Selasa, 16 Januari 2018

Menghilangkan Jerawat Tanpa Skincare

Hello guys, welcome back to my beauty blog post  ditimpuk karena belaga vlogger. Jadi, aku mau share pengalaman menghilangkan jerawat tanpa skincare. Bisa jerawat yang baru muncul atau yang sudah bengkak dan radang (bahasa inggrisnya imflamed acne). Blogpost ini murni merupakan pengalaman aku, kalau ada brand yang aku sebut di bawah, semuanya dibeli dengan uang sendiri tanpa adanya endorsement atau pembayaran.


Beberapa minggu lalu, jerawat aku tumbuh subur seperti layaknya tanaman toge yang didiamkan dalam air semalaman. Tahu-tahu, jerawat muncul di pipi dan di jidat. Padahal, I don't change my skincare atau gimana-gimana. Selama 17 tahun aku hidup di dunia ini, jerawat di pipi itu baru terjadi kemarin. Seumur-umur, beneran baru kemaren banget, lho. Kalau di jidat itu udah langganan lah tiap akan datang bulan. Tiap menjelang datang bulan dia akan bertengger di situ. Semua ini aku record di akun sosmed aku, bisa mampir kalau mau ya ke IG atau Hypstar. Dan ketika aku jerawatan, atau menemukan anomali aneh di kulit, begini caraku mengatasinya.

1. Drink a Lot
I believe that hidration is the key of beautiful skin. Salah satu skincare yang wajib kamu pakai setiap hari adalah pelembap. Nah, air fungsinya hampir sama kaya pelembap untuk melembapkan kulit, tubuh plus memperbaiki metabolisme. Dan sejujurnya, mau kamu pakai pelembap segalon tapi enggak minum air, itu percuma. Karena kulit bakal kering. Selain itu, air juga membantu membersihkan tubuh dari toksin dan hal buruk lainnya. Kalau aku jerawatan padahal enggak ada hal yang salah, I will start to cure it with water.

2. Less Sugar
Gula bagus buat kulit kalau dijadiin scrub, tapi kalau kamu minum minuman manis, makan cake tiap hari, duh, enggak disaranin deh apalagi kalau lagi jerawatan. Kandungan glukosa yang tinggi dalam tubuh bisa bikin jerawat bermunculan. Dan cara untuk menghilangkannya adalah minum air putih yang cukup setiap hari dan puasa makan dan minum manis.

3. Less Fat and Dairy
You are what you eat. Dulu pas masih muda kinyis-kinyis, aku beneran enggak percaya pas dokter bilang ke sodaraku untuk mengurangi jerawat dengan enggak makan atau minum sesuatu yang fatnya banyak dan minum susu. Terus dokternya bilang ke sodaraku kalau dia enggak boleh makan cokelat, es krim, minum susu, milkshake dan bikin list yang semuanya merupakan hal yang aku sukain banget. I hate it. Beneran deh, aku bilang sama sodaraku "Boong, enggak ngaruh. Aku aja baik-baik aja." Ternyata setelah usia ku 17 tahun lebih lebihnya banyak ya ini wkkw semua hal itu jadi nyata. Once I drink and eat too many fat and dairy, jerawat bermunculan dengan bahagia. Jadi setiap jerawatan, aku berhenti makan gorengan dan minum susu beserta kawan-kawannya.

4. Sleep
Tidur adalah hal yang penting dalam menjaga fungsi organ kamu. Kalau tidur kacau kebanyakan begadang, biasanya badan bakalan cape dan yang paling keliatan di wajah adalah dark circle. Kabarnya menurut buku yang aku baca, fungsi hati sebagai pembuang toksin pun akan terganggu sehingga kalau kurang beruntung jerawat akan menghampiri. Dulu sih sebodo amat ya soalnya karena kerjaan. Cuma kadang sekarang susah tidur karena stres melanda. Stres macam, aduh anak belum tidur karena sakit. Aduh listik bulan ini banyak banget. Dan semacamnya.

5. Jangan Stres!
Stres itu adalah sumber penyakit. Catatan dinas kesehatan membuktikan lah jadi jurnal formal wkwk bahwa stres membuat tubuh lemah. Penyakit kanker dan penyakit serius lainnya bisa diakibatkan oleh stres, lho. Stres menyebabkan masalah kulit semakin parah. Beberapa ada yang jadi jerawatan, gatal-gatal dan sebagainya. Kalo kamu sampe jerawatan gara-gara stres, hal ini diakbibatkan meningkatnya hormon kortisol yang menyebabkan jerawat di wajah atau tubuh. Selain itu, stres juga bikin susah tidur jadinya my troubles are double. Dan aku akuin, kalo ada pikiran biasanya tidurnya jadi sembarangan. Jam 3 baru tidur, jam 5 udah bangun lagi.

