Selasa, 10 Mei 2016

Gerah Pada Ibu Hamil, Apakah Hal Ini Normal?

Dua tahun lalu, saya beserta beberapa teman ada dinas luar kota yang mengharuskan kami menginap di sebuah hotel di daerah Blora, Jakarta untuk beberapa malam. Salah seorang teman saya sedang hamil besar dan kebetulan kami satu kamar beserta dengan kawan kami satunya lagi. Sebelum tidur ibu hamil ini merasa bahwa dirinya kegerahan, sehingga AC diturunkan temperature-nya agar lebih dingin.

Nah, pada saat malam hari, saya bangun karena kepanasan padahal AC nyala dengan temperature yang cukup dingin. Ternyata hal itu disebabkan oleh suhu tubuh teman saya yang sedang hamil ini lumayan 'hangat'. Saya bisa merasakannya karena tidur tepat sebelah dia, sementara keesokan harinya kawan saya yang satu lagi bilang dia kedinginan karena AC yang terlalu dingin.

Tidak disangka, setelah dua tahun saya pun hamil dan merasakan hal yang sama. Di trimester tiga ini saya kegerahan luar biasa. Tadi subuh saya bangun dengan baju yang penuh keringat dan dahi yang basah. Dan yang membuat keadaan semakin kurang nyaman adalah, jreng, saya enggak tinggal di Bandung sekarang, tapi di Depok yang panasnya alhamdulillah.


Mahadewi, usia kehamilan 32 minggu.


Gerah pada ibu hamil apakah hal ini normal?
Itu pertanyaan saya subuh tadi dan langsung membawa saya ke dokter Google untuk first screening kemudian dilanjutkan dengan konsultasi dengan Ob-gyn saya haha. Awalnya jujur saya menganggap panas ini wajar sewajar-wajarnya.

Menurut info yang saya dapatkan, gerah, 'hot flashes' dalam kehamilan adalah hal yang wajar dikarenakan adanya perubahan hormon yang terus menerus dan akan sering terjadi pada trimester terakhir.

Dokter saya kemudian menyarankan beberapa hal untuk dilakukan. Salah satunya adalah minum air yang banyak. Selain untuk menurunkan suhu tubuh, air dalam kehamilan berfungsi untuk memperlancar pencernaan dan menjaga air ketuban agar tetap bersih dan cukup.

Menggunakan baju yang tidak terlalu tebal, ringan dan longgar juga mengurangi panas yang kamu alami. Dan menggunakan selimut sejujurnya tidak disarankan. Namun jika banyak nyamuk di rumah silakan gunakan minyak telon anti nyamuk agar tidak perlu kerepotan dengan panas dan terhindar dari gigitannya.

Akhir-akhir ini saya sering membuka jendela dan pintu lebar-lebar agar angin masuk, sirkulasi lancar dan juga panas berkurang. Namun kalau malam hari disarankan untuk membuka jendela saja, dan jangan lupa gunakan minyak telon anti nyamuknya, ya! Disarankan untuk menggunakan AC dibandingkan dengan kipas angin, namun kalau kaya saya di rumah tidak ber-AC yasudah buka aja jendela dan pintunya lebar-lebar ya. ;)

Terakhir, sebagai ibu hamil yang mengalami kegerahan, saran saya berdoa dan bersabarlah karena emang gitu lah keadaannya. Hahaha. Maaf saran ini tidak membantu.

Tips ini berguna ya untuk siapapun yang sedang hamil atau akan hamil di kemudian hari. Semoga kehamilannya dan persalinan lancar!

