Sabtu, 19 Mei 2018

Milna Nature Delight: Makan Buah dan Sayur Jadi Gampang

Dipikir-pikir drama ibu-ibu itu banyak ya, enggak cuma berhenti pas di ASI seret, persalinan dengan operasi namun ada lagi masalah lainnya. Biasanya masalah ini dimulai saat si Kecil mulai makan makanan pendamping ASI: makan sayur dan buah.

Kebanyakan anak-anak susah makan buah dan sayur, anakku enggak. Dia suka banget wortel dan buah-buahan, even kadang minum jus buah beet yang rasanya nganu aja dia semangat 45. Kalau buat case saya yang di rumah segala serba sendiri dan kadang cape buat nyiapin segala macem, saya kadang enggak ada waktu buat nyiapin makanan yang basenya banyak ke buah dan sayur. Kalaupun mau beli buah dan sayur rasanya, susah banget. Karena pasar tradisional di Depok ini, mohon maaf, rada kotor. Mau beli ke pasar Lenteng Agung atau Pasar Rebo, dalah, jauh, paling sesekali aja. Sementara buah itu harus segar kan, enggak bisa kaya daging atau lainnya. Kalau ke supermarket harganya selangit.

Sebagai konsumen Kalbe Nutritionals sejati, tsah elah, secara semua kebutuhan kesehatan ini aku dapetnya biasanya via Kalbe Store kan, saya kemaren nemu produk baru dari MILNA Ahlinya Makanan Bayi  yaitu Milna Nature Delight. Sebagai produk baru, aku kurang familiar sama item ini. Cuma kalo di Kalbe Store, semua produk ini deskripsinya jelas banget, kan. Jadinya aku langsung ngeh kalau Milna Nature Delight ini adalah alternative makanan bayi terutama sayuran dan buah! As described on Kalbe Store website: Milna Nature Delight 100% buah Asli, Tanpa Bahan Pengawet, Tanpa Penambahan Gula, melalui proses Advanced Pasteurization Technology. Nah pas aku coba, suer beneran deh rasanya buah asli banget. Dan tanpa ribet. Ya tentu tanpa ribet, karena tinggal ambil dari kulkas dan dimakan. Aku sih simpen di kulkas ya biar seger-seger gimana gitu. Dan Alma sukanya dimakan dalam suhu yang sejuk.



Alasan kenapa aku berusaha untuk menambah asupan buah dan sayur buat Alma karena menurut data, masyarakat Indonesia tergolong kurang makan sayur dan buah. Data Riset Kesehatan Dasar tahun 2013 lalu menyebutkan bahwa 93,5% penduduk berusia di bawah 10 tahun, tidak mengonsumsi sayur dan buah sesuai anjuran. Padahal, konsumsi sayur dan buah, sangat penting untuk gizi seimbang Si Kecil. Aku enggak mau Alma kekurangan sayur dan buah. Selain itu, pembiasaan dari kecil, menurut aku pribadi penting karena kalau enggak dibentuk dari kecil bakalan susah menyesuaikan sama keadaan setelah dewasa.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) secara umum menganjurkan anak balita dan anak usia sekolah untuk mengonsumsi sayur dan buah sebanyak 300-400 gram per orang per hari dan remaja hingga dewasa sebanyak 400-600 gram per orang per hari. Sekitar dua-pertiga dari jumlah anjuran konsumsi tersebut disarankan dalam porsi sayur. Sayur dan buah memang bukan makanan favorit kebanyakan anak-anak pada umumnya, kejadian ini enggak cuma di Indonesia, namun di negara lainnya juga. Salah satu alasannya adalah rasa pahit atau asam pada buah dan sayur yang disebabkan oleh kandungan vitamin C dan serat. Rasa pahit adalah rasa yang asing bagi anak-anak, atau bisa dibilang kurang disukai. Rasa manis dan asin lebih disukai karena konon sama dengan rasa ASI. Hal ini ngejelasin banget kenapa Alma suka banget makan sayuran dan buah yang manis kaya wortel, manga dan kawan-kawannya.

