Minggu, 15 Oktober 2017

INTERLAC®, Diare dan Imunitas Si Kecil

Salah satu hal yang bikin baper mengenai Alma dan semua drama di masa pertumbuhannya adalah berat badannya. Ibarat kata naikin berat badan Alma adalah perjuangan! Dan dramanya adalah setiap kali Alma naik berat badan secara signifikan, entah dua minggu atau sebulan setelahnya Alma akan mengalami yang namanya diare. Anaknya sih diaretetap ceria, bahkan saat cacar minggu ini pun dia tetap semangat untuk nyanyi dan joget, masalahnya ibunya yang galau. Sudah susah payah menaikkan berat badan Alma, eh tau-tau turun lagi. Penyebabnya apa sih? Setelah konsultasi dengan dokter spesialis anak langganan dan menceritakan mengenai hari-hari Alma sebelum sakit, katanya Alma ini sistem pencernaanya masih lemah seperti kebanyakan bayi dan ini mempengaruhi imunitasnya.


Biasanya, Alma akan mulai diare saat dia jalan-jalan dari luar kota, atau jalan-jalan lama. Misal dari pagi hingga malam di luar ruangan, biasanya dia akan diare. Kalau ada yang bilang, jangan keluar rumah mending di rumah aja, enggak bisa begitu dong, Alma juga butuh main di luar dan berinteraksi. Atau jangan main di luar lama-lama, kadang kita mau enggak mau harus main di luar lama, karena misalkan kita ada acara di keluarga luar kota dan sebagainya. Banyak juga ibu-ibu yang menyarankan bahwa sebaiknya cek-cek dulu kebersihan tempat sekitar atau baiknya hindari tempat yang kotor agar system imunitas Alma tuh selalu terjaga. Well, this is the wrong idea. Saat kita terlalu apik menjaga anak selalu berada di lingkungan yang bersih sebenarnya bisa membuat daya tahan tubuhnya lemah dan cenderung melemah. Hal ini terjadi karena sistem imunitas tubuh anak tidak terlatih, sehingga lemah saat sewaktu-waktu harus berhadapan dengan berbagai segala macam virus dan kuman. Well, I am not suggesting kalau bayi harus dibawa ke tempat yang super kotor namun bayi harus dibawa keluar rumah seperti taman bermain dan pusat keramaian selain untuk bermain juga untuk melatih system imunitas anak dari berbagai sumber penyakit.


Tidak hanya melatih sistem imun, kita juga harus menjaga kesehatan dan kekuatan sistem imun kita. Bagaimana caranya? Tentunya cara pertama kita harus tahu dahulu mengenai sistem imun itu sendiri. Sebenarnya, sistem imunitas kita ada diseluruh bagian tubuh kita namun yang utama adalah sistem imunitas ada di limpa sebagai organ produksi darah putih sel darah yang menjaga tubuh dari penyakit dan juga sistem pencernaan yang menyerap semua gizi. Cara menjaga keduanya menjadi sehat adalah dengan melakukan gaya hidup sehat seperti istirahat yang cukup dan makan makanan yang sehat. Wah, berarti makanan adalah salah satu cara penting menjaga kesehatan? Iya dong, karena jika kita makan sehat, limpa sehat imunitas jadi bagus. So, penting baget menjaga organ cerna? Iya benar, karena dengan menjaga sistem cerna sehat berarti kita menjaga limpa tetap sehat. Dan usut punya usut, saluran cerna yang merupakan organ terbesar di dalam tubuh manusia yang luasnya sekitar 300 meter persegi, atau sebesar lapangan tenis! Para ahli medis pun sepakat bahwa kesehatan saluran cerna manusia adalah cerminan kesehatan tubuh secara umum. Saluran cerna yang sehat memiliki kandungan bakteri baik, atau disebut juga sebagai probiotik, yang turut mendukung sistem imun.
Probiotik itu apa sih? Probiotik adalah Bahasa Yunani dengan etimologi “pro” yang berarti “untuk” dan “bios” yang berarti “kehidupan”. Probiotik bukanlah obat melainkan suplemen makanan sebagaimana kategorisasi dari BPOM Indonesia. WHO mendefinisikan probiotik sebagai bakteri baik yang dapat hidup di saluran cerna dan bila dikonsumsi dalam jumlah yang cukup, dapat memberikan manfaat kesehatan signifikan bagi penggunanya.



