Sabtu, 03 Juli 2021

Sedikit Cerita Tentang Chatime Indonesia dan Gerakan Sapu Gelas Chatime


Sewaktu kecil, aku adalah salah satu murid yang rajin belajar, ya sekarang sih kurang, ya haha. Selain keinginan yang menggebu alias emang rajin dari sananya, salah satu pendorong rajin belajar adalah dapat beasiswa. Dulu sampai sekarang, keluarga saya adalah keluarga yang sederhana cenderung pas-pasan mentok di pas-pasan banget lah. Jadinya, kalau dapat uang beasiswa, itu aku seneng banget!

 

Ternyata, setelah besar, saya sadar kalau beasiswa itu adalah bagian dari CSR. CSR itu apa sih? CSR yang merupakan kepanjangan dari Corporate Social Responsibility adalah suatu konsep atau tindakan yang dilakukan oleh perusahaan sebagai rasa tanggung jawab perusahaan terhadap sosial maupun lingkungan sekitar di mana perusahaan itu berada (Kemenkes, 2021, https://promkes.kemkes.go.id/csr/pengertian-csr). Selain memberikan beasiswa untuk anak-anak, kegiatan meningkatkan kesejahteraan dan menjaga lingkungan, dan lain-lain juga merupakan bentuk CSR nih. Nah, kali ini aku mau sharing tentang kegiatan Chatime Communitea yaitu Gerakan Sapu Gelas (berSAma kumPUlkan GELAS), dan cara untuk join Gerakan Sapu Gelas.

 

Siapa di sini yang sudah pernah mendengar kata Chatime? Aku yakin banget kalian yang ada di Pulau Jawa pasti udah kenal sama yang namanya Chatime. Chatime ini adalah salah satu brand minuman brewed tea asal Taiwan yang hits banget sejak awal kemunculannya dan udah ada dari 10 tahun tepatnya since 2011. Dah lama banget, kan? Saat ini, menu Chatime terdiri lebih dari 50 varian rasa dengan Harga Chatime yang relatif terjangkau sekitar Rp 20 ribuan ajaaaaa. Chatime Indonesia punya enam kategori minuman yang dapat dinikmati oleh segala usia terdiri dari Signature Milk Tea, Tea Presso, Smoothies,

TeaRRIFIC, Coffee and Latte, Mood Refresh. Rasa favorit aku sih Hazelnut Chocolate Milk Tea plus pearl, less ice dan extra sugar, hahahah. Biar lebih aman dan nyaman buat dikonsumsi oleh kita umat muslim, aku kasih tau ya kalau Chatime Halal karena sudah mendapatkan sertifikasi halal!

 

Setelah aku jelasin tentang Chatime, kita balik lagi ke topik CSR nih. Chatime Indonesia sebagai perusahaan yang sudah sukses menjual ratusan ribu cup dan memiliki banyak gerai, ingin giving back to the people dengan melakukan CSR. Chatime Indonesia bekerja sama dengan Chatime Global buat bikin Chatime CommuniTea sebagai wadah komunitas untuk berbagi kebahagian. Keren banget ya Chatime, jadi makin semangat buat beli minuman favorit aku nih pas nulis ini, hahaha. Chatime CommuniTea punya fokus utama pada beberapa bidang buat ngelakuin CSR-nya nih yaitu lingkungan, pendidikan dan komunitas yang akan melibatkan semua karyawan dan Chatimers tersayang.

 

Program CSR ini udah dilaksanakan dan selama tahun 2021, Chatime CommuniTea udah melakukan beberapa kegiatan CSR yang seru di antaranya:

 

1. Gerakan Sapu Gelas (BerSAma KumPUlkan GELAS): ini adalah program Chatime melalui Chatime Communitea dan Kawan Lama Foundation buat memulai Gerakan Sapu Gelas (BerSAma KumPUlkan GELAS) dalam upaya menjaga kelestarian bumi. Melalui program ini, Chatimers bisa ngumpulin dan mengembalikan gelas bekas pakai di Chatime ke Recycle Point yang telah disediakan.

