Senin, 14 Agustus 2017

Avent 4 in 1 Healthy Baby Food Maker Review dan Tips MPASI dari Phillips

Cerita drama kehamilan saya sungguh panjang, dihiasi dengan banyak hal seperti masuk UGD berkali-kali, cuti awal dan lainnya. Ternyata hal itu belum berakhir. Setelah itu saya menjalani babak baru cerita kehidupan Alma dengan berat badan pas-pasan cenderung rendah, dulu anak saya lahir dengan berat badan 2.3kg, membuat hati ini ketar-ketir. Setelah berjuang memompa ASI dan akhirnya berhenti karena terpaksa, saya dirawat lagi hampir dua minggu di RS, alhamdulillah selama 6 bulan pertama berat badan Alma pelan-pelan naik sedikit demi sedikit, 1 ons, 2 ons, yang terberat adalah 7 ons di bulan pertama kelahirannya. Setelah itu biasa saja. Drama ini berakhir? Tentu saja tidak, pelajaran berharga dari Tuhan dan perjuangan lainnya datang kembali saat Alma berumur 6 bulan ketika dia memulai MPASI.

She is really picky, dia enggak mau makan makanan yang terlalu encer karena akan langsung disembur, terlalu padat akan langsung dimuntahkan. It takes me a month to learn about her preferences, and it feels like a roller coaster. Sudah cape-cape bikin MPASI, eh enggak dimakan. Rasanya saqid, sis, bro, mas, kak! Bagaikan skripsi sudah bikin cape-cape dicoret semua, udah revisi minta diganti judul. Sungguh butuh kesabaran tingkat dewa untuk Dewi. I have learned about all of this thing since two years ago, tapi talk is cheap ya. Ngomongin teori itu emang lebih gampang ketimbang pengamalannya. Dan karena inilah saya memutuskan untuk ke dokter spesialis anak.

Selama kurang lebih dua bulan, anda tidak salah membaca memang dua bulan, saya mencari dokter yang bagus di Bandung menurut review ibu-ibu komplek, internet, blogs, forums dll. Lalu saya menemukan dokter yang katanya bagus di RS. Hermina Arcamanik dekat rumah. Sebenarnya ada beberapa kandidat lainnya, ya Allah kandidat, seperti di RS. Limijati gugur karena mahal banget, RS Sentosa gugur karena jauh. Akhirnya aku memutuskan ke yang dekat rumah saja.

Saya konsultasi dengan dokter selama beberapa menit, mungkin 15 menit. Dan saya dimarahi oleh dokter karena kebanyakan memberikan buah dan sayur sementara daging sapi, ayam dan ikan. Saya berikan jarang-jarang. Akhirnya dokter memberitahu bahwa daging-dagingan itu harus diutamakan karena mengandung zat besi, DHA, PROTEIN dan zat gizi lainnya yang sangat penting. Makanan si Kecil boleh dibumbui dan dimasak normal tanpa MSG. Dan saya juga menanyakan beberapa mitos pada dokter "Dok, memangnya tidak boleh ya digoreng?" lalu dokternya menjawab, "Siapa bilang tidak boleh digoreng? Yang tidak boleh itu madu. Itu coba yang tidak boleh yang bilang begitu siapa? Kecuali dia dokter atau ahli gizi, ibu tidak perlu percaya.

Saat di perjalanan pulang, saya langsung merealisasikan segala hal yang diperlukan oleh MPASI Alma, saya membeli banyak daging, sapi, ayam, ikan terutama karena banyak mengandung DHA yang merupakan faktor kecerdasan anak. Sampai di rumah saya lakukan semuanya yang diberitahu dokter dan surprisingly dia sangat suka dengan makanan barunya yang dimasak seperti makanan biasa. Namun saudara-saudara, saya lelah ternyata. HAHAHA. Di samping kondisi saya yang semenjak sakit memang rada gampang lelah, menyiapkan MPASI penuh cinta dan kasih sayang juga butuh waktu, kesabaran dan keikhlasan dari jiwa. Akhirnya saya mulai bertanya-tanya pada teman saya "How to make things easier?" Dan akhirnya, teman-teman memberitahu bahwa ada Philips Avent 4 in 1 Healthy Baby Food Maker kemudian karena rekomendasi inilah saya membelinya secara online.



