Kamis, 14 Desember 2017

Rahasia yang Wajib Kamu Ketahui Agar Makeup dan Peralatannya Lebih Tahan Lama


Bermakeup merupakan salah satu kegiatan yang sering dilakukan para wanita untuk meningkatkan penampilannya. Selain itu dengan menggunakan make up juga dapat digunakan untuk menutupi kekurangan pada wajah misalnya seperti flek hitam, bekas jerawat, pipi tembem, hidung pesek atau lainnya. Dengan beberapa trik dan teknik yang tepat merubah wajah menjadi lebih cantik menggunakan make up bukanlah hal yang sulit. Bahkan para pakar make up yang benar-benar telah ahli bisa menyulap wajah seorang wanita dengan hasil yang berbeda 180 derajat.


Tetapi yang sering menjadi dilema pada setiap perempuan adalah waktu yang panjang saat bermakeup tidak sepadan dengan kondisi sempurna makeup. Maksudnya disini adalah cuaca panas kemudian keringat yang mengucur ataupun kondisi kulit yang berminyak secara berlebihan ternyata mampu membuat makeup tidak bisa bertahan lama. Secara otomatis hal tersebut mengharuskan kamu untuk sering-sering touch up. Tetapi selain dari itu ada cara lain yang dapat kamu lakukan supaya makeup lebih tahan lama. Berikut ini beberapa teknik makeup tahan lama yang dapat kamu lakukan yaitu:

  1. Bersihkan wajah
Pertama sebelum melakukan tahapan dalam proses makeup kamu harus pastikan terlebih dahulu keadaan wajah yang bersih. Ada baiknya kamu mencuci wajah terlebih dahulu supaya minyak dan juga kotoran lain pada wajah dapat terangkat semua. Selain itu juga kamu bisa memanfaatkan sabun cuci muka yang mempunyai kandungan khusus supaya dapat mengurangi produksi minyak pada wajah.

  1. Memanfaatkan pelembab
Dalam pemakaian moisturizer atau pelembab tidak ada pembeda dari masing-masing jenis kulit baik itu kering, berminyak ataupun normal. Kamu bisa menggunakan pelembab dari produk berkelas too faced yang telah dipercaya mempunyai kualitas bagus dan aman. Dengan memanfaatkan pelembab lapisan kulit tidak akan memproduksi minyak secara berlebih yang dapat menyebabkan makeup tidak tahan lama.

  1. Menggunakan primer
Fungsi utama primer yang dapat menjaga makeup bertahan lebih lama ternyata dapat kamu manfaatkan. Khususkan pemakaian pada daerah T wajah yang banyak mengandung minyak atau menghasilkan banyak keringat.

  1. Hindari pemakaian concealer
Banyak yang mengatakan bahwa penggunaan concealer pada mata dapat membuat makeup semakin tidak bertahan lama. Dalam hal ini tentu saja harus kamu perhatikan, cari produk kosmetik lainnya yang dapat menjadikan makeup khususnya pada bagian mata yang lebih tahan lama.

  1. Batasi pemakaian bedak
Menggunakan bedak yang terlalu banyak memang dapat menutupi berbagai kekurangan pada wajah salah satunya adanya flek hitam. Padahal pada kenyataannya pemakaian yang secara berlebihan dapat merangsang pori-pori dan secara otomatis mengeluarkan lebih banyak minyak pada wajah. Kamu bisa menggunakan bedak formula yang matte dan transparan pada area wajah berkilau.

  1. Siapkan kertas minyak
Jangan pernah lupakan penggunaan kertas minyak pada berbagai aktivitas kamu, hal ini dapat mengurangi produksi minyak yang dapat menyebabkan makeup tidak tahan lama. Kamu bisa menekannya secara perlahan pada wajah yang memproduksi minyak terlalu banyak.

  1. Pemilihan produk makeup tepat
Setiap jenis kulit mempunyai karakteristik makeup yang berbeda-beda, maka sebelumnya kamu harus menentukan makeup yang tepat terlebih dahulu. Kamu bisa menggunakan produk dari too faced yang merupakan produk luar negeri yang telah dipercaya beberapa masyarakat dengan kualitas yang terbaik. Tidak perlu memikirkan harga yang terlalu mahal yang paling penting tingkat kecocokan pada wajah dan juga kualitas dari kosmetik itu sendiri saat digunakan.

