Jumat, 14 Maret 2014

Asap Kebakaran Hutan Riau: Jangan Gunakan Masker Bedah Untuk Pernafasan!

Jadi, aku kemaren sempat membaca artikel tentang masker pernafasan yang digunakan ketika menghadapi bencana Gunung Kelud, dan di kompasiana beredar kabar bahwa itu hoax.




So, I searched more on Google and found a pdf file from Environmental Health Investigations Branch, California Department of Public Health. Demi kebaikan bersama aku bantu terjemahkan ya.

File pdf ini berisi panduan penggunaan masker ketika terjadi kebakaran hutan di CA (California). Judulnya adalah Protect Your Lungs from Wildfire Smoke atau Lindungi Paru-parumu dari Asap Kebakaran Hutan. Silakan baca interpretasiku di bawah:

Asap kebakaran hutan dapat mengiritasi mata, hidung , tenggorokan dan paru-paru. Asap tersebut dapat membuat kamu batuk dan bersin, dan dapat membuatmu sulit untuk bernapas. Jika kamu memiliki asma atau penyakit lain paru-paru, atau penyakit jantung, menghirup asap kebakaran hutan dapat sangat berbahaya.

Tinggal di dalam rumah dan mengurangi aktivitas fisik adalah cara terbaik untuk melindungi paru-parumu dari asap kebakaran hutan.  Gunakan masker khusus yang disebut "particulate respirator" dapat membantumu untuk melindungi paru-paru dari asap kebakaran hutan.

Cara Memilih Masker yang Benar Untuk Melindungi Paru-parumu

Pilih masker yang disebut "particulate respirator" yang memiliki kata
"NIOSH" dan juga "N95" atau "P100" tercetak di atasnya. Masker ini dijual di banyak
hardware dan perbaikan rumah toko dan apotek.

Pilih masker yang memiliki dua tali yang bisa diikat mengelilingi kepalamu.
JANGAN memilih masker yang hanya memiliki satu tali atau dengan tali yang hanya menggantung di
atas telinga.

Pilih ukuran yang sesuai pada hidung dan bawah dagumu. Masker ini harus menutup erat wajahmu.
Masker ini tidak tersedia dalam ukuran anak-anak.

Jangan gunakan bandana (basah atau kering), masker bedah (tissue atau kertas), atau yang menutupi mulut dan hidung saja. Masker seperti ini tidak akan melindungi paru-parumu dari api
merokok asap kebakaran hutan.

Cara Menggunakan Masker: 



1. Tempatkan masker di hidung dan bawah dagumu, dengan satu tali ditempatkan di bawah telinga dan satu tali di atasnya.
2. Jepit bagian logam dari masker hingga menempel erat pada bagian atas hidungmu.
3. Masker paling baik dikenakan pada kulit yang telah dicukur bersih.
4. Buang maskermu ketika terasa semakin sulit untuk bernapas, atau jika telah menjadi kotor.
5. Gunakan masker baru setiap hari jika bisa.

6. Akan lebih sulit untuk bernapas melalui masker, sehingga jika kamu bekerja di luar istirahatlah lebih sering.
7. Jika merasa pusing atau mual, pergi ke daerah yang lebih bersih dari asap, lepas maskermu dan cari pertolongan medis.

8. Jika kamu memiliki masalah jantung atau paru-paru, tanyakan kepada dokter sebelum menggunakan masker.
9. Untuk informasi lebih lanjut tentang melindungi diri dari asap kebakaran hutan panggil departemen kesehatan setempat.


Apa kamu membaca tulisan berwarna merah di atas? Bad news, masker yang sering kita gunakan, saya gunakan pun adalah masker bedah tissue yang tidak bisa digunakan untuk mengatasi dampak buruk asap kebakaran hutan. 
Pake masker yang ini? TETOT! Gak ngaruh!

Masker yang bener adalah masker yang memiliki tanda NIOSH approved dan N95 + P100 apa itu? Oke NIOSH adalah singkatan dari National Institute for Occupational Safety and Health alias departemen keselamatan dan kesehatan US ( I am blank after 12 hours content writing so please accept that translation or tell me what is the right translation for NIOSH). Sementara N95 dan P100 adalah ukuran ketahanan sebuah masker dalam menahan partikel (termasuk minyak) masuk ke dalam tubuh.
Ini yang bener, mahal :(

Another bad news is masker ini mahal. Aku dulu sempat di kasih Bapak waktu ada isu flu burung. Dan bener deh enak makenya. Walaupun pengap rasanya. Tapi kamu pasti bisa membedakan yang mana udara kotor tapi segar dengan udara bersih tapi bikin pengap! Berapa harganya? $7. Aku liat di Google sih segituan. So please, use this one kalau kamu bisa menemukannya dan membelinya atau gunakan dengan benar masker yang ada (mengcover seluruh wajah). Atau pilihan ke dua adalah tolong minta sama Pak Presiden SBY, yang katanya baru akan ke sana beberapa hari lagi sementara rakyatnya udah gak bisa nafas. Ini mengenaskan.

Please spread out this news and save your lungs!


I hope everything getting better faster.


Love
M~


Discalaimer: Materi di sini hanya terjemahan dari sumber www.­cdph.­ca.­gov dan saya tidak memiliki image yang ada di atas.

6 komentar:

  1. cari dimana ya masker kaya gitu?
    terus nama maskernya aapa mbak ?

    BalasHapus
  2. kayak masker buat proyek kak :|
    mahal yaaa.. aku aja dulu dapet gratisan, tapi habis pake langsung buang T T soalnya emang sekali pake

    BalasHapus
  3. wuduh... $7... kasian Indonesia ya...

    BalasHapus

Wanna say something?
The comment is yours