Philips Avent 4 in 1 Healthy Baby Food Maker adalah one of the most helpful machine in this entire universe for a Mom. Alat ini bisa digunakan untuk steaming, blending, defrosting, dan reheating. Semua fitur ini berguna banget saat mempersiapkan MPASI, namun untuk defrosting saya jarang menggunakannya. Di set food maker ini juga ada resep MPASI yang kayanya harusnya sih lezat, namun mungkin Alma lidahnya sudah ter-Indonesiakan sehingga dia lebih suka menu rumahan masakan khas Sunda. Dan karena pilihan rasanya yang rada unik, saya pun harus melakukan hal ekstra. Saya menggoreng dagingnya, kemudian mengukus makanan lainnya seperti sayuran, umbi dan membuat bubur beras, setelah matang baru diblender sebentar agar tidak terlalu halus dan masih ada teksturnya. Tapi kerepotan ini jika dibandingkan dengan saat sebelum menggunakan food maker ini berkurang jauh sekali. Setidaknya, saya bisa membuat MPASI sambil beristirahat atau menemani Alma main tidak harus full di dapur untuk mengukus, membuat bubur, dan lainnya. Bener-bener saving time! Selain itu, kalau lagi super mager, Philips Avent 4 in 1 Healthy Baby Food Maker bisa digunakan untuk mengukus makanan ibunya. HAHAHA.

Walaupun sekarang Alma sudah menginjak umur 1 tahun saya merasa banyak hal yang perlu dipelajari mengenai MPASI dan gizi anak. Dan kebetulan saya diundang oleh #PhilipsAvent untuk datang di talkshow mengenai "Solusi Menjawab Tantangan Pemenuhan Kebutuhan Nutrisi Anak" acara ini bertujuan memberikan dukungan kepada para orangtua untuk memahami nutrisi apa yang dibutuhkan anak dalam masa tumbuh kembang atau periode emas. And I feel so lucky udah diundang untuk datang di acara tersebut. Oleh karena itu, in addition to this review, I will share you the info from the talkshow in pointer:


1. Pemenuhan nutrisi termasuk ASI dan makanan pendamping (MP-ASI) pada anak sangatlah penting selama periode emas 1000 hari pertama.
2. Menurut WHO, masa transisi dari ASI eksklusif ke makanan pendamping ASI (MP-ASI) umumnya berlangsung saat bayi berusia enam bulan hingga 18-24 bulan, dan periode ini merupakan masa yang sangat krusial bagi anak. 
3. Menginjak usia enam bulan, nilai gizi ASI sudah tidak bisa mencukupi kebutuhan anak oleh karena itu harus dibarengi dengan MPASI.anak butuh asupan yang lebih dari ASI. 
4. Kekurangan gizi akan menyebabkan pertumbuhannya terlambat dan dapat mempengaruhi anak ketika dewasa.
5. Banyak terjadi kesalahpahaman di antara para orangtua tentang pengenalan sayur dan buah yang lebih diutamakan, dibandingkan melengkapi kekurangan ASI terhadap energi, protein, lemak serta vitamin dan mineral, yang paling dibutuhkan oleh anak untuk tumbuh-kembang terutama otak di usia ini adalah zat gizi makro (karbohidrat, protein, lemak) dan mikro (vitamin dan mineral) yang lengkap, cukup dan seimbang.



