Kamis, 15 Juni 2017

Tips Mudik Aman, Nyaman dan Cantik Bersama Balita Menggunakan Pesawat

Tahun ini saya akan melaksanakan ibadah mudik pertama kalinya bersama Alma. Bagi saya, mudik itu adalah hal yang menggembirakan, menyenangkan, sekaligus melelahkan juga. Oleh karena itu, hari ini aku mau menuliskan tips mudik aman, nyaman dan cantik bersama balita. “Kok baru pertama kali mudik sama bayi sudah punya tipsnya?” Walaupun mudiknya baru pertama kali, Alma sering bulak-balik Bandung-Jakarta, atau Jakarta-Depok untuk ketemu Enin-Abah atau Akung-Utinya.

So, simak tipsnya di bawah ini, ya!

Pesan Tiket Jauh-jauh Hari Agar Bisa Memilih Tempat Duduk yang Nyaman
Nah, tips mudik aman, nyaman dan cantik bersama balita yang pertama adalah pesan tiket jauh-jauh hari agar bisa memilih tempat yang paling nyaman. Nyaman untuk beberapa orang bisa berarti berbeda-beda, untuk saya sendiri nyaman adalah tempat duduk yang luas. Kalau untuk suami bisa berarti tempat duduk dengan posisi favorit. Kalau di pesawat mungkin bisa dipilih tempat duduk yang paling depan untuk yang tempatnya lebih luas. Dikarenakan sudah pesan jauh-jauh hari, tentunya kita bisa memilih tempat duduk sehingga orang dewasa (orangtua) bisa duduk berdekatan untuk memudahkan koordinasi seperti bergantian menggendong anak dan sebagainya. Jangan sampai last call sehingga kebagian tempat duduk terpisah. Big No!

When we can take selfies while travelling
it means you are comfortable


Bawalah Makanan dan Mainan Favorit
Secondly, bawalah makanan dan mainan favorit balita. Anak kecil itu kadang-kadang moody. Kadang dia bosan karena perjalanan yang panjang, atau kadang dia lapar tiba-tiba sehingga tiba-tiba rewel. Oleh karena itu, agar si kecil tidak rewel atau bosan, bawalah makanan dan mainan kesukaannya. Kalau si Kecil tidak mengonsumsi ASI, siapkan susu pengganti ASI secukupnya, ya! Saya pernah suatu ketika, melihat seorang anak tantrum di KRL karena orangtuanya tidak membawa minuman kesukaan dia. Alhasil bocah lucu nan menggemaskan ini ngamuk sejadi-jadinya selama sekitar 40 menit dalam keadaan KRL penuh. Selain bikin cape si Bocah, hal ini bikin orang lain di sekitar kesal. Hal ini hanya karena tidak dibawakan minuman si Bocah. Jangan sampai hal itu terjadi sama kalian ya, karena selain bikin jengkel kejadian seperti ini bakalan bikin bĂȘte seluruh penumpang!
Oh iya, membawa makanan dari rumah selain untuk menghindari si Kecil rewel, juga tentunya untuk menjaga higienitas makanan dan asupan gizinya!

Bawalah Baju Hangat dan Juga Baju yang tidak Terlalu Tertutup
Kenapa kok terdengar kontradiktif? Well, perlu dipahami bahwa sekarang semua kelas penerbangan ataupun kereta itu menggunakan AC, oleh karena itu si Kecil membutuhkan baju hangat. Namun terkadang, malang tak dapat ditolak, kadang AC mati dan kondisi jadi panas. Jadi baju yang satunya lagi buat berjaga-jaga! Enggak ada salahnya toh berjaga-jaga.

Siapkan Kebutuhan Khusus si Kecil
Kebutuhan khusus itu apa? Kebutuhan yang tidak bisa didapatkan secara cepat saat mudik, misal obat, susu pengganti ASI dan hal-hal lainnya. Akan sangat merepotkan jika susu pengganti ASI habis atau misal obat anti nyamuk (minyak telon khusus nyamuk) yang biasa dipakai si Kecil habis karena hal ini tidak dijual di pesawat.

Siapkan Tas Khusus Untuk Dibawa di Kabin
Sudah disiapkan mainannya, susunya, obatnya dan lain-lainnya. Jangan lupa untuk memasukkan keperluan lainnya dalam tas khusus kebutuhan si Kecil agar tidak repot mencari. Dan hal ini juga memudahkan kamu untuk membawanya, lho!