Menurut WHO, probiotik yang baik harus berasal dari manusia, dapat bertahan hidup di saluran cerna terutama lambung, menghasilkan zat antimikroba, mampu melawan bakteri jahat, terdokumentasi penelitian klinis yang baik.

Saat ini, aku tuh sedang pakai probiotik dari INTERLAC® yang diimport oleh PT Interbat karena telah digunakan di lebih dari 90 negara dan juga memenuhi semua syarat probiotik baik dari WHO dan dikenal di kalangan medis sebagai Live and True Probiotic. Umumnya, public mengetahui bahwa probiotik memiliki manfaat untuk mencegah dan melawan bakteri jahat di saluran cerna serta menurunkan risiko berbagai penyakit saluran cerna seperti diare. Nah, probiotik paling popular adalah Lactobacillus yang memiliki manfaat sebagai anti-inflamasi dan imunostimulator (menstimulasi sistem imun) yang sangat baik dan semua ini bisa kamu dapatkan di INTERLAC®. Lactobacillus reuteri Protectis yang dipatenkan oleh BioGaia, perusahaan bioteknologi Swedia yang dikenal sebagai World Leader in Probiotics adalah salah satu yang terbaik di dunia berdasarkan pada ratusan penelitian klinis oleh ahli biomedis dan ahli nutrisi di seluruh dunia. Sudah ada lebih dari 160 uji klinis pada lebih dari 13.000 partisipan yang telah mengkonfirmasi efektivitas dan keamanan Lactobacillus reuteri Protectis pada manusia. Mantap banget, kan? Dan hal ini yang bikin aku enggak ragu!

INTERLAC® aman? Jelas dong, karena ratusan penelitian yang dilakukan pada segala usia, mulai dari bayi prematur, newborns, anak-anak, dewasa sampai lansia membuktikan bahwa tidak ada efek samping yang muncul. INTERLAC® juga sudah mendapatkan sertifikan dari FDA Amerika Serikat, dengan pemberian predikat GRAS (Generally Recognized as Safe) yang merupakan sertifikasi keamanan tertinggi untuk suplemen makanan di Amerika.  Ibu punya anak lactose-intolerant? Tenang Formulasi INTERLAC® juga sama sekali tidak mengandung laktosa sehingga dijamin aman untuk bayi sejak hari pertama kelahiran.


Nah, INTERLAC® ini punya tiga kemasan yang berbeda, yaitu oral drops, sachet, dan tablet kunyah dengan dua rasa (lemon dan strawberry). Favorite aku sih yang oral drops karena bisa dicampur susu buat Alma dan rasanya netral. Since Alma is super picky jadi ya aman nih soalnya dia enggak akan merasakannya. Huaahah. Jadinya seneng karena INTERLAC® Probiotics - healthy tummy happy baby.

Pas aku sempet post di sosmed kemaren banyak yang PM tuh nanya kalau INTERLAC®  bisa di dapetin di mana aja. Kebetulan, INTERLAC®  ini sudah ada di Guardian, apotek terdekat, Halodoc Go-Med Apps, Lazada. Kalau pengen kenalan lebih lanjut sama INTERLAC® please kindly visit their official website www.INTERLAC-probiotics.com. Atau search sosmed mereka:
Instagram: @interlacprobiotics
Facebook: @interlacprobiotics

Kalau ragu mau pakai ini atau enggak, silakan langsung konsultasikan sama dokter anak langganan kamu, ya. Mau pakai INTERLAC®  atau udah pernah cobain? Yuk, share di kolom komentar pengalaman kamu!

Thanks for reading!
M~

19 komentar:

  1. bagus banget ya bun untuk anak, bisa dipraktekan buat keponakan nih, apalagi punya ponakan yg mirip kaya Alma kelakuannya.

    BalasHapus
  2. Anakku juga rutin konsumsi Interlac setiap hari. Enak katanya.. Minta 2x minum, padahal aturannya 1x. x_x

    BalasHapus
  3. Diare penyakit sederhana tapi bahayanya luar biasa. apalagi pada anak0anak. dehidrasi bisa fatal dan ngga bisa dianggap remeh. Ibu ibu harus selalu sedia obat ini untuk pertolongan pertama

    BalasHapus
  4. Anak saya udah gede-gede euy ... pi kalau ada saudara yang tanya suplement probiotik saya rekomendasiin dah

    BalasHapus
  5. iya ya, anak balita rentan diare
    ponakanku juga kapan lalu diare. kasihan.
    kayaknya dia belum kenal interlac deh
    ntar aku rekomendasikan interlac

    tengkyu mbak dewii

    BalasHapus
  6. Anak2 di rumah juga lagi aku kenalin sama interlac. Telat kenalnya, tapi manjur untuk diare dan konstipasi...