Berbagai jenis kosmetik dapat dikatakan sebagai aset yang berharga bagi seorang wanita, makanya mau tidak mau harus melakukan perawatan dengan baik. Selain dapat membuat kondisi makeup tetap baik cara merawat dan menyimpan dengan tepat juga dapat membuat kosmetik terhindar dari berbagai bakteri jahat yang berbahaya. Karena peralatan rias yang tidak terawat akan berpengaruh besar pada hasil riasan yang dilakukan setiap harinya, terutama pada kondisi wajah. Seperti yang diketahui bahwa bakteri dapat membuat wajah berjerawat dan masalah kulit lainnya.

Masih bingung melakukan pemeliharaan peralatan makeup yang tepat seperti apa? Berikut ini akan dibagi mengenai cara merawat dan juga menyimpan kosmetik dengan baik yaitu:

  1. Brush
Tidak jarang wanita menggunakan brush sebagai alat bantu pengaplikasian makeup pada wajahnya. Dalam hal ini kamu bisa melakukan perawatannya dengan cara mencuci menggunakan shampo lalu bilas menggunakan air hangat sampai benar-benar terlihat bersih. Kemudian kamu bisa memerasnya pada bagian kuas dengan handuk dan biarkan kering dengan sendirinya. Umumnya untuk kondisi lebih baik bisa menggunakan plastik untuk tempat setelah menggunakannya.



  1. Spons
Dalam pemakaian bedak lazimnya selalu menggunakan spons, karena ini merupakan salah satu kegiatan rutin jadi jangan sampai kamu lalai dan lupa untuk tidak membersihkannya. Kamu bisa mencuci spon sampai dengan benar-benar bersih menggunakan rendaman air hangat. Setelah beberapa waktu kamu bisa membersihkan dengan menggunakan air bersih yang mengalir.

  1. Penjepit bulu
Tidak banyak yang menyadari bahwa sisa maskara yang menempel pada bulu mata dapat menyebabkan bakteri berkembang dan mengakibatkan terjadinya iritasi pada mata. Untuk membersihkan alatnya lakukan minimal 2 kali dalam 1 bulan. Di samping itu kamu tetap harus melakukan pembersihan rutin setelah menggunakannya dengan kapas dan juga toner.

  1. Sisir
Alat yang wajib untuk dilakukan pembersihan secara rutin selanjutnya adalah sisir. Seperti yang diketahui bahwa sisir mempunyai kandungan minyak, debu atau kotoran lainnya setelah digunakan. Untuk cara membersihkannya cukup mudah yaitu kamu bisa merendamnya menggunakan air hangat selama kurang lebih 10 menit dan menyikatnya supaya bakteri terangkat.

  1. Tempat makeup
Bagi orang yang sering melakukan aktivitas diluar ruangan seperti mereka yang bekerja pada bidang entertainment atau hiburan lainnya tentu selalu membawa alat makeup kemana saja. Nah, kamu harus memperhatikan tempat yang sering digunakan untuk menyimpan semua investasi wanita tersebut. Bersihkan secara rutin sesuai dengan bahan tempat kosmetik, jika perlu ganti dalam setiap periode untuk mengurangi munculnya jamur pada tempat tersebut.

Jika sering memakai makeup setiap harinya, penting juga untuk melakukan perawatan wajah secara rutin. Tidak jarang kegiatan pembersihan sisi riasan setiap harinya kurang maksimal yang dapat menyebabkan masalah kulit wajah muncul, misalnya seperti jerawat, komedo atau lainnya. Kamu bisa melakukan masker atau facial wajah secara periode. Untuk facial sendiri minimal dilakukan sebulan sekali, kalau untuk masker bisa melakukan setiap hari atau setiap minggu.

Selain alat dan makeup yang mempunyai kualitas yang baik kamu juga harus memilih melakukan perawatan wajah yang bagus. Sekarang ini banyak klinik kecantikan yang menawarkan berbagai perawatan menarik, seperti masker coklat, emas atau lainnya. Memang tidak memerlukan biaya yang sedikit tetapi dapat membuat wajah selalu sehat dan cerah. Jika memang tidak menginginkan untuk mengeluarkan biaya yang banyak bisa melakukan perawatan menggunakan bahan-bahan alami.


Cek koleksi brand Too Faced di Bobobobo : https://www.bobobobo.com/id/brand/too-faced

18 komentar:

  1. Istriku pake makeup dalam satu tas itu boleh ga sih? Kirain makeup tuh habis pake simpen, ternyata perlu dirawat juga yah

    BalasHapus
  2. aku nih angin-anginan urusan bersihin wajah. Kadang rajin banget.. kadang malas. Terus gantinya concealer apa dong, buat menyamarkan lingkaran hitam di bawah mata?

