Sabtu, 28 Desember 2013

Menjadi Diri Sendiri (yang Kamu Mau) di Blogmu


Pernah gak bertanya sama diri sendiri gimana sih caranya jadi diri sendiri atau seseorang yang ingin kamu tampilkan di blog? Nah, akhir-akhir ini aku ada rencana untuk membuat template dan personal name card baru. Lalu, tiba-tiba teringat untuk nulis sebuah tips (setengah iseng, seperempat sok tau, sisanya nekad) tentang bagaimana menjadi diri sendiri di blog kamu (dan di blog saya).

Edited and details added, original image from fineartamerica.com

Menjadi diri sendiri di blog itu bukan dengan cara curhat di blog terus menerus. Curhat bisa sih cuma efeknya kadang kurang baik. Kenapa kurang baik? Hmm, kadang kita gak bisa tahan diri untuk gak curhat tentang hal buruk dan hal buruk sering kali mendapatkan respon negatif. Gak mau kan diri dapet sentimen negatif? Jadi, lupakan curhat terus menerus untuk menjadi diri sendiri di blog :)

Nah, menjadi diri sendiri di blog ini bisa dibilang representing your self in a media. Dan ini untuk membahas representasi membutuhkan beberapa lembar folio bergaris. Jadi silakan cari sendiri ya, singkat kata ini adalah tentang identitas kalian di sosial media. Since it is about identity, please kindly, this is the first step, silakan bikin biodata sendiri, selengkap-lengkapnya. Selain isian biodata standard, isikan juga 'menurut kamu, bagaimana orang lain memandangmu' dan 'bagaimana kamu ingin oranglain melihatmu'. Buat biodata selangkap-lengkapnya (termasuk hobi paling nerd and weirdo yang doyan kamu lakuin yes).

Untuk menjadi diri sendiri di dunia blogging hal paling penting yang harus kamu lakuin adalah menjadi original jadi dirimu sendiri. Dan cara paling mudah adalah ya tadi, melalui biodata yang kamu tulis. Dengan menuliskan biodata itu kamu bisa mengurai dan mengetahui kamu ini sebenernya kaya gimana. Pertanyaan tambahan yang disisipkan, bagaimana pun caranya harus bisa dijawab. Caranya? Kalau kamu gak tau jawabannya silakan tanya orang lain. Openbook diperbolehkan :)

Dari temuan jawaban pertanyaan yang udah kamu bikin, analisis dirimu sendiri. Kalau misal dari jawaban pertanyaan itu ditemukan bahwa personality mu mature lady, make your self as a lady. Apa aja sih yang biasanya dilakukan seorang perempuan yang mature, pinter dan anggun? Aplikasikan semua personality mature lady ini di blog kamu. Dan itu dimulai dari pemilihan nama user, domain (beli ataupun free), huruf, header, design dll. Aplikasikan semuanya. Misal kalau kalian lihat template blog aku, ini cewe banget, tapi dengan beberapa warna terang. Ini memang disengaja. Dulu template blog ini dibuat oleh seorang art director dengan permintaanku untuk menjadi: anggun, cheerful, dan girly, dan ketiga kata ini adalah kata paling ingin aku sampaikan pada kalian semua (tsah elah).

Di blog, you can put all the stuffs you want! Apa aja, tapi agar lebih menarik, simpan apa saja yang memang benar-benar kamu sukai. Misal, lima hal paling utama yang kamu ingin bagikan sama pembaca apa sih? Aku pribadi membuat blog ini benar-benar menjadi wadahku membagikan minatku. Minat aku paling utama ya beauty, literature, food and social media. Dan aku mulai fokus hanya menulis tentang hal-hal itu. Sesekali, boleh lah kamu melenceng menulis diluar ketiga hal itu. Tapi inget untuk selalu kembali ke hal utamanya.

Langkah selanjutnya, ini sifatnya technical, buat kolom about me khusus di blogmu. Isi dengan biodata penting mengenai diri kamu di situ. Hal ini berguna agar reader bisa mengenal kamu lebih baik.



Setelah mengetahui dua poin di atas, mulailah untuk menjadi konsisten untuk menulis tentang tema-tema di atas. Mulailah banyak membaca tentang minat kamu yang paling utama itu apa. Membaca membuat kamu lebih update tentang berita dan lebih mudah menulis. Kemudian, buat target, berapa banyak sih kamu harus menulis setiap bulannya? Misal, saya akan menulis setiap bulannya paling sedikit sebanyak tiga post.


Kemudian, buatlah seluruh dunia tau tentang kamu. Caranya? Buatlah engagement dengan pemilik blog lain yang memiliki interest sama dengan kamu. Mulailah berkenalan, dan semua akan tau siapa kamu sih sebenarnya.

Nah, cukup gampangkan? Sebenarnya hal mengenai representasi diri di blog ini erat kaitannya dengan personal branding. Tapi untuk personal branding akan aku tuliskan lagi nanti ya (kalau inget haha)

Sekarang, selamat beristirahat readers. Makasi udah baca ya.


Love D

14 komentar:

  1. Mantep ^^

    Sekarang saya lihat Teh Dewi sering update blognya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Titis lebih kereeeen
      Update tiap hari, rajin bangettt

      Hapus
  2. keren... inspiratif sekali..
    salam kenal kak....

    www.makruf.com

    BalasHapus
  3. Bener banget tuh, jadi diri sendiri. Jangan ragu kalo tulisannya beda sama penulis. Saya klo di blog juga agak curhat hehe. blog saya farisanisan.blogspot.com

    BalasHapus
  4. Bener bgt nih, suka ma tulisannya :)

    BalasHapus
  5. Keren inih tulisannya. Saya jadi sadar kalo saya orangnya menginspirasi makannya blog saya penuh motivasi, bener ga Wi? *ancem pake piso ginzhu* ;))

    Buat yang belom tau blog saya, mampir yuk ke labollatorium.blogspot.com .. Hahaaay~

    Btw, ceunah rek posting kongkow ciwalk Wi, nungguin nih.. ;))

    See yaa~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bentar eaps teh, hahah engke aku post hahah :))

      Hapus
  6. Nice, betul banget nih ;)

    aku baru mulai ngeblog, rata-rata postingan di blogku itu semacam opini tentang kehidupan *tapi sebenernya keselip curhat 'terselubung' juga disitu._.
    ada cerpennya juga..

    mampir ke blogku ya: shabrinacorner.blogspot.com dan selipkan komen di sana, berbagi semangat ngeblog kepada newbie sepertiku hehe :)

    BalasHapus
  7. mencerahkan sekali tulisanmu yang ini kak,

    salam kenal ya, aku adynura...anaknya ceria dan ganteng, super didalam pergaulan, ga suka sendirian.

    adynura.blogspot.com

    BalasHapus
  8. Mantap. Keren banget! Kunjungi balik yuk, blogdeka.com

    BalasHapus
  9. Bener teh, keseringan curhat di blog bisa bahaya juga. Aku aja mikir 2 kali kalo mau nulis tentang kegiatan sehari-hari. Hahaha.. :D

    Jadi blog itu bisa jadi semacam CV pribadi kita ya. Orang bisa tahu kepribadian kita dari membaca blog. Gitu kan teh?

    BalasHapus
  10. ngeblog adalah salah satu cara untuk belajar jujur dan memahami diri sendiri :)

    BalasHapus
  11. Iya juga ya, dapat ilmu lagi dari blog ini. :)

    BalasHapus

Wanna say something?
The comment is yours