Senin, 23 April 2018

Merencanakan Liburan untuk Musim Liburan Mendatang

Untuk pergi berlibur, idealnya memang sudah merencanakannya jauh-jauh hari. Selain bisa meluangkan waktu di tanggal yang sudah ditentukan, kamu bisa mencari tiket pesawat dengan harga yang lebih murah, dengan jarak perencanaan dan tanggal keberangkatan yang jauh, kamu juga bisa menabung untuk biaya liburan.

Ada banyak tips yang harus kamu ketahui sebelum merencanakan liburan, termasuk harus tahu dengan hari-hari long weekend yang ada. Dengan memanfaatkan hari libur nasional, cuti kerjamu bisa dipakai di waktu yang lain. Berikut yang harus diperhatikan saat merencanakan liburan:

Bentuk Tim


(foto:Albrecht Fietz )

Biasanya kamu akan memilih berlibur bersama teman atau keluarga daripada sendirian. Jika akan berangkat bersama sahabat dengan jumlah yang melebihi lima orang, ada baiknya kamu membentuk tim kecil untuk mendiskusikan mengenai rencana perjalanan kalian.

Dengan membentuk tim kecil, tidak ada perorangan yang dibebankan begitu saja untuk mengurus liburan bersama. Namun jika harus melibatkan semua orang, biasanya diskusi akan berjalan alot, karena itu lah idealnya dibentuk tim kecil untuk membahas rencana awal untuk pergi berlibur bersama.

Rencanakan Jauh-Jauh Hari

(foto:congerdesign)

Untuk pergi berlibur memang sebaiknya merencanakan dari jauh-jauh hari, sehingga kamu memiliki waktu yang cukup untuk melakukan pencarian tiket pesawat dengan detail. Pemesanan jauh hari juga memberikan banyak pilihan jadwal penerbangan yang lengkap dan juga penawaran harga yang bisa jadi lebih murah.

Dengan jarak waktu keberangkatan yang cukup panjang, kamu bisa mengatur jadwal cuti dari pekerjaan. Sebelum berangkat berlibur pun, ada baiknya kamu telah menyelesaikan semua tugas, sehingga tidak akan membebani selama berlibur. Tak mau dong liburan yang tujuannya untuk menghilangkan stress justru masih harus kepikiran soal pekerjaan?

Manfaatkan Liburan Long Weekend

Salah satu tips penting untuk merencanakan perjalanan liburan tentunya dengan memanfaatkan long weekend libur nasional. Untuk 2018 ini masih menyisakan tiga long weekend yang bisa kamu pakai untuk traveling tanpa harus m
enggunakan jatah cuti yang ada.

Seperti pada 1 Juni 2018 yang merupakan Hari Lahir Pancasila yang bertepatan dengan hari Jumat, kamu bisa memanfaatkannya untuk berlibur singkat selama setidaknya tiga hari tanpa cuti. Dengan waktu yang ada, cukup untuk memilih destinasi liburan dalam negeri maupun negara-negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura yang memang hanya perlu waktu tidak lebih dari dua sampai tiga jam perjalanan pesawat.

Masih ada juga 17 Agustus 2018, Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang juga bertepatan dengan hari Jumat. Karena long weekend ini terhitung masih cukup jauh, kamu bisa merencanakannya dari sekarang.

Libur hari raya Natal tahun ini jatuh pada hari Senin dan Selasa, 24 dan 25 Desember 2018. Dengan libur yang cukup panjang ini, kamu bisa merencanakan liburan dengan lebih banyak pilihan tujuan.

Tentukan Lokasi Liburan


(foto:congerdesign)

Cari tiket pesawat dan memesannya setelah kamu menentukan kota apa dan tempat mana saja yang akan kau kunjungi nantinya. Setelah memilih kota tempat tujuan, buat itinerary selama perjalanan agar waktu yang dimiliki tidak terbuang sia-sia. Kamu juga perlu melakukan riset pencarian mengenai destinasi wisata yang ingin dikunjungi. Namun jangan sampai membuat jadwal yang terlalu padat dan justru membuat kamu tidak bisa menikmati liburan.

Menghitung Budget Liburan



(foto:Steve Buissinne)

Hal penting lainnya sebelum pergi berlibur tentu saja adalah menghitung pengeluaran yang dibutuhkan. Mulai dari transportasi, hotel, biaya makan, hingga budget untuk belanja di tempat wisata tujuan. Dengan menghitung biaya liburan ini salah satunya mencegah kamu melakukan pengeluaran jauh di atas anggaran yang sudah direncanakan. Jangan sampai pulang berlibur justru membuatmu harus menghutang kanan dan kiri.

Dengan melakukan perencanaan yang matang, tentunya kamu akan lebih tenang selama perjalanan liburan. Segera rencanakan liburanmu dari sekarang!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Wanna say something?
The comment is yours