6. Kebutuhan harian zat besi untuk bayi berusia 6-12 bulan adalah 11 mg dan itu tidak cukup didapatkan melalui ASI. Oleh sebab itu kebutuhan zat besi harus dipenuhi oleh MP-ASI dari berbagai bahan makanan. Sumber zat besi dapat diperoleh dari daging merah, hati ayam, ikan, sayuran berwarna hijau, dan kacang-kacangan.
7. Perlu diingat bahwa, sayur dan kacang-kacangan mengandung serat yang dapat menghambat saluran cerna, sehingga dua jenis makanan tersebut sebaiknya diberikan dengan jumlah kecil, dikombinasikan dengan sumber vitamin C, seperti jeruk dan tomat yang akan meningkatkan penyerapan zat besi. Kombinasi makanan tersebut dapat ditemukan dalam makanan keluarga Indonesia, misalnya gulai daun singkong yang ditumbuk, dicampur ikan teri dan dibubuhi air jeruk atau tomat.
8. Prinsip dari MP-ASI adalah mengenalkan makanan keluarga dengan tekstur yang disesuaikan kemampuan oromotornya (kemampuan gerak fungsi oral-mulut, gigi, rahang dan lainnya). Jadi perkenalkan makanan Indonesia yang sehat sesuai dengan ketersediaan bahan makanan lokal.
9. Dalam kesempatan ini Philips AVENT menghadirkan rangkaian produk elektrik yang dapat mendukung para orangtua dalam pemberian ASI eksklusif dan juga makanan pendamping ASI. Salah satunya Philips AVENT Comfort Electric Breast Pump dengan bantalan khusus untuk membantu ibu, khususnya para ibu yang bekerja, untuk menghemat tenaga dan waktu saat memompa ASI di kantor atau saat berjauhan dari anak. Philips AVENT Fast Bottle Warmer yang berfungsi untuk menghangatkan susu secara merata hanya dalam tiga menit. Ada juga Philips AVENT 3-in-1 Electric Steam Sterilizer yang didesain untuk dapat mensterilkan lima hingga enam botol, sekaligus membunuh 99,9% kuman berbahaya. Produk-produk elektrik tersebut dapat memudahkan para ibu dan membantu anggota keluarga lainnya dalam memberikan ASI bagi buah hati.
10. Philips AVENT 4-in-1 Healthy Baby Food Maker yang menggabungkan fungsi kukus, blender, defrost dan reheat di dalam satu produk, memudahkan ibu untuk menyiapkan makanan pendamping ASI. Bahan-bahan makanan bayi yang segar dapat dikukus dengan tingkat kematangan yang merata tanpa harus dididihkan terlebih dahulu.




Jika kamu ingin informasi mengenai gizi, kesehatan anak dan juga Philips Avent, kamu bisa klik di sini ya. Dan kalau mau punya blender yang sama kaya aku dengan harga promo, klik di sini ya!

Thank you for reading!

M~


PS: Sorry enggak pake foto real karena barangnya di Bandung.

19 komentar:

  1. ini pas infohnya, nasya sekarang 15 bulan,

    BalasHapus
  2. Produk Philips ini bantu buat mamah2 yg MPASI tp gak ribut di dapur terus dan bs main sama anak. Jadi hemat waktu buat me time juga ya, Teh

    BalasHapus
  3. Wah enak banget oake ini. Kalau buat yang punya baby hemat waktu dan tenaga banget. Udah gak ada alasan nyiapin makanan enak buat anak2 bakal selalu nikmatt

    BalasHapus
  4. Mpasi itu memang kata mamah aku tricky sih. Bayikan perlu banyak asupan nutrisi, jadi wajar kalo lebih banyak makan daging untuk dietnya. Permainan tekstur makanan juga penting buat mpasi hehehe. Tapi untuk alatnya, kayaknya bisa deh dipake buat aku juga wkwkwkw sama kayak food processor gitukan ya?

    BalasHapus
  5. Blendernya keren banget bisa sekaligus ngesteam gitu? Wahhhh aku baru tahu! Besok-besok mau rekomendasiin Philips Avent 4 in 1 ah buat ponakan-ponakan yang mau MPASI (rekomendasi bukan ngadoin ya, tante pelit)
    Kalau nanti aku punya anak, mau baca-baca lagi tips MPASInya Teh Dewi ah. Terima kasih, Teh.
    Btw, dokter anak mahal di Limijati sepertinya aku tahu.

    BalasHapus
  6. Aku dulu pas anak pertama, bikin MPASI dariiiii.....bubur instan.
    Sedang nge-heitts tuuh...si tepung gasol yang no MSG dan no perasa. Jadi rasanya bener-bener seperti bahan alami si gasol.