Tadi kan sudah tips untuk mudik bersama balita, sekarang aku mau memberikan tips untuk ibunya agar tetap cantik saat mudik walaupun capek dan lelah setelah long flight.

Bring Your Skincare in Smaller Container!
Walaupun mudik, kita tetap cantik. So, jangan lupa untuk membawa perlengkapan kecantikan dan skincare. Enggak mungkin kan kita dekil pas mau silaturahmi dan salat Ied? Siapkan skincare kamu dalam kemasan travel size atau sample size, ya! Untuk perlengkapan kosmetik, biasanya wadahnya tidak terlalu besar so kamu cukup membawa satu item per perlengkapan, satu lipstick, satu bedak dll. Nah, karena itu bersemedilah untuk memilih shade mana yang mau di bawa. Wwkwk. Kalau mau banyak shade, sebaiknya membawa pallete yang all in one, namun pallete ini gampang pecah. Setelah itu masukkan dalam satu cosmetic case sehingga mudah dan enggak ribet pas dicari.

Sementara untuk skincare, yang harus dibawa adalah basic skincare yang terdiri dari pembersih wajah, pelembap, sunscreen dan pembersih makeup!




Always Bring Our Instant Angel: Sheet Mask and Eye Patch
Terkadang saat mudik kita itu kelelahan dan hal ini akan terpancar di wajah. Untuk memberikan glow secara cepat dan menghilangkan tanda kelelahan, bawalah masker lembaran dan eyepatch.

Jaga Pola Makan, Minum Air dan Tidur yang Cukup
Our skin is the mirror for our inner body, jadi jangan lupa untuk menjaga kesehatan sehingga tetap tampil cantik! Selalu usahakan untuk minum air yang cukup, makan teratur, eat real healthy food, dan tidur yang cukup!

Nah #SobatAviasi, tips mudik aman, nyaman dan cantik bersama balita versi aku. Nah, dengan hal ini kamu bisa tenang dan tidak takut untuk terbang kembali walaupun itu long flight! Selamanya enggak perlu khawatir lagi untuk mudik tanpa khawatir mengenai kecantikan kamu. 

Oh iya, kalau #SobatAviasi enggak mau ketinggalan berita tentang pesawat atau transportasi udara lainnya, jangan lupa follow akun social media Direktorat Jenderal Perhubungan Udara di Facebook dan Instagram

Sampai jumpa di postingan aku berikutnya, ya! See ya!

Love,

M~


PS: Tips kecantikannya bisa buat cowok kok, incase you are asking. lol
PSS: This tips is also applicable for other types of public trans.
PSSS: Sorry for the very noobie vlog, I know I'm lacking a lot but I hope I can do more next


19 komentar:

  1. Bener, balita itu mody banget, jadi mesti bawa bekal makanan, minuman, sama mainan favorit. Satu lagi pas anaknya rewel, ibunya kudu siap mental diliatin org2 di kereta atau pesawat hahaha ah tapi cuek aja, fokus ke anak.

    Selamat mudik ALma :)

    BalasHapus
  2. Wah, mudik pertama Alma ya teh :D

    Iya kalo mudik membawa bayi tuh bener-bener harus dipersiapkan matang sekali ya, terutama keperluannya.

    Dan ya, biar lagi mudik pun kudu tetep canteeeek yaaa teh :D


    Duuh, aku banget itu suka susah, bingung, galau, dan lama kalo kudu milih apalagi milih shade lipstik wkwkwk
    tapi aku pribadi sih termasuk yang enggak repot bawa-bawa alat kecantikan. Pelembab, bedak, lip butter, dan dua lipstik beda warna favorit aku aja udah cukup. wkwkkw poin pentingnya sih ada di lipstik, biar tetep keceh di hari raya muahahaha

    BalasHapus
  3. Meskipun aku gak pernah mudik pakai pesawat, tapi ngerasa penting juga nih tips nya, Teh..
    Kalau suatu hari mudik ke pulau sebelah kan jadi udah punya persiapan.
    *eaaaaa :D

    BalasHapus
  4. Nggak semua orang bisa paham kalo ada anak kecil sedang tantrum ya mbak, semua kudu dipersiapkan. Daaan teteeep wanitah, cantik! Apalagi kan momen lebaran yaaa, pallete jawabannya. Sama kek aku, biar gk ribet bawa ini itu hihihi.