Dr. dr. Conny Tanjung, Sp.A(K) menjelaskan bahwa “Mengenalkan buah dan sayur untuk Si Kecil perlu dilakukan, karena keduanya mengandung karbohidrat, vitamin, mineral dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Berbagai penelitian meta-analisis telah menunjukkan manfaat positif sayur dan buah untuk mencegah dan menurunkan insidens obesitas dan penyakit degeneratif kronis seperti penyakit jantung koroner, diabetes melitus, kanker, dan lain-lain.  Meskipun sayur dan buah memliki peran yang cukup penting, tetapi untuk anak, khususnya di saat mulainya pemberian MPASI, perlu diketahui beberapa batasan pemberian sayur dan buah, karena di saat ini dibutuhkan makanan padat energi untuk menunjang pertumbuhan yang pesat.  Belum ada acuan kecukupan serat pada bayi di bawah usia 1 tahun, namun berbagai penelitian membuktikan bahwa paparan terhadap sayur dan buah secara berulang membuat penerimaan terhadap sayur dan buah menjadi lebih mudah di masa selanjutnya.”

Milna Nature Delight adalah fruit puree dalam kemasan pouch yang terbuat dari 100% buah asli dengan 3 varian rasa. Rasanya apa aja? Rasanya favoritos anak-anak, terdiri dari:
1.       Milna Nature Delight Apple, Pumpkin & Carrot 80gr
2.       Milna Nature Delight Apple & Peach 80gr
3.       Milna Nature Delight Nature Apple, Banana & Strawberry 80gr

Harganya murah kok, Rp 15rb per pouch, dan beruntung banget nih harganya lagi diskon di Kalbe Store jadi Rp 9.9rb!




Oh iya, aku dapet ilmu baru yang mau aku share sama kalian mengenai pentingnya 1st BITE DAY atau MOMEN MAKAN PERTAMA Si Kecil dengan makanan pendamping ASI (MP-ASI) berupa meal dan snack yang seimbang dan bergizi bagi tumbuh kembang Si Kecil. Hal ini adalah kampanye rutin yang diadakan Milna untuk mengedukasi orangtua. Jadi, makanan anak atau meal sebaiknya terdiri dari lauk pauk hewani atau nabati dan makanan pokok lainnya yang menghasilkan energi dan mampu menjaga kekebalan tubuh, sementara makanan ringan atau snack sebagai makanan pendamping, sebaiknya kaya akan vitamin dan mineral. Sebagai Ahlinya Makanan bayi, Milna juga memahami bahwa pemberian MPASI yang optimal bukan sekadar APA yang harus dipersiapkan untuk memenuhi Angka Kecukupan Gizi Si Kecil, tetapi juga KAPAN, karena jika kebutuhan akan zat gizi tidak terpenuhi dengan baik pada waktu yg tepat, maka tumbuh kembang anak akan kurang optimal. Idealnya, pemberian MPASI diawali dengan meal yang boleh diikuti dengan pemberian snack 1-2 kali sehari. Jadwal pola makan untuk anak usia 6 sampai 8 bulan terdiri dari 2x meal dan 2x snack dan seiring dengan bertambahnya usia Si Kecil, frekuensi dan porsi pemberian meal dan snack juga akan bertambah sehingga untuk anak usia 10-12 bulan, sudah boleh diberikan 3x meal dan 2x snack.

Helly Oktaviana, Business Unit Head Nutrition for Infant and Baby, Kalbe Nutritionals berharap bahwa orangtua memahami pengaturan jadwal makan Si Kecil serta memperkenalkannya dengan berbagai rasa baru sejak dini, agar  Si Kecil bisa cepat akrab dengan buah dan sayur sehingga zat gizinya seimbang dan terpenuhi dengan baik. Milna Nature Delight hadir sebagai solusi untuk Bunda dalam mempersiapkan snack dengan mudah dan praktis, serta solusi bagi Si Kecil untuk bisa menikmati snack sehat.

Kalau ibu-ibu sekalian butuh info mengenai MPASI, atau mau tanya sama Milna mengenai pertumbuhan anak, bisa langsung cek ke akun sosmed dan website mereka di:
Facebook: MilnaID
Twitter: @BundaMilna
Instagram: @milnaid



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Wanna say something?
The comment is yours