Sabtu, 23 Desember 2017

BhinnekaCommunityZone: Membuat Vlog Kekinian


As a massive online shopper, I am fans of Bhinneka.com dan tentunya Bhinneka adalah salah satu tempat belanja produk elektronik favorit saya, terutama produk yang berhubungan dengan computer.  Bhinneka.com adalah E-Commerce pertama di Indonesia, Bhinneka bukan hanya menawarkan melainkan juga memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam berbelanja. Kalau ragu, kamu bisa pakai fasilitas bayar di tempat atau COD. Saat awal bulan Desember kemaren Kumpulan Emak2 Blogger membuka pendaftaran untuk acara duet bersama Bhinneka.com dengan tema cara membuat vlog kekinian tentunya saya langsung semangat untuk mendaftar di acara itu.


source stated in pic

Pada hari H, 9 Desember 2017, saya tiba di Gedung Bhinneka di Jalan Gunung Sahari. Ternyata, narasumber dari acara itu adalah seorang cinematographer dan pengajar paruh waktu di Universitas Buna Nusantara Jakarta. Bella bercerita jika dia dulu memiliki interest pada fotografi dan memulai belajar foto menggunakan kamera handphone jadul. Sejak saat itu dia dikenal sebagai seorang ‘anak foto’. Lalu, suatu saat UI, kampus tempatnya dulu menimba ilmu, berencana membuat sebuah film dan Bella diajak menjadi seorang Director of Photografer. Dan sejak saat itulah dia yang dulunya kuliah periklanan merasa bahwa video is her thing dan mulai mempelajari segala hal mengenai video lebih dalam. Sejak itulah, Bella mulai menggeluti video, sinematografi hingga kuliah ke luar negeri. Dengan latar belakangnya yang seperti itu, dia akan membagikan pengalaman bagaimana mengerjakan video personal tapi terlihat seperti profesional.

Bella menjelaskan bahwa dalam sebuah video, seperti layaknya sebuah karya yang akan men-deliver sebuah cerita, pasti memiliki plot awal, konflik, dan akhir. Dan ini adalah sebuah basic penceritaan dalam video. Namun, yang paling penting adalah sebuah video harus memiliki cerita yang dibagikan dengan benar sehingga memberikan inspirasi yang mendorong untuk melakukan sebuah act tertentu.

Bagaimana kita menemukan cerita yang bisa menginspirasi dan menyentuh hati orang lain? Caranya simple sekali, the way to find your own story is with observing people’s life, kata Bella. Kita harus belajar melihat lingkungan sekitar dan memahami people’s attitude dari situlah kita akan mendapatkan core of value yang akan disampaikan pada orang lain, I feel like in a class of literature haha. Core of value ini akan ngena, jika kita memilih audience yang tepat untuk sebuah cerita. Atau kita mencari cerita yang tepat untuk sebuah audience tertentu untuk build in interaction. 



Menurut Bella, walaupun cerita bisa diceritakan secara verbal atau ngomong langsung, namun sebaiknya a story should be presented in visual audio or film and video. Why? Karena saat menujukan sebuah film banyak sense yang terlibat di dalamnya. Saat kita menceritakan mengenai sesuatu secara verbal, hanya telinga kitalah yang merasakan sentuhan dari cerita itu. Namun jika melalui audio visual, bukan hanya telinga, namun juga ada pengelihatan yang terlibat.

Untuk teknis pengambilan video, Bella mengatakan bahwa sarana atau device pengambilan video sangatlah penting. Usahakan memiliki sebuah kamera digital, mirorless, atau DSLR. Jika tidak, kita bisa berusaha untuk menggunakan kamera handphone karena sekarang sudah banyak kamera yang mumpuni.