6. Drink Vitamin
Karena jerawat yang datang bukan dikarenakan faktor outside tapi dari inside, biasanya aku akan mulai dengan minum vitamin harian untuk menyehatkan badan dan biar enggak gampang sakit. Selain itu, kalau tubuh sehat biasanya jerawat bakalan berkurang. Jerawat yang terjadi sama aku kebanyakan adalah merah-merah bengkak gitu dan ibarat kulit yang sakit, jadi kalau mau sembuh badannya yang harus sehat. Aku biasanya minum multivitamin biar langsung all in one. Kalau ke dokter biasanya akan diberi obat juga, kok. Cuma mostly vit C dan E, ya.

7. Drink Juice without Sugar
Selain minum vitamin, water daily intake diperbanyak, aku juga minum jus yang bagus buat release toksin yang diakibatkan karena stres dan kawan-kawannya. Aku biasanya minum coldpressed juice yang bener-bener tanpa gula tapi rasa buahnya masih manis, favorit aku Beet That dan Asian Green dari Re.Juve atau Sweet Green dari Naked Pressed. Semuanya mostly mengandung buah dan sayuran yang dikenal bagus untuk recovery. Kalau mau bikin di rumah juga bisa banget lho, cuma jangan pake gula, inget untuk no sugar selama beberapa hari sampai jerawat sembuh.

8. Eat Healthily
Makan makanan sehat, more veggies and more fruits bakalan bikin jerawat kamu jadi kempes, stress berkurang dan badan entengan. Kalau masalah makanan, sebenernya aku makan banyak serat dan buah. Cuma karena penyebabnya adalah stres yang meperburuk keadaan kulit, aku imbangin dengan ngurangin gorengan dan makan lebih banyak fiber daripada biasanya buat detoks. Kalau buat salad, jangan pake mayo dan baiknya jangan pakai telur dulu biar cepet ilangnya jerawat yang menganggu.

And FYI, detoks skincare itu tidak terjadi di kulit ya, detoks hanya terjadi di dalam pencernaan kamu dan akan berefek pada seluruh tubuh termasuk kulit. Jadi, kalau masalahnya "Kenapa skincare aku udah semuanya buat jerawat, udah bagus banget tapi masih jerawatan?" yang harus dibersihin bukan cuma kulitnya, tapi tubuhnya juga, ya. Kalau misal selama skincare-an terus jadi muncul jerawat dibilang detoks itu masa penyesuaian atau purging yang paling lama terjadi selama 21 hari. Lebih dari 21 hari, kulit kamu gak cocok. Kalau hal ini terjadi, dianjurkan sekali untuk stop dan mengganti dengan yang lain.

Setelah melakukan 8 step di atas, biasanya hari ke 4, kalau enggak parah-parah banget jerawat bakal kempes. Sebenernya, kalau tubuh kamu sehat enggak stress tapi drink more water, juice, eat less sugar and fat plus skipping diary, ada jerawat satu dua biji kalau minum juice buah bit, bakal kempes. Soalnya buah bit ini dikenal sebagai anti oksidan dan bagus untuk imunitas beberapa penderita kanker pun melakukan terapi buah bit agar cepat sembuh. Cuma rasanya kaya tanah karena ini adalah umbi. Untungnya, aku minum yang sudah menjadi jus yang rasanya lebih enak. Selain bit, aku juga minum jus kale yang merupakan superfood dengan banyak manfaat.

Kemaren jerawat aku rada parah dan banyak, dia baru hilang setelah 7 hari setelah aku melakukan step-step di atas. Padahal, aku sama sekali enggak mengganti skincare. Aku enggak pake obat jerawat dan skincare yang dipakai adalah range untuk anti aging. So it works guys, 7 hari tanpa obat jerawat tanpa dipencet adalah jerawat yang tanpa bekas. Ntap!

Nah, itu aja sharing aku kali ini untuk menghilangkan jerawat tanpa skincare. Semoga bermanfaat dan relatable ya. Keep in touch!

Thanks,
M~

17 komentar:

  1. Jerawat bisa hilang dengan uap nasi yang panas mitos apa beneran, sih?

    BalasHapus
  2. Whuaaa no.7 itu susyah mba
    Menurutku ga enak jus tanpa gula hihihi

    BalasHapus
  3. Nice tips banget, mba Dew...
    Aku selalu ngerasa kalau badan ini baik-baik saja, gak ada yang salah...tapi ternyata reaksi tubuh gak bisa boong.

    Kalo gak ke pencernaan yaa...ke wajah.

    Huuhuu...
    Ternyata dari stres yaa, mba Dew...sama kurang minum paling niih....bermasalah banget.
    karena tinggal di daerah dingin, jadi aga males minum.