With love,

M~

PS: Kalau bisa bilang juga sama suami untuk tidak bikin emosi karena akan menyebabkan kegerahan berkepanjangan. Wkwkw 



52 komentar:

  1. Kalau masalah gerah pada ibu hamil, saya nggak tahu, soalnya belum pernah hamil. Tapi, kalau kepanasan, hmmm sejak gerhana matahari total sepertinya panas nya ampun-ampun deh, jadi tiap malam kipas angin hidup terus sampai pagi. Maklum nggak punya AC. Buka jendela? Sepertinya tidak mungkin banyak banget nyamuk, tapi belum pernah coba pakai minyak telon. Kalau lotion nyamuk itu pernah pake, tapi jam-jam 3 pagi, selalu terbangun karena digigit nyamuk.
    Teh, hati-hati kalau malam pakai kipas angin, katanya kalau ibu hamil masuk angin itu susah mengeluarkan anginnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pake lagi aja Rin, haha, jangan langsung kena badan aja, kalau masuk anginntar minta suami pijitin :P

      Hapus
  2. Waaa, akhirnya ngeliat foto teteh hamiiilllllll. *apeu*

    Sehat terus ya teh sampe lahiran! Selamat Ibu dan debaynya. Amin.

    BalasHapus
  3. Aku enggak hamil tapi suka kegerahan juga.







    Kalo liat dia sama yang lain teh :(

    BalasHapus
  4. pake daster biar ngga gerah :)))
    pengetahuan yang sudah ku ketahui sebelumnya dari brand sebelah.
    jadi kangen brand sebelah. hahahaha

    BalasHapus
  5. Kakak ku dulu juga gitu Teh, lagi hamil gede kepanasan mulu. Tidur di kamar ngomel-ngomel karena ac nya kurang dingin. Padahal ini adeknya udah untel-untelan selimut kedinginan.

    Due date kapan Teh? Semoga sehat dan lancar terus ya... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertengahan Juni ini Flo, iya panas banget ini aja lagi duduk doang keringetnya netes banget

      Hapus
  6. Itu pastinya Wi.. setiap ibu hamil besar pasti ngerasa kegerahan. Dan emang tipsnya banyakin minum air putih aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya teh aku juga gitu aja tiap hari ada kali 3 liter sehari

      Hapus
  7. mudah mudahan segera tidak gerah lagi kalau pake AC dengan suhu 16 derajat ya kak hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau berapapun suhunya maz, gerah FYI wkwk

      Itu yang saya ceritain di atas udah 16 lho

      Hapus
  8. Gerahnya ibu hamil sih saya kurang paham, tapi kalo kata bibi saya yg lagi hamil sih soal gerah atau enggak tergantung cuaca dan suasana

    BalasHapus
  9. Smoga lancar yaaa teh pas persalinan tiba. Aameen

    BalasHapus
  10. pantes liat ibu hamil keliatannya ngos2 san dan kipas2 gitu, ternyata memang byk hormon yg berubah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak Jiah, ahaha, jadi jgn kaget ya nanti kalau hamil.

      Hapus
  11. Astaga. Aku ga tahu tentang gerah pas hamil ini. Kamu telat setaun lebih wi postingnya.

    Hahaha.

    Jadi waktu itu AC emang lg sering ngadat. Meskipun msh dalam tahap wajar.

    Nah satu ketika kok yak panas banget di kamar meski di setting suhu 16.

    Dan paginya, langsung telfon servis AC.

    Gak ad perubahan. Ternyata (mungkin) ad alasan lain dibalik panasnya malam itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. BAHAHAHAHA, IYA DIKA GILA IEU SUBUH GE HAREUDAAANGGG

      Hapus
  12. Betul, mbak. Aku juga merasa gerah kemarin pas hamil Kizain. Selimut tebel ga kepake haha. Tapi abis lahiran, asli ga tahan ac, dikit aja udh menggigil haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. IYa aduh aku di bandung aja sampe buka jendela

      Hapus
  13. Masya Allah ya teh, perjuangan ibu hamil. Semoga nanti kalau hamil, bisa tinggal di tempat yang sejuk.
    Semakin gerah semakin ga sabaran ya teh? Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enggak ngaruh sama sabar sih cuma gak nyaman, aku mah udah sabar dari lahir wkwk

      Hapus
  14. jadi semakin menjelang kelahiran akan sering kegerahan gitu ya teh?