Jika memiliki sebuah kamera DSLR, kita bisa melihat ada sebuah garis maya yang ternyata saya baru tahu bahwa itu adalah rule of third yang merupakan sebuah guideline yang diigunakan untuk memproses komposisi visual image seperti design, film, lukisan dan fotografi. Objek akan terlihat bagus jika tepat di tengah. Namun, jika ingin lebih artistic bisa dicoba di kiri, kanan, atas bawah sesuai dengan rule of third. Dengan memerhatikan rule of third, harus dilihat juga head space di video jangan terlalu luas ataupun sempit.

from photographymad

Seperti halnya fotografi, pencahayaan itu penting banget. Usahakan untuk menggunakan cahaya natural dari matahari karena menurut Bella itu adalah yang terbaik. Cahaya terbaik itu ada dalam waktu golden hours atau waktu tertentu sesaat setelah matahari terbit dan matahari terbenam, yaitu sekitar jam 7 – 9 pagi dan 3 – 5 sore. Namun jika gelap atau mendung, gunakan cahaya dari lampu. Kalau vlogger biasanya pakai ring lights yang enggak Cuma bikin pencahayaan bagus namun juga membuat efek mata yang cantik.

As stated before, bahwa indra pendengaran adalah hal yang akan distimulasi oleh video. Oleh karena itu, penting sekali untuk membuat suara yang bening dan terdengar dengan baik. Caranya adalah menggunakan peralatan audio, jika sulit bisa menggunakan handphone untuk merekam suara secara terpisah. Selain itu, bisa juga ditambahkan audio effect yang sesuai untuk menambah audio experience.

Tidak hanya teori di atas yang penting, untuk membuat vlog yang kece badai seperti vlogger zaman now, kita harus juga memiliki alat dan aplikasi editing yang sesuai. Sesudah Bella melakukan presentasi, pihak Windows memperkenalkan Windows 10 yang badai banget buat vlogger. Dulu saya sempat beli laptop windows 8 dan alhamdulillah free upgrade ke Windows 10. Ternyata kalau beli sekitar Rp 1.5 jutaan dong. Wow banget! Tapi jangan salah ya, ada harga ada rupa.

3D Windows from Microsoft

Kenapa Win10 ini bagus banget buat vlogging? Windows 10 yang sekarang ternyata ada update baru yaitu Creators Update. Windows 10 Creators Update. Microsoft menambahkan fitur-fitur canggih dengan efek 3D nih yang pas buat vlogging. Dan aplikasi yang disediakan oleh Microsoft adalah Windows Movie Maker yaitu free video editing tool untuk Windows yang memungkinkan user untuk mengedit video hanya dengan drag-and-drop. Aplikasi ini memiliki fitur video effects, video transitions, penambahan titles/credits, audio track, naraso dan lainnya. Efek yang ada di sini itu 3D, lho. Canggih banget, kan?

Nah gimana nih, udah ada niat untuk membuat vlog? Jangan cuma niat ya, mari kita wujudkan *self reminder* hahaha...

Thank you for reading, 

M~

21 komentar:

  1. Benar mba jgn cuma Niat ehehe..
    Kaya saya belum Action Action..Niat nya kelamaan ehehe

    BalasHapus
  2. banyak belajar kita ya mak sabtu lalu.. hehehe

    BalasHapus
  3. Beberapa hari terakhir ini,otakku dipenuhi keinginan buat ngevlog, tapi ya itu itu NIAT nya aja yg kuat, ngejalaninnya “ogah ogahan” . Gimana mau dikenal youtuber kalo gini hahaha

    BalasHapus
  4. Aku mau bkn vlog juga tapi lebih ke kesehatan jiwa hahahaha.. Seru juga yah ber vlog ria
    Iyess keren yah acaranyaaa. Sayang gak ikutannn

    BalasHapus
  5. Mantap banget nih ilmunya tentang vlogging. Ternyata tidak semudah membalikkan telapak tangan ya, teh.

    BalasHapus
  6. Fitur editing video di Windows Movie Maker pun semakin bagus, tak seperti zaman masih Windows XP (Lawas banget saat masih SMP). Lebih disarankan menggunakan kamera DSLR memang lebih lengkap fitur-fiturnya dan bisa belajar hal yang lebih teknis.

