Rabu, 22 Januari 2014

A Complain Explanation on BerryBenka Late Credit Return - Shopping Experience

Sudah baca pengalaman saya belanja di BerryBenka? Kalau belum, silakan baca di sini biar nyambung. Hehe.
Nah, kemaren ada yang sempet denger saya ngomel ke BerryBenka via @MahadewiShaleh? Iya saya ngomel terus. Tapi, FYI saya masih kok belanja di sana. Barangnya bagus kok. Cuma memang ada masalah di layanan after sellingnya. 

Silakan membaca mulai dari bawah.
Saya pikir, bahwa pembelanjaan di sana memiliki after sell yang bagus. Kenapa? Berrybenka iklannya di mana-mana. Di Facebook Ads (harga perklik Rp. 2.000-3.000) dan Google Display Network (harga perklik Rp. 5.500) dan ads digital lainnya milik mereka sangat banyak. BerryBenka mengeluarkan banyak uang untuk ads, misal, jika satu hari yang mengklik iklan mereka 100 orang saja, berapa banyak uang yang harus mereka keluarkan? Pemikiran saya, selling yang promotenya bagus harusnya di barengi dengan after sell yang bagus. Karena jika tidak, akan ada banyak complain yang menyertai, termasuk yang datang dari saya.

Karena sistem return barang memiliki dua pilihan 1. Tukar barang, 2. Memasukan nilai pembelanjaan ke dalam kredit. Barang saya return ke Jakarta dari Bandung pada tanggal 22 Desember 2013, normally package akan datang satu-dua hari setelahnya. Tetapi dikarenakan load ekspedisi pengiriman yang membludak pada saat jelang Natal maka terjadi keterlambatan dan baru diterima tanggal 27 Desember 2013. Di dalam email yang saya kirim ke CS Berrybenka, bahwa credit dan urusan return barang ini akan memakan waktu 1-3 hari, dan pada saat itu saya maklumi.




Karena janji CS BerryBenka yang mengatakan bahwa credit akan dikirimkan ke account 1-3 hari, saya tanyakan lagi tanggal 30 Desember 2013. Baru dibalas tanggal 2 yang notabene sudah 4 hari kerja. Dengan jawaban seperti ini:


Saya bingung, di web Berrybenka tidak ada pengumuman libur, tapi email saya tidak dibalas. Baru dibalas beberapa hari kemudian. Padahal, sebagai online shop jika dia libur harus memberitahukan dan jika dia tidak libur berarti seharusnya email saya dijawab. Dan agak mengherankan jika dikatakan bagian operasionalnya sibuk, karena setau saya barang yang dipesan setelah pesanan bermasalah ini sampai pada waktunya. Keterlambatan proses barang yang tukar (after selling) dengan barang yang dibeli baru (selling) sebenarnya mengecewakan. Konsumen perlu ditreat setelah selling, bukan hanya sampai pada penjualan saja.

Setelah email ini, saya meradang lagi karena sampe dengan 7 Januari 2014, hampir dua minggu, kredit ini tidak datang-datang. Akhirnya saya menyampaikan hard complain di Twitter mereka karena email sangat lama mereka balas. Lalu mereka merespon komplain saya bahwa credit sudah ditambahkan, pas dicek gak ada, alasannya? Website upgrade. Dan pada akhirnya kredit baru saya dapatkan tanggal 9 Januari 2014. 

Saya sangat sering berbelanja online, cuma harus diakui, akhir-akhir ini beberapa online shop rada kurang teliti dan hati-hati dalam melakukan penjualan. Tempo hari ada online shop kosmetik besar yang telat mengirimkan barang selama 4 hari dengan alasan abisnya bubble wrap. Buat saya ini tidak masuk akal. Kenapa online shop besar tidak mementingkan persediaan operasional? Dan kenapa harus selama itu? Online shop ini tidak sebesar Berrybenka, tapi jujur, dia lebih baik daripada BB. Kenapa? Atas kesalahannya dia meminta maaf dan memberikan treat berupa free product. Bukan produk mahal, tapi yang saya lihat bagaimana dia memperlakukan pelanggan, 

Sampai sekarang, banyak orang yang masih takut belanja online karena ketakutan belanjaannya gak sampe. Ya saya akan maklumi kalau pengalaman pertama berbelanja online mereka jelek. Untungnya pengalaman belanja saya tidak terlalu jelek dan memang beberapa kali ini saja mengalami kendala.

Kenapa saya memposting tulisan ini? Jujur aja, ini untuk pembelajaran para online shopper dan pemilik online shop. Bukan untuk menjelek-jelekkan siapapun karena yang saya tulis adalah benar dan fakta. Barang yang dari Berrybenka bagus dan tidak pernah terlambat datang, akan tetapi, kalau kamu memiliki masalah seperti kesalahan item, salah warna dll itu akan sangat lama ditangani. 

Makasi ya udah baca,
Jangan kapok belanja *kompor*


D

4 komentar:

  1. setuju sama iklan iklan berrybenka yang ada dimana-mana, saya sempet ragu sih mau pesen via berrybenka, soalnya kebanyakan reviewnya ga puas sama pelayanan berrybenka, ditambah saya pernah baca postingan mbak sebelumnya yang ini http://www.msmahadewi.com/2013/12/fashion-berrybenka-shopping-experience.html apa sampai sekarang masih kaya gitu mbak? pelayanannya ?

    BalasHapus
  2. Mbak saya mau tanya cara menggunakan kredit di akun berrybenka nya bagaimana ya? Saya juga mengalami hal serupa dan ingin menggunakan kredit dr retur barang, tapi saya agak bingung

    BalasHapus
  3. Mbak saya mau tanya cara menggunakan kredit di akun berrybenka nya bagaimana ya? Saya juga mengalami hal serupa dan ingin menggunakan kredit dr retur barang, tapi saya agak bingung

    BalasHapus
  4. Mbak saya mau tanya cara menggunakan kredit di akun berrybenka nya bagaimana ya? Saya juga mengalami hal serupa terkait retur

    BalasHapus

Wanna say something?
The comment is yours