    wah ternyata jadi ibu hamil tidak semudah bayagan orang-orang yang ingin cepat menikah ya, proses yang dilewati luar biasa dr mulai ada yang makan mual sampe kegerahan macam ini :')

    kalau tinggal di daerah dingin macam bandung (kata orang dingin) apa masih tetep gerah teh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enggakngaruh Mbak, mau ada ac mau enggak, mau bandung jkt tetep panas haha

      Hapus
  15. Depok emang panasnya Masya Allah, teh Dew :D
    Mg sehat dan lancar persalinan yaaah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Subhanalloh sekali emang ya depoks sekarang

      Hapus
  16. Oh sering kegerahan gitu ya pas hamil.hmm belum pernah ngerasain sih. Etapi kipas angin emang ga bagus sih, lebih bagus AC. Tapi ya AC ga bagus buat lingkungan. Aku punya saran, pake kipas tangan aja, ka Dew. Yang dibuat dari anyaman bambu gituπŸ˜†

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya belum ngerasain lah mi, emang situ udah nikah? Elah. Skripsi aja dulu


      #nyamberhore

      Hapus
  17. Tak kira bayinya lagi bakar2 sate makanya panas

    BalasHapus
  18. Wah terimakasih Teh Dewi buat infonya. Nah itu kenapa lebih disarankan menggunakan AC dibanding kan kipas Angin ya Teh Dew?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih merata dinginnya dan lebih sehat Wul haha

      Hapus
  19. Makasih infonya Teh. Teh Dew kenapa lebih dianjurkan pake AC dibandingkan kipas Angin ya?

    BalasHapus
  20. Kalau hamil akan merasakan halnseperti ini ya? Dan bener juga penggunaan AC lebih bagus sih ketimbang kipas angin

    BalasHapus
  21. Teh, kok nggak make lotion" anti-nyamuk gitu, kok malah make minyak telon gitu? Kekurangannya apa ya teh? *serius penasaran*

    BalasHapus
  22. Aku pas hamil, temperatur ac tempat kerjaku selalu di angka 16, mungkin efek badan yang lebih besar dari sebelumnya,jadi bikin begah dan juga gerah. Btw, PS nya emang bener banget. Wkwkwkw. πŸ˜‚

    BalasHapus
  23. Benar sekali, Dew, hamil trimester 3 itu badan berasa panas terus dan perut begah tak keruan. Hehehe. Aku dulu kalau mandi sering melihat uap panas keluar dari tubuh. Memang kamar mandinya sangat terang oleh cahaya matahari. Kebalikan sauna.... tubuh kita yg mengeluarkan asap.

    Minum yang banyak, mandi 3x sehari. Baek2 ya jaga diri dan janin.

    BalasHapus
  24. Kata2 yang dicort bawah bikin aku tergelitik deh. Hahahahhaa


    Semangat teteh!

    BalasHapus
  25. Teh, aku belum hamil aja kalau tidur selalu kegerahan. Gimana kalau hamil, ya? :(
    Btw, akhirnya lihat Teh Dewi dan calon debay di dalam perutnya. >.<

    BalasHapus
  26. Woow.. Noted. Aku bahkan baru tau kalau ibu hamil ngerasa kayak gitu. Makasih Teh Dew, bermafaat banget artikelnya. Temen" yang baru nikah di kantor pada ikutan baca hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heuheueue, siap2 beli AC yang banyak aja, soalnya mostly hamil adalah gerah!

      Hapus
  27. wah kalo lagi hamil kegerahan gitu ya mbak, nambah wawasan nih biar dimasa depan saya bisa nyiapin pendingin buat pasangan hidup dimasa depan wkwkw

    BalasHapus
  28. Kalau saya belum merasakan hamil sih bun, ahi hi hi.
    Tapi saya respect kalau melihat orang hamil karena dia merupakan orang yang paling besar perjuangannya dari pada pekerja bangunan yang hanya capek sebentar dan masih ringan apabila dibandingkan dengan ibu hamil yang merasakan cape 9 bulan. Sungguh perjuangan yang sangat mengaggumkan dan sekaligus juga berat.

    BalasHapus

Wanna say something?
The comment is yours