    BalasHapus
  5. Jadi ibu2 emang bawaannya dobel yaa. Keseringan udah ribet sama anak ibunya udah kucel suka merhatiin penampilan. Tapi kayaknya teteh beda :D

    BalasHapus
  6. Mudik bawa balita memang harus ekstra persiapannya ya Teh. Untuk menghindari anak rewel. Kalau udah rewel, bukan hanya orang tuanya yang repot, orang yang ada di sekitar pun akan merasa terganggu.

    BalasHapus
  7. Tips mudiknya bersama anaknya cukup lengkap, sampai hal-hal yang perintilan. Jadi panduan lengkap saat nantinya saya sudah punya anak.

    BalasHapus
  8. Point pertama itu paling penting mba.. beli tiket jauh² dan biar bs booking tempat duduk yg pas.. saya sering kesel klo diminta tolong pindah dgn alasan mau dekat sama anggota keluarga.. padahal kita dah di posisi yang kita pilih sebelumnya

    BalasHapus
  9. Postingannya beda sendiri, BAWA SKINCARE IS A MUST ya Teh :D selamat mudik, salam untuk keluarga :)

    BalasHapus
  10. Kalo jalan-jalan jauh, aku juga suka banget bawa snack&minuman kesukaan,
    <( ̄︶ ̄)> agak ribet sih emang bawaan jadi banyak, cuma kalo jajan saat dalam perjalanan, sering ditembak sama penjual dan harganya jadi lebih mahal

    Nah aku malah sering banget ketinggalan tuh minyak-minyakan, mungkin karena bentuknya yang imut, jadi sering kelupaan, padahal sangat membantu saat merasa mual, sakit perut atau pusing ╭(╯_╰)╭

    BalasHapus
  11. ah,beneran tetep cantik karena mudiknya bawa alat make up
    tapi tetep kubutuhan anak diutamakan biar mreka nyaman

    BalasHapus
  12. Jika mudiknya sama lebih dari 2 orang apalagi anak memang harus dipersiapkan. Kasihan kalau tempat duduknya pisah

    BalasHapus
  13. Tambahan kata cantinya membuat aku membayangkan klo mudik mesti pake bulu mata cetar anti badai lho kak hehehehe

    BalasHapus
  14. Waah...masih sempet gitu mba..pake masker?
    Etapi karena penerbangan aku jarak pendek siih...

    Pernah ngerasain penerbangan jarak jauh...memang wajah jadi tampak lelah.
    Namun terbayar ketika sudah sampai di tempat tujuan dan dijemput oleh orang terkasih.

    Heemmm~~

    BalasHapus
  15. TIps ini penting dipraktekkan sama yg bawa balita kalau mudik. . kadang kesian ye kan. . lihat ibu ibu rempong kalau bayiknya rewel. .

    Tp sering ga masuk akal jugak sih. . ruangan berpendingin alias ac. . eh si bayik pake you can see. Plus rok minjem eh rok mini. .

    Wajar ye kan bayiknya rewel. . masuk angin kali itu. .

    Aiish gemes deh. .

    Padahal baju hangat dan minyak penghangat itu wajib dibawak ibuk ibuk yg punyak anak dan punyak bayik. .

    Penting

    BalasHapus
  16. tambahan kalau aku cari tiket murah tengah malam. Biasanya aman dan murah. Makin happy dech

    BalasHapus
  17. hihiii... emang ya teh. kalau meski mudik sama bayi kecantikan ibunya teta harus diperhatikan ya. biar moodnya ga kabur dan si baby tetap anteng.. :-)

    BalasHapus
  18. oke banget tipsnya,,,,

    sayang.... belum punya baby ._.
    doain deh ya semoga punya baby, eh salah, ketemu bapaknya baby aja dulu :P

    BalasHapus
  19. apa tidak ribet ya membawa bayi disaat perjalanan mba? hemm tetep ya di wajibkan membawa peralatan kecantikan dimana pun dan kapanpun biar tampak cantik banget ya mba

    BalasHapus

Wanna say something?
The comment is yours