Sabtu, 24 Juni 2017

[Beauty 101] Hyaluric Acid and Why I Stop Using This - with Short Review for COSRX Hyaluronic Acid Intensive Cream

Since I am starting to put more layers on my skincare routine, I need to learn more about chemical too. Because it is complicated and sometime some ingredients might be counteract each other. So, today I am gonna share you about hyaluronic acid and why I stop using it now.

As we know, hyaluronic acid is one of the most famous ingredients in skincare dan sudah dipakai secara global, termasuk Indonesia. Hyaluronic acid (HA) dikenal sebagai zat yang mampu membuat kulit kenyal, lembut, moist dan sebagainya dan sebagainya. It is known to have so many benefits yang membuat HA terkenal. HA adalah salah satu zat yang ada di tubuh manusia, karena itulah kemungkinan untuk iritasi pada kulit sangatlah kecil. Dipengaruhi oleh ‘iklan’ dan pengetahuan yang minim, saya coba menggunakan COSRX Hyaluronic Acid Intensive Cream untuk kulit saya yang combi (dry but also oily in some parts).

the pic is not mine.


Setelah menghabiskan hampir setengah jar dari COSRX Hyaluronic Acid Intensive Cream, saya menemukan bahwa it doesn’t work, really. I still have dry skin here and there and my skin is not so plump bahkan setelah saya menggunakan krim ini tebal-tebal. And I started to read some skincare paper (it might be articles or journals pokoknya baca) bahwa HA tidak akan membuat kulit kamu lembap jika lingkungan tidak lembap karena it doesn’t generate water itself, it pulls water from the air and if the air is dry or so it will pulls the water from your skin to make the surface plumps for a moment and that’s why it makes your skin dry. Pas tahu hal itu, I stop use my HA and start to search for the alternatives for my face cream. Kenapa? Karena menginjak usia di atas 25, kulit akan lebih mudah keriput dan tua jika terlalu kering.  Another research found that HA particle is way too big to penetrate to your skin dan hal ini lagilah yang membuat saya percaya bahwa tetap menggunakan HA adalah kesia-siaan belaka. There are more fact as I read more but it is too complicated to write here and I am not even a chemist lol lol lol.

I might be love COSRX Hyaluronic Acid Intensive Cream kalau masih tinggal di Bandung karena kota itu sangat lembap dan udaranya lebih bersih dari Jakarta atau Depok. COSRX Hyaluronic Acid Intensive Cream is really a good cream with a good texture and lot of benefits tapi mungkin ini bukanlah waktu yang tepat saat kita bertemu. The issue for HA might be solved now since the beauty cosmetics found the way to make the particle smaller tapi sayang beribu sayang, harganya sangat mahal. When I said mahal, ini beneran mahal. Kalau HA biasa mungkin bisa Rp 70rb (COSRX ini harganya sekitar Rp 200rb an ..my moneyyyyy T_T) kalau advance HA with smaller particles bisa sekitar Rp 700rb or more. So, I prefer to use another ingredient that works better than this and now I am moving to COSRX Hyaluronic Acid Intensive Cream sister COSRX Advanced Snail 92 All In One Cream. And so far so gwdddd.

I am not telling you to quit HA karena pada kenyataanya zat ini bekerja pada orang yang ada di tempat yang benar dengan kondisi kulit yang tepat. Namun sayang, it doesn’t work for me, so good bye my lover.

Thank you for reading!
Love,
M~

20 komentar:

  1. Aku baru tau kalo HA itu efek sampingnya kayak gitu. Especially when its react with environment wk. Untung gak pake HA :") mahal, da apa buat kantong mahasiswi yang kempes ini, aku cuma pake drugstore skin care yang harganya dibawah 100k :")

    BalasHapus
  2. Oh.. jadi harus tergantung gimana humidity udara sekitar kita, ya? Repot ya kalau gitu.

    BalasHapus
  3. I got my lesson, Teh. Berarti kita mesti cari tahu dulu ya segala info suatu produk sebelum kita pakai, eh sebelum beli malah. Aku termasuk yang gampang banget kepancing cerita orang "Bagus nih pakai ini" kemudian make. Iya, aku mah mudahan sekali ya. Untung bukan murahan. Eh....

