu-waktu bangun malam pasti harus minum.

    BalasHapus
  21. Bener banget mba dewi, waktu hamil dulu aku juga oligohidramnion alias ketuban kurang n lagi bulan puasa pula. mau ga mau harus minum banyak dan batalin puasa. air putih itu memang pentng banget, kalau mau tahu tubuh kita cukup air, lihat aja di produksi urin, warnanya kuning atau bening? kalau bening berarti kita cukup minum

    BalasHapus
  22. sama mba aku juga kalo lagi makan di luar atau kemana-mana pasti bawa atau pesennya air putih hihi dan galon di rumah pun kebanyakan aku yang abisin :D

    BalasHapus
  23. Iya betul teh, air putih sangat baik bagi mereka yang ingin menurunkan berat tubuhnya memang sangat dianjurkan untuk meminum air putih, dan sangat disarankan sesudah bangun tidur untuk meminum air putih segelas, untuk menyegarkan badan sekaligus melancarkan "pengumpulan nyawa"..

    Ya sangat dianjurkan untuk minum air putih, ya minimal sehari 3 liter, alhamdulillah saya pun rutin meminum air putih 5-6 liter sehari, karena orang jangkung proses metabolisme lebih butuh cairan wkwk

    BalasHapus
  24. Aku percaya air putih itu sehat, meskipun minum banyak air putih harus bolak balik ke toilet. Menurut aku orang yang kurus itu kebutuhan air putih nya tidak sama deh dengan yang memiliki bb berlebih.

    BalasHapus
  25. Saya juga termasuk yang senang minum air putih. Kalau makan di luar, saya juga selalu pesan air putih, bukan jus buah. Dan sesibuk apapun, saya selalu sempatkan untuk minum air putih. Selain melancarkan pencernaan, air putih juga membantu tubuh mencegah datangnya flu. Maka dari itu, saya memperbanyak minum air putih.

    BalasHapus
  26. Air putih.... Aku juga salah satu penggemar air putih, rasanya kurang segar aja kalau habis makan nggak minum air putih. Kalau lagi kerja biasanya juga sedia aqua botol sedang bisa habis sampe 3 botolan. Cuma ya itu, riwa-riwi kamar mandinya nggak kekeuh.. XD

    BalasHapus
  27. 1.heu warna tempat minumnya favorit teh, samaan wkwk
    2. Aku sekarang paling banyak cuma 2 botol teh :( jadi kalo ke dokter kadang di bilang minum air putih yang banyak..

    BalasHapus
  28. Aku jg suka minum air putih byk. Ke mana2 bawa botol. Nggak byk minum pas di gunung aja sih

    Air bikin kurus, kalo aku sih nggak. Tapi bikin seger dan enteng

    BalasHapus
  29. Aku sering lupa minum air putih. Hiks... asyik banget dengan dunia sendiri. Mungkin krn tak ada teman ngobrol ya.

    Btw, ngeri juga kalo air ketuban kurang... duh...

    BalasHapus
  30. Tempat minumnya sama :-))

    Aku tapi dikantor cuma 1 doank. Ehm, untuk minum di tempat makan.

    Kalau air putihnya gratis, aku pesan air putih+minuman manis.

    Tapi kalau air putihnya bayar ya air manis doank

    BalasHapus
  31. Kalp kerja yg duduk mulu ini mah wajib banget sih minum air putih. Untung selain sayang sama kamu, aku juga sayang banget sama air putih. Memperlancar nafas juga paru-paru jadi plongggggg

    BalasHapus
  32. Air sangat bermanfaat bagi kehidupan .

    Mengurangi dehidrasi.

    Baru tahu kalo sangat bermanfaat di masa kehamilan.
    Good suggestion mba

    Thanks
    Kandida

    BalasHapus
  33. Jadi inget saat hamil dulu kalau minum per hari ditarget 3 liter, jd isi botol yg seliteran itu 3 botol. Biar gak eneg minumnya dicicil... Kalau skrng mbalik males hiks, ya tapi msh diusahain min 8 gelas sih

    BalasHapus
  34. Berasa sih emang perlunya air putih. Aku klo haus dan hampir dehidrasi harus bgt minum air Putih, ga mempan klo minum yg Manis, Kopi apalagi es krim 😂😂😂

    BalasHapus
  35. aku memang suka minum air putih banyak sih ya, kalo kadang problema orang itu malu untuk pesen air putih pas lagi makan di luar rumah, aku cuek bebek pesen sampe dua gelas

    antara cuek atau gatau malu ya itu?
    teh, 17 th udah hamidun? wah, muda skali, enaknya.

    BalasHapus
  36. Air putih adalah kunci. Temen kantor ku ada yg kayak teteh juga. Kemana mana pasti bawa botol minum, apalagi kekantor. Pasti nyetok air putih dia. Aku sih baru belakangan aja banyak minum air putih. Buat ngimbangin kabar kopi dalam tubuh.
    #halah
    Hahah

    BalasHapus
  37. gw jg waktu akan jalanin race marathon wajib minum air putih 2L sehari, biasanya 1w before race. menjaga tdk dehidrasi saat race. badan emg lbh bugar sih dan rave tiba tdk terserang penyakit alias sehat

    BalasHapus
  38. Jujur aku baru tahu kalo dengan mengkonsumsi air putih bisa nurunin berat badan hehe, tapi selain itu masih byk banget manfaat minum air putih. Kalau berangkat kuliah aku suka mampir ke warung beli 2 botol aq*aa haha dan memang pas di kelas bawaannya mau buang air kecil teruss...

    BalasHapus
  39. Aku lagi menggalakan minum air putih sih, di barengi sama teh.
    Kalau lagi makan diluar, pesen minumnya pasti macem2. Karena mikirnya tuh, yaelah mumpung ada minuman yang unik jangan minum air putih ah.
    Tapi setelah itu, kebiasaan minum air putih jadi berkurang haha

    BalasHapus
  40. Beruntung, saya juga suka minum air putih yg banyak. Btw, banyak minum air putih bisa bikin gemuk jg ga ya, soalnya tubuh saya termasuk langsing kalau ga mau disebut kerempeng. Hehe

    BalasHapus
  41. Ternyata selain bikin badan sehat, bikin kulit kita sehat juga to? Baru tahu fakta ini. Wah harus dibiasakan minum air putih kalo gitu. Biar langsing dan kulit mulus. Hehe.

    BalasHapus
  42. saya termasuk yang suka minum air putih 4 botol (1,5 liter) sehari, efeknya enak banget ke badan, seger trs berat badan terkontrol.

    saya lebih seneng air putih daripada minuman "berwarna", hihihi....

    salam kenal mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mari minum air putih selalu. Salam kenal juga, Mas Indra.

      Hapus

Wanna say something?
The comment is yours