Minggu, 25 Oktober 2015

#AirUntukKehidupan: Blogger Visit to PT. Tirta Investama Plant Cianjur (AQUA) with IdBlogNetwork

Awal Oktober 2015, pas aku lagi santai-santai, leha-leha buka Facebook (yang padahal sebenarnya adalah kerja), aku menemukan pengumuman di Facebook IdBlogNetwork (IBN) kalau mereka sedang mencari blogger yang mau mengunjungi pabrik air minum di Cianjur tanggal 10 Oktober 2015. Dan entah kenapa, aku langsung ngeh kalau itu adalah pabrik Aqua. Walaupun enggak yakin dan karena penasaran sama pabriknya, aku langsung memberanikan diri untuk daftar agar bisa mengikuti blogger visit ini.

@SehatAQUA

Setelah menunggu sekitar 100 tahun lamanya beberapa hari, email aku dibalas sama Mas Sandhi dari IBN yang menyatakan bahwa aku terpilih dan berkesempatan untuk berkunjung ke pabrik, namun jadwal visitnya dipindahkan menjadi tanggal 17 Oktober 2015. Sebagai anak gaul Ibu Kota yang enggak pernah ke mana-mana pas wiken, aku iyakan saja untuk mengisi aktivitas wiken dengan hal yang bermanfaat #halah. Lebih menyenangkan lagi karena aku bisa ajak satu orang lagi untuk menemaniku dalam suka maupun duka di blogger visit tersebut. Tak lain dan tak bukan aku ajak Bapak Suami biar bisa ada yang jagain selama acara ini dan sampai ajal memisahkan kami.

Nah, saat-saat yang dinanti telah tiba. Pas hari H, kami janjian di Citos jam 6. 30 dan itu berarti aku harus siap-siap subuh dari rumah. We make it on time, namun sayang sekali ada beberapa orang yang terlambat datang sehingga pemberangkatan tidak sesuai dengan jadwal seharusnya. Karena ini adalah pertama kalinya aku mengikuti acara dari IBN, awalnya sempat khawatir karena takut enggak ada yang kenal. Eh, alhamdulillah ada Nurri dan Mbak Donna, plus temen lama aku Thia yang sudah lama entah kapan terakhir kami bertemu haha.

From ardikapercha.com

Walaupun akhir pekan, jalan menuju pabrik UNTUNGNYA tidak terlalu macet sehingga pada pukul 11.00 kita sudah sampai di lokasi. Karena terlambat dari jadwal yang ditentukan, kami langsung buru-buru duduk untuk berbincang-bincang dengan pihak management PT. Tirta Investama. Mari berkenalan dulu dengan PT. Tirta Investama, yuk! PT. Tirta Investama merupakan salah satu pengelola pabrik di Cianjur milik Aqua Danone yang telah beroperasi lebih dari 5 tahun. Aqua memiliki kemasan dalam berbagai ukuran, namun khusus untuk Plant Cianjur mereka mengkhususkan produksi di kemasan PET (330ml, 600ml) dan galon. Sebagai informasi, berikut jenis kemasan Aqua yang beredar di pasaran:
1. Gelas plastik (plastic cup): 240ml
2. PET: 330ml, 600ml, 750ml dan 1500ml
3. Galon: 19 liter
4. RGB (returnable glass bottle): 380ml

Credit www.aqua.com

Berapa banyak Plant Cianjur bisa memproduksi Aqua dalam satu hari?

Banyak SEKALI sekitar 40.000 botol dalam satu jam. Hal ini dikarenakan pabrik ini menggunakan mesin yang sangat cepat dan hanya sedikit sekali melibatkan tangan manusia. Sehingga kebersihan dan kualitas produknya dijamin! Walaupun hanya sedikit melibatkan tangan manusia, pabrik ini tetap mengutamakan keselamatan kerja. Sebelum bekerja pegawai diharuskan memeriksa perlengkapan keselamatan kerjanya untuk meminimalisasi kecelakaan kerja yang mungkin terjadi. Beberapa kali, pabrik Aqua mengadakan latihan menghadapi bencana yang melibatkan seluruh pekerja.

Banyak banget sih botol Aqua yang diproduksi, enggak akan habis airnya?

Airnya tentu akan habis jika tidak dijaga dengan benar dan tidak mengikuti prosedur produksi yang sudah ditetapkan pemerintah. But, kamu enggak usah khawatir, produksi air minum dalam kemasan yang dilakukan oleh Aqua tidak akan menghabiskan air karena perusahaan berkomitmen untuk menjaga sumber air dengan melakukan konservasi dan tidak menggunakan air permukaan ataupun air tanah dangkal melainkan menggunakan air tanah pada lapisan terdalam. Selain untuk menjaga debet air, hal ini dilakukan juga untuk menjaga kualitas air yang diproduksi. FYI, air permukaan seperti sungai, sumur dan danau memiliki bakteri yang lumayan banyak!

Dalam kunjungan ini, kami tentunya tidak hanya dibekali oleh ilmu seputar produksi Aqua, tapi ada juga informasi lain seputar CSR yang mereka lakukan. Aqua memiliki segudang CSR di sekitar Plant Cianjur berada, yang paling menarik hati saya adalah Hipoci (Himpunan Petani Organik Cianjur) yang bisa kamu temukan detailnya di sini hipoci.com. Hipoci membuat saya bahagia, kenapa? Karena Aqua bisa menuntun para petani ini untuk menjadi petani yang modern dan peduli lingkungan. Enggak cuma itu lho, mereka juga sudah sukses banget menjadi petani yang sudah menjual hasil panennya ke berbagai tempat di Indonesia, termasuk aku yang sekarang jadi ketagihan sama rasa beras organik Ciherang dari Hipoci. Sebagai isteri orang yang setiap hari memasak beras untuk kebutuhan makan di rumah, aku cukup terkesima. Beras yang saya coba beli di sana ketika dimasak warnanya biasa saja, malah tidak putih. Pas matang, beuh warnanya herang pisan alias putih banget! Menunjukkan bahwa itu adalah beras yang putihnya tidak menggunakan pewarna. Mau coba bisa kamu temukan detailnya dan kontak Hipoci di sini hipoci.com.

Beras favorit. Credit: donnaimelda.com


Oh iya, Aqua juga berusaha untuk menunjukkan apresiasi untuk insan pers dan pegiat media sosial atas kontribusinya memberikan karya yang inspiratif bagi masyarakat untuk kelestarian air dan lingkungan yaitu Anugerah Jurnalistik AQUA (AJA). Ikuti di sini yuk http://www.aqua.com/anugerahjurnalistik

PS: All images retrieved on Oct 15

3 komentar:

  1. wah wah jalan-jalannya seru yah, aku juga merasa beda aja kalau jalan-jalan luar kota ke pabrik pula terus kunjungan ke komunitas petani kayak gitu!!! pengalaman++ deh :D

    BalasHapus
  2. Ahhh.. Cianjur kota kelahiran saya, iri jadinya saya belum pernah kesana..

    BalasHapus
  3. Aih, Aqua..
    mengingat dulu pernah bekerjasama dengan CSR nya..
    Seru. Aqua punya komitmen lebih membangun bangsa...

    BalasHapus

Wanna say something?
The comment is yours