    BalasHapus
  4. wah eman-eman mbak wes tuku lan nganggo nganti setengah e kok malah ora pas karo kulit e.. memang sih kulit setiap orang beda-beda dan hasilnya pasti juga akan berbeda. makane aku kadang wegah ngrekomendasike suatu produk yang telah aku pake soale mesti hasil e iso bedo-bedo

    BalasHapus
  5. Ternyata khasiat dari HA tidak bekerja pada semua orang, ada kondisi yang mempengaruhinya. Apalagi jika sudah banyak mengeluarkan uang untuk membelinya, tapi tak berkhasiat sakitnya tuh di sini.

    BalasHapus
  6. Naah...ini niih...masalah aku banget.
    Kulit waah aku tuuh akhir-akhir ini kenapa jadi random banget yaa...?!?

    Kadang lembab but in some part looks so dry!
    KZL nyaaa....ampuunnn!

    Jadi solusinya pake HA ini yaa...?

    **kebetulan aku tinggal di Bandung.

    BalasHapus
  7. Wah ia nich gak semua cocok sama kita. Aku malah termasuk orang yang gak neko2 kalau pake make up, cukuo bedak dan lipstik

    Nanging benten kaliyan mama, mama ngagem macem-macem ubo rampe. Kulo ingkang biasa kemawon.

    BalasHapus
  8. Bahahaha, aku sering gitu kalau pakai skincare. Di orang lain pada ada hasil,eh di mukaku tetep bulukan. Mau sih pakai yg agak mahalan siapa tahu bener berubah bening, tapi kalau hsilnya sama, sayang lah kalau gak kepake

    Make make up ya sering untung2 ngan deh

    BalasHapus
  9. mau cantik bisa dr perawatan. Tapi kalau terlalu mahal dan kita cuma orang biasa, ya sayang juga

    BalasHapus
  10. jadi, itu bahan-bahan kimia dengan nama-nama aneh itu.. ditempelkan ke kulit? Ngeri emang .. :D :D

    BalasHapus
  11. Kalau saya cocoknya lebih ke krim racikan dokter yang di tempat kyk spa dn facial gtu mbk. Jd kepikiran jg mau nanyain kandungannya apa ada HA-nya. Soalnya selama ini terima pakai aja. Tapi biasanya hasilnya jg bikin cerah dan rasanya kulit pipi halus kenyal2 gtu. Cuma kalau berhenti makai balik lagi deh jd kusam gtu

    BalasHapus
  12. to much for sell this product :( BTW, can use a man? Because me in white this face kak. tapi walaupun mahal fungsi dan khasiatnya setara lah jadi tidak menyesal apabila beli produk ini.

    BalasHapus
  13. Berabe langsung ngecek skincare-ku. Seharusnya aman yaa.. Aku pake merk yg Halal soalnya.

    BalasHapus
  14. Kalau buat aku cocok ngga mbak. Diudara Pontianak yang lembab dan panas terik. Kalo bisa sih boleh juga nih jehehe

    BalasHapus
  15. Pilih skincare tuh susah banget ya, Teh, ya? Selain cocok-cocokan sama kulit masing-masing, ternyata cuaca juga ngaruh itu bekerja dengan baik apa enggak. Baru baca ini aja aku puyeng, atuhlah teteh gimana baca artikel sama jurnal kecantikan banyak cobak wakakakak tapi kalo passionnya di beauty mah ya asik-asik aja. Sampai detik ini aku masih mencita-citakan kepedulian timbul dalam diriku untuk tubuhku sendiri. Ya, masih jadi cita-cita. Karena masih males ribet. Tapi suatu hari aku yakin aku bisaaaak! Hahahaha.

    BalasHapus
  16. Ohh ternyataaa...
    Baru sadar penggunaan merk seperangkat alat make up ini juga pengaruh dengan keadaan sekitarnya, ya, Kek lembab dan panas itu.

    BalasHapus
  17. Yassalam Teh kenapa bahasa campur-campur? Ku bingung bacanyq. Kirain inggris tok. Eh taunya Indonesia juga. Eh akhirnya di indo-inggris in wkwwkkwk

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  19. pakai hyaluronic acid pas muka basah, pasti berhasil, kalau lebih rajin, dilapis dengan pelembab lain tipis-tipis.
    Tips pemakaian HA dari dermatologist Dr. Dray di channel a day with Dr. Dray
    Dr. Dray tinggal di Houston Texas, yang hawa nya mirip dengan Indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. HiDear, I am actually doing 10 steps Korean Skincare, dan tetep kering, ehe...

      Hapus

Wanna say something?
The comment is yours