    BalasHapus
  3. iyah, kalau pakai makeup suka nggak tahan lama, apalagi di kondangan, suka muda luntur karena keringat,makasih tipsnya yaaa

    BalasHapus
  4. Mau cantik memang PR ya
    Make upku msh yg sederhana. Yang penting buat kulit wajah gak kering sama rajin2 bersihin alat make up biar tetep sehat

    BalasHapus
  5. kayaknya aku satu satunya wanita yang gak ngerti bedanya brush makeup sama kuas buat pemulas pipi. kayaknya liat seleb gitu kuasnya sampe berjajar di pouch. aku paling cuma punya kuas buat perona pipi. punya itu juga udah syukur. ekekekek

    BalasHapus
  6. Uwaaa, aku jadi lupa belum pernah bersihin semua brush make up akuu.
    Tapi selain lupa bersihin alat makeup, mostly semunya sudah aku lakukan sih. untuk facial aku lagi agak menghindari, karena terakhir facial malah jadi breakout sampe sekarang.

    BalasHapus
  7. Ketika aku membaca tulisan ini, entah kenapa aku langsung menyalin link tulisannya lalu mengirimkannya kepada kekasihku, untuk tambahan pengetahuan akan tips and trik menjaga ketahanan make up agar lebih lama...

    Perihal make up wanita, sejujurnya saya tidak mengerti sama sekali, yang saya tahu dari make up wanita itu lipstik, maskara, bedak, parfum, lalu blush on. Ituloh yang bisa memberi kesan rona merah di pipi ^^

    Mungkin akan lebih menarik, jika tulisan perihal kosmetik ini membahas soal tips and trik bagaimana merawat wajah lelaki ^^

    BalasHapus
  8. Waduh kayaknya aku masalah makeup gak pengalaman. Paling poll bedak n lipstik haha. Apalagi alat kecantikan cuma pake sisir aja hehe

    BalasHapus
  9. Iya, nih. Mempertahankan make up agar bisa seharian awet tuh gak mudah. Yang sudah pinter dandan aja kadang masih belum bisa awet, apalagi yang dandannya ala kadarnya seperti saya, duh... gak karuan deh makeup-nya :D

    BalasHapus
  10. Untuk urusan make up aku memang harus banyak belajar, banyak sekali yang aku belum tahu mbak. Trus tuh ya, aku belum tahu benar sepertinya bagaimana mua mua itu, kalau orang perasaan udah makeup dan belum makeup hasilnya jauh, aku aku mah kok gitu-gitu aja ehehheee

    BalasHapus
  11. Duuh...selama ini kurang memperhatikan kebersihan tempat menyimpan alat makeup. Padahal bisa menjadi sumber jamur juga ya...
    Selama ini hanya membersihkan alatnya saja. Mulai bersih-bersih, deh...

    BalasHapus
  12. Mbak tanya donk, tapi agak gak nyambung gpp ya? Tentang alas bedak. Seandainya kita pakai sunblock apa masih perlu memakai pelembab ya? Tengkyuuu :D

    BalasHapus
  13. Wah aku baru tau kalo bedak merangsang pori utk ngeluarin minyak.note banget nih..makasih ya mba

    BalasHapus
  14. Perlengkapan perang perempuan banyak banget ya, kalau laki-laki palingan cuma bawa pembersih wajah. Langsung mampir ke Bobobobo siapa tahu ada yang cocok untuk laki-laki juga.

    BalasHapus
  15. Pas banget...artikelnya, aku juga pengen makeup tahan lama... Cuma produk primer itu aku kurang paham...contohnya apa ya?

    BalasHapus
  16. Kalo mau hubungan dengan dia awet gimana caranya bun? bosen putus nyambung terus wkwkw

    BalasHapus
  17. Peralata peralatan yang diatas itu wajib bgt untum dibawa kemana mana karena, mereka semua saling menyatu padu. Akan tetapi, kita harus tau tempat dan kondisinya ya mba untuk makeup. Dan oia, perlu bgt tuh bawa tas yg lebar biar semuanya bisa masuk

    BalasHapus
  18. idih, katanya rahasia kak, kok dikasih tau sih...rahasia umum kaleee

    BalasHapus

Wanna say something?
The comment is yours