    Lalu anak kedua, pakai metode BLW.
    ((bangga, karena sekarang anaknya Andien pake cara itu))...hahhaa...berhasil.


    Jadi anak ketiga...mungkin memerlukan Avent?
    ^^

    BalasHapus
  7. bener-bener keren nih Philips AVENT 4-in-1 Healthy Baby Food Maker ... solusi untuk ibu-ibu muda yang masih bekerja karena produk ini memiliki fungsi kukus, blender, defrost dan reheat yang pastinya akan membuat para ibu bisa memaksimalkan waktu untuk kegiatan lainnya

    BalasHapus
  8. Wah dengan Avent 4 in 1 ini bikin olahan MPASI levih mudah

    BalasHapus
  9. Philips Avent memang salah satu brand terdepan soal bayi dan kebutuhannya. Produk yang bagus banget memang. Ga nyesal walau harganya ga murah, tapi memang kualitasnya bagus

    BalasHapus
  10. Memberikan MPASI masa sekarang banyak kemudahan alat. Jadi ngerasa terbantu....


    Semangat ngeMpASI ya mbak

    BalasHapus
  11. bagus ya ada baby food maker ini
    gampang bikin MPASI
    dulu saya pake hancurin dengan pantat gelas dan disating hehehe

    BalasHapus
  12. Mau blendernya Mbak, bagiiiii....kayaknya bagus. Apalagi mpasi lagi hangat2nya ini

    BalasHapus
  13. Perjuangan banget ya punya baby harus siapin tenaga ekstra buat makanan dan lain2. Philips avent ini bisa meringankan pekerjaan ibu,biar punya lbih banyak waktu main sm alma ya.

    BalasHapus
  14. Baca ini jadi keingetan keluarga kakak yang anaknya masih kecil. Ke mana2 mesti bawa pemanas listrik sendiri, trus apa2 sendiri. Trus merhatiin mereka nyiapin makanan utk si kecil. Memang butuh waktu sih ya. Cba nti kuusulkan ke mereka utk miliki ini :) TFS.

    BalasHapus
  15. Ini bukannya blender seperti biasanya ya mba? Tapi ada benarnya juga untul mpasi itu harus dijaga pola asupan makanan dan minuman yang kita minum supaya sang bayi mendapatkan nutrisi yang cukup ketika proses menyusui. Biar asinya bagus

    BalasHapus
  16. Bikin MPASI memang butuh kesabaran ya, Mbak. Anak ketiga saya, nih, malah kurang perhatian. MPASI-nya kurang berkualitas. Hiks. Malah curhat.
    Makasih Mbak sharingnya, mau semangat lagi ah bikin MPASI :)

    BalasHapus
  17. Wew ini produk bisa kukus dan ngeblend bikin pengen, tapi ora ono maning yg MPASI di rumah hehe.

    Philips Avent ini selain desain produknya oke2, juga tahan lama semua produknya. Jd kalau mau dijualin prelovednya pas anak udah gedhean msh bisa #malahngomonginjualan :))

    BalasHapus
  18. Aku juga pas baru lahir kecil teh, cuma 2.5 kg. Dan sejujurnya pertumbuhan aku paling terhambat. Jadi paling kecil di rumah :(
    Tapi semoga Alma pertumbuhannnya baik, sehat selalu, doyan makan dan gak picky eater kayak aku lol.
    Kiss Kiss Alma dari jauh. :*

    BalasHapus
  19. Apaan, Teh, bawa-bawa skripsi sama revisi ih........

    Duh bos geng picky sekali, ya. Baru tau juga ternyata daging-dagingan itu penting banget buat jadi MPASI. Kirain mah malah gak sehat gitu kalo kebanyakan.

    "Selain itu, kalau lagi super mager, Philips Avent 4 in 1 Healthy Baby Food Maker bisa digunakan untuk mengukus makanan ibunya."

    INI APAAAA WKWKWK

    Bisa multifungsi, ya, Teh.

    Semoga Alma jadi anak gadis yang solehah, sayang sama ibuknya yang udah berjuang segala macam buat Alma. Sama bapaknya juga pastinya. Aamiin.

    BalasHapus

Wanna say something?
The comment is yours