 

 

Buat berpartisipasi, kamu bisa ngumpulin gelas bekas khusus Chatime ini di Recycle Point yang bisa kamu temui di 3 store Chatime yang berada di:

  1. Gedung Kawan Lama
  2. Living World Alam Sutera Living Kitchen
  3. Mall Kota Kasablanka Lt. LG

 

Untuk mengumpulkan gelas bekas Chatime ini ada caranya, Chatimers! Caranya gampang, kok, hanya dengan 3 langkah sederhana:

  1. Bersihkan gelas bekas Chatime terlebih dahulu,
  2. Gunting gelas dengan menggunakan gunting yang sudah disediakan,
  3. Masukkan gelas bekas ukuran Reguler atau Large sesuai pada tempatnya.




 



 

Oh iya, nantinya gelas bekas yang udah kalian kumpulin bakalan dipake buat kegiatan yang mendukung kelestarian lingkungan lho, Chatimers. Dalam melakukan program ini, Chatime gak sendirian, nih. Chatime bekerja bareng sama Bank Sampah Melati Bersih (wilayah Tangerang) dan Bank Sampah Guntur Sadar Lingkungan (wilayah Jakarta Pusat) sebagai pihak yang bakalan bantuin buat mengolah gelas bekas yang udah dikumpulin. Nantinya hasil dari pengelolaan gelas bekas ini akan dipakai buat mendukung aktivitas sosial dari warga sekitar Bank Sampah, lho.

 

2. Chatime Berbagi: program Chatime CommuniTea dengan fokus berbagi manisnya Chatime dengan siapa saja. Di paruh pertama 2021, sebanyak lebih dari 5.000 cup minuman Chatime dibagikan ke Panti Asuhan, Pesantren, Sekolah, Markas Ojol, Anak Jalanan, dan masih banyak lagi.

 

3. Chatime Traktir Ojol: program Chatime CommuniTea yang ngelibatin Chatimers tersayang buat berbagi kepedulian dengan kawan ojek online, yang sudah nganterin minuman boba favorit kita sampai selamat sentosa.

 

Selain kegiatan-kegiatan yang sudah disebutkan di atas, masih banyak lagi kegiatan seru lainnya lho, karena Chatime CommuniTea bakalan terus menyebarkan banyak kebahagiaan dan kebaikan. Buat kamu yang mau ikutan kegiatan CSR seru lainnya, khususnya Gerakan Sapu Gelas bersama Chatime, langsung aja yuk download Chatime Indonesia App sekarang juga buat dapetin info ter-update dari Chatime yah atau pantengin terus di Instagram Chatime Indonesia @chatimeindo.

4 komentar:

  1. Chatime minuman legendaris nih.. kalau saya suka nya Hazelnut milk tea atau caramel nya enak..
    Eh anyway saya pribadi suka sama perusahaan or brand yang peduli dengan komunitas dan ada program sosialnya, lalu ada kegiatan pelestarian lingkungan dengan recycle botol gelas minuman kayak gini plus ada program traktir ojol pula!
    Thanks sharing info di blognya yah...

    BalasHapus
  2. Ada beberapa kegiatan menarik CSR Chatime, khususnya di bidang lingkungan patut diapresiasi. Kebetulan Recycle Point, lokasinya tak jauh dari rumah. Nanti akan ikutan juga.

    BalasHapus
  3. menarik program CSR nya Chatime, kayaknya di jember belum aku liat ada poster sapugelas ini. semoga bisa merata di semua kota.
    baca ini jadi sadar kalau aku udah lama banget nggak njajan chatime

    BalasHapus
  4. keren ini yang setor gelas, kesadaran masarakat ya. mudah2an di cirebon juga ada

    BalasHapus

Wanna say something?
The comment is yours