    Mudah2an cocok juga ya Alma

    BalasHapus
  7. aman dan berkualitas itu yang utama. aku percaya karena sudah ada uji klinis dan nomor BPOM juga nih interlac

    BalasHapus
  8. ada rasa strawberrynya, asik nih

    bisa minum obat serasa makan permen juga. kalau gini mah aku lebih pilih versi tablet

    BalasHapus
  9. Baru pertama kali mengetahui tentang Interlac, probiotik yang bermanfaat bagi manusia. Kalau untuk anak seperti Alma aman dikonsumsi, pastinya untuk orang dewasa juga aman. Pilihan kemasannya juga beragam, bisa dipilih sesuai keinginan.

    BalasHapus
  10. Diari dan anak memang dua hal yg gak bisa dipisahkann..
    Hal itu karena sistem tubuh belum benar2 bagus jadi rentann..
    Semoga Alma selalu sehat dan berat badannya selalu stabil yass

    BalasHapus
  11. Perasaan normal, kalau ibu baper liat berat badan anaknya turun. Apalagi kalau untuk naikin berat badannya susah. Naik susah, turunnya gampang, deuh..bawaannya baper terus. Eh, tapi gak papa, kalau anaknya sehat. Yang penting sehat, kan?
    Apalagi sekarang ada Interlac, imun anak pasti terjaga, ya, Teh ....

    BalasHapus
  12. Produk kalau sudsh bersertifikat FDA Amerika Serikat apalagi dengan predikat GRAS bisa dipastikan aman ya mba.. berarti alma sekarang udah jarang diare ya mba kalau diajak jalan-jalan keluar.. kapan-kapan diajak lagi mba kalau kopdar hehe

    BalasHapus
  13. Bener..
    Aku kadang takut bawa anak ke luar rumah..takut ngajak anak ke keramaian..takut sakit atau masuk angin..

    Sebenarnya nya memang harus dibiasakan diluar ya mba..biar melatih imunnya..
    Malah teman pernah nganjurin anak mandi ujan..biar kalo kena gerimis dikit ga langsung sakit..

    Untuk interlac noted dulu..Karno selama ini aku tau nya probiotik merk lain sih..

    BalasHapus
  14. Hahahaha. Aku banget nih, teh Dewi, menaikkan berat badan si k itu perjuangan banget. Ampe bela-belain bawa segambreng bekal waktu keluar demi jaga asupan makan si K. 😂😂😂😂

    Aku belum pernah nyoba interlac. Ini aman dipakai rutin nggak ya, Teh?

    BalasHapus
  15. Bisa jadi referensi nih teh kalau anak2 diare. Mudah2an jangam ya. Saya setuju mencari obag buat anak2 itu harus teliti banget, mesti tahu kandungannya juga. Syukur interlac ini bisa buat imunitas juga ya.

    BalasHapus
  16. Anak sakit itu selalu bikin ibu super sedih. Pernah kepikiran kalau mendirng kita (ibunya) yang sakit. HUhuhu....

    Semoga Alma selalu sehat ya. Kadang sakit dikit gapapa kok. Diare pada anak juga tak perlu dirisaukan. Tapi perlu diamati makanan yang dikonsumsi apa saja di hari itu. Jika ada makanan yang berulang di catatan, mungkin itu pemicunya.

    BalasHapus
  17. Iterlac ini kan bisa untuk menjaga imun si kecil ya mba? Dan saya msh penasaran bagaimana rasa dari obat ini? Apakah manis? Atau pahit? Anak kecil kan gasuka pahit pahit gitu pada umumnya

    BalasHapus
  18. Organ cerna buat bayi/ balita itu emang krusial. Soalnya masih sangat sensitif pencernaan anak2 ini. Jd penting banget kalau menderita diare/ masalah cerna lainnya harus segera ditangani. Untung ada interlac yg bisa membantu atasi masalah pencernaan ini ya mbk TFS

    BalasHapus
  19. Menarik... dulu yang klaim probiotik biasanya si brand yogurt sehingga anak kecil (gue termasuk) taunya ya si brand yogurt itu. Padahal bisa di brand mana aja, probiotik itu. Termasuk interlac

    BalasHapus

Wanna say something?
The comment is yours