    BalasHapus
  4. astaga poin nomor 3 dan itu sangat tidak aku sukai
    karena untuk orang yang bekerja, poin itu untuk kesegaran dan poin 5 susah dihindari ya

    BalasHapus
  5. kalau aku ada tambahannya mbak, jangan lupa bersihin muka sebelum tidur. kalau sekali aja lupa, maka bersiap2 lah si Miss Je bakal nongol keesokan harinya

    BalasHapus
  6. Bener banget mengubah gaya hidup sehat bisa mengusir jerawat, dokterku selalu bilang "percuma kamu pakai krim macem-macem kalau kurang minum air putih, masih makan dna minum yang manis-manis, jerawat nggak bakalan hilang,"

    BalasHapus
  7. Wah. Mantap nih tipsnya. Perlu kucatat, sebagai orang yang terkena inflamed acne (typo tadi kayaknya Teh Dewi), ya aku sempat males ngurus muka. Or kesimpulan terakhirnya, yaa.. kita lihat aja apa yang terjadi ke depan dengan mukaku. Satu-satunya skincare yang aku punya hanyalah sabun muka. Agak kurang sreg gitu pake ibat jerawat, bau sulfur yang menyengat bersifat tidak baik untuk hidungku. Arrgghhh.

    Mungkin, baiknya tidur berapa jam ya kak untuk kesehatan muka? Jam tidurku sering tidak teratur nih sebagai orang yang bertugas di bidang eksehatan. Ohya, mungkin bisa kali ya, dibikin diet jerawat. Hahahahahs.

    BalasHapus
  8. minum air putih yang banyak ternyata bagus juga ya untuk menghilangkan jerawat. Tapi, masalah makanan harus beneran dijaga tuh. kaka saya gara gara makan kacang kacangan malah makin banyak jerawatnya serem juga.

    dengan waktu tidur yang cukup akan menjaga kesehatan tubuh serta terhindar dari jerawat baru tau saya.

    BalasHapus
  9. Wah bener tuh mba, harus banyak minum kayaknya. Aku termasuk yang sering minum, biasanya 1,5 liter perhari. Jadi kalau ada jerawat, yang biasanya karena debu kalau jalan ke jekardah naik kereta gejag gejug trus beraktivitas di lingkungan polusi jekardah, pulang ke Bogor malam, ada tuh nyempil satu. Besoknya or dua hari ilang sendiri. Gak pernah jadi besar banget.

    Pernah dulu iseng pake obat2 jerawat malah kulit alergi jadi jerawat ilang tapi berbekas. Jadi antara jerawat dan kulit juga sangat erat hubungannya. detoks skincare juga pastinya membuat itu lebi baik.

    BalasHapus
  10. dulu waktu SMP saya jerawatan parah
    suka mencetin sampai wajah bolong
    waktu SMA malah ga ada jerawat..padahal ga perawatan
    sekarang rajin scrub, maskeran dan ke klinik lumayan wajahnya udah ga bolong bolong banget
    tp memang sih faktor makanan mempengaruhi ya

    BalasHapus
  11. Jadi intinya, kita perlu membiasakan hidup sehat ya, Teh. Banyakin minum air putih, kurangi makanan berlemak, no stress dan cukup istirahat.
    Tanpa kosmetik, kulit pun sehat.

    BalasHapus
  12. Tapi ada juga sebagian org mank gak tahu apa penyebabnya muncul. Ketika di obatin malah bertambah parah. Ikutin promo obat jerawat. Eh malah gk cocok di kulit. Org gk jrwat, mau apapun di makan tetap gk bakal jerawat...
    Itu menurut amatan ku.

    BalasHapus
  13. Buat yang jerawatan ...kudu rajin bersihin muka loh... Ga bisa dibiar2rin.. banyak minum juga hukumnya wajib..he2

    Tapi kan ada skincare juga kaya gin

    BalasHapus
  14. Aku kalau begadang pasti banyak muncul jerawatan huhuhuhuhuhu..
    Yess karena kukit yg sehat enggak leopas dari gaya hidup sehat

    BalasHapus
  15. kesalahan terbesar aku bikin jerawat makin subur itu gara-gara masih sering begadang huhu.. bener banget ya teh faktor kesehatan tubuh dan kebiasaan pola hidup kita juga mempengaruhi pertumbuhan si jerawat yang membandel..

    BalasHapus
  16. Intinya jaga makanan dan kesehatan ya mbak, mantab itu, penjelasannya juga detail jadi jelas harus ngapain aja.

    Go kulit sehat go

    Go cantik go

    Hihi

    BalasHapus
  17. Banyaknyang harus dipatuhi kalo bener bener ingin ngejaga kesehatan lahir batin. Pernah nyobaon seminggu gaya hidup sehat kaya gini kak. Tapi tak bisa rutin karena kerjaan. Duh kapan bisa nempel ke jadwal yak. Ngga berani dijadiij resolusi karena pasti berantakan banget

    BalasHapus

Wanna say something?
The comment is yours