    BalasHapus
  7. Kalau bbrp teman lebih suka pakai mirrorless ketimbang DSLR. Saya gak punya mirrorless jd gak bisa membandingkan. Cuma pernah mengalami kesulitan saat pakai DSLR mindahin ke leptop, gambarnya jd error, mungkin aplikasi saya di leptop kurang support ma jenis video dr kamera itu hehe #malahcurcol

    Skrng amannya pakai HP aja tapi pakai pencahayaan yg terang :D

    TFS info dan tipsnya.

    BalasHapus
  8. Wah, aku malah belum pernah belanja di bhinneka,hehehe (salfok)

    Bts, penjelasannya kak bela enak dan runtut, huwaaa, makasih ilmunya teh dan kakak :*
    .

    BalasHapus
  9. wahh enak mba dapat belajar tentang cinematography dan bahkan dapat belajar rule of third.. Gegara mba bilang windows 10 ada movie creator, ini saya download dan mau coba mba.. Lumayan ada tools gratisan hehe

    BalasHapus
  10. Aku juga kepngen buat vlog mbak, tapi yah itu, kekadang ga PD di depan kamera itu lho. Semoga PD segera bersahabat, semangat

    BalasHapus
  11. Aku jg pengen belajar buat video, wah harus bnyak bljar lagi nih ilmu baut blog. Blm coba nih windows 10, pasti bnyak fitur2 barunya ya

    BalasHapus
  12. Wah ini ilmunya kece banget mbak... Saya sempat sok rajin juga buat vlog, hihi sayang karena sesuatu hal, saya jadi males.

    Resolusi 2018, kudu vlog lagi

    BalasHapus
  13. Sy baru belajar bikin vlog, tp editnya pake aplikasi gratisan.
    Cuma kadang moody
    Klu lg rajin ya update

    Btw window 10 sepertinya boleh dicoba nih
    penasaran dgn kecanggihannya

    BalasHapus
  14. Point pentingnya adalah kita harus belajar melihat lingkungan sekitar dan memahami people’s attitude, sehingga kita bisa mendapatkan core of value yang akan disampaikan. Well...PR banget, nih...
    Saya juga baru belajar tentang rule of third, dan menyetingnya di kamera hape. Jadi kalau mau ambil gambar sudah langsung terlihat garis-garis itu.

    BalasHapus
  15. Iyaa yaa..
    Keren banget videonya.

    Meskipun sederhana, mengangkat tema sosial, tapi gambar jernih ditambah editing dan angle pengambilan gambarnya yang pas.

    Aah...kereen sangat.

    BalasHapus
  16. Menekuni dunia Vlogger merupakan cita-cita banget, pengen belajar lebih dalam tentang teknik dan editing dalam seni video ini.

    #bhinneka dulu waktu kuliah di Pekanbaru merupakan marketplace andalan, soalna banyak sparepart komputer yang susah dicari eh malah ketemunya di bhinneka

    BalasHapus
  17. Wah widya baru tau klo windows 10 lbh bagus untuk keperluan vlog. Laptop yang widya pake masih windows 8. Kayaknya emang lebih baik upgrade ke windows 10 ya :D

    BalasHapus
  18. Gue males edit videonya doang sih, dan belom pede cuap-cuap di depan kamera. wkwkw. padahal udah sekali masuk di halo selebriti. lol.

    BalasHapus
  19. Pengen banget bisa bikin vlog yang keren, tapi belum bisa nh, mesti banyak belajar, makasih sharingnya ya, seomoga bisa praktek hehehe

    BalasHapus
  20. Vloging itu perlu materi yg banyak mba. Ga asal ngomong doang hahaha da n untuk renderingnya bagusan windows 10 apalagi yg original makin joss dalam buat videonya

    BalasHapus
  21. Iya nih emang kalau nge vlog itu keliatan gampang tapi pdhl susah juga. Udah videoin sana sini, eh kalau saya suka ga diapa-apain lagi. pas udah dua bulanan malah bingung ini video apa ya haha

    BalasHapus

Wanna say something?
The comment is yours