Jumat, 13 Desember 2013

Cek Struk Belanja! Hati-hati Dicurangi Pegawai Mini Market.

Pic: livinggreenmagz

Sebenernya kejadian ini udah agak lama kejadian dan jujur aku lupa hahaha, cuma gegara parno dengan kejadian yang hampir sama jadi keinget lagi.

Jadi gini ceritanya... Aku ini tipe orang yang sehabis belanja bakalan selalu merhatiin struk belanja! Sebelum belanja dengan nilai yang lumayan gede, aku bakalan menuliskan daftar belanjaan dalam sebuah kertas kecil yang isinya disusun sebelumnya. Namanya anggaran belanja bulanan, pasti temen-temen di sini yang memiliki perhatian lebih pada sektor finansial tau banget betapa pentingnya si anggaran bulanan ini.
Jadi karena adanya anggaran belanja bulanan, otomatis kita bakalan tau dan kadang dengan tidak sengaja hapal berapa harga barang.

Nah kebetulan, aku pada suatu ketika (tsah elah) belanja barang di sebuah mini market yang ada di Jalan XXX, Bandung. Pada saat itu aku beli banyak jajanan bersama mantan pacar (baca, dulu pacar, sekarang mantan, dan dalam tulisan ini selanjutnya akan disebut teman,) karena kita mau nonton bola bareng, seri A. 

Nah, kami ngambil barang banyak buanget, kebanyakan cemilan sih. Tapi aku tau banget bahwa itu gak akan lebih dari 60 ribu, paling mahal 70 ribu lah. Lalu pas dia bayar ke kasir, aku nunggu di luar. Pas dia beres bayar, ku tanya "Berapa semuanya?" he said, "100rb."
Hah? Kok mahal? Kok bisa segitu? Aku tanya lagi, "Struknya mana?", "Gak ada, tadi rusak mesinnya." Dan jujur aja, semakin aneh. Pas kami sampe rumah, aku itung lagi satu-satu, tentunya gak exactly sama dengan harga yang dicantumkan di mini market tersebut, tapi harga yang aku inget. Dan belanjaan itu, fix gak akan lebih dari 70rb. Lalu temenku ini, iya temen iya, berinisiatif buat balik lagi ke mini market itu. Dan nyoba buat minta struk belanjaannya. Sementara dia masuk, aku nunggu di luar. Aku liat dari luar dia cengngesan, yah yakin banget basa basi. Karena aku tau dia sangat kesel. Siapa yang gak kesel coba bisa salah itung gitu, ini namanya mark up!

Aku nunggu di luar lumayan lama, 30 menit mungkin. Dan dia keluar dari mini marketnya, aku langsung tanya, "Jadi berapa?", he answered, "70rb, sama kaya yang tadi kita itung." oke hmm. Aneh. "Terus kok tadi bisa 100rb, dia ngitungnya gimana? Struk tadinya mana?" muka sang temen ini masih kesel, "Dia bilang gak bisa diprint lagi, dan dia tadi kaya ketakutan gitu. Aku minta data pembelian terakhir tadi punya kita, dia bilang gak bisa. Kaya nyembunyiin sesuatu gitu deh pegawainya ini." egilaaaa, mini market yang udah ada hampir disemua kota besar nipu kaya gini? Yaelah broh!

"Terus kamu gimana bisa dapet angka 70rb kalau dia gak mau ngasih struk ulang?" hmm, mencurigakan banget deeh pegawai mini market itu, "Aku minta itung ulang semua, karena pas 70rb ya aku minta dibalikin uang lebihnya," yaampun! "Aku aneh deh kenapa sampe dia bilang ga bisa cetak ulang struk, orang biasanya juga bisa." Sure, biasanya juga bisa cetak ulang struk doang! Hih, "Tadi pas aku ngomong sama pegawainya, dia bilang gak bisa karena nanti dicatat sebagai penjualan dan bakalan minus di kas." WTF?? Biasanya juga bisa lah! "Ah, yang di deket rumah sebelah sana bisa loh, aku selalu minta struk ulang!" hih aneh deh ini mini market. "Iya akupun gak tau."

Logikanya, kalau misal nilai di struk ada yang bisa naikin jumlah belanjaan kita sampe 30 ribu dan gak ketauan, dan itu terjadi sama banyak orang, bisa jadi banyak banget dong 'simpanan' pegawai itu? Tapi karena kami mau nonton bola bareng, kami putuskan untuk melupakan sejenak semua beban hidup masalah ini. So, we spent all nite long nonton bola sambil kesel sama pegawai mini market itu.

Nah, di awal tadi aku bilang, kalau aku keinget gara-gara parno ya? Iya, jadi kemaren di mini market deket terminal Margahayu Raya, aku beli eskrim, pringless, dan ramen cup. Cuma pas mau dibayar, eh, struknya nyangkut. Dan it brings memories bersama mantan back! I mean, memory buruk di mini market itu, bedanya saat ini aku sendiri. Langsung parno! Aku minta buat print ulang, dan katanya gak bisa. Semakin parnolah eke! Untungnya si kasir ini, dengan penuh ketelatenan, dia ngitung ulang pake kalkulator. Dan jumlahnya sama dengan jumlah yang dia bilang sebelumnya. Hufft! Lega, masih ada juga orang jujur!

All I want to say adalah, ketika kamu berbelanja, selalu periksa lagi struk, dan kalau ada apa-apa sama struk, minta dia cetak ulang atau suruh si mbaknya itung ulang pake kalkulator. Emang di mana-mana sekarang ada orang jahat. Tapi orang baikpun gak kalah kok dari orang jahat!

Berhati-hatilah dalam berbelanja ya. Belanja di tempat yang kamu percaya aja. 
Selamat hari Jumat! Happy holiday!




D

4 komentar:

  1. bener banget kak. struk itu bisa diprint ulang kuk dan gak bakalan masuk ke hitungan kas. soalnya aku duluh mantan kasir hehhe.. tapi bukan dari PT. ternama yang ada dimana mana itu.

    well, sebagai manusia aku juga pernah salah itung tpi, itu pure karna ketidak sengajaan. itu pun gak ampek sebanyak itu waktu itu cuma salah itung 1 sabun seharga 1.300 ketekan jadi 2.. gila' 30 rb kalo aslinya 60 ribu itu berarti dia menggandakan per item jadi berapa??

    well, sekarag pun aku juga jadi wanti wanti kalo beli barang. terkadang juga ada harga yang gak sesuai ma harga dietalase.

    nice... :)

    BalasHapus
  2. waaaah kak dewi telaten banget..kalo aku sih struk langsung aku masukin dompet..hahahahaa... yang telaten kayak gitu ibuku kak.. ya kali aku masih belom punya aura ibu-ibu ya kak...hehehheee

    BalasHapus
  3. buset mark up udah kaya anggaran belanja negara aja ada mark up. selama ini klo dapet struk langsung di kuwel2 dan berakhir di tempat sampah tanpa baca sebelumnya
    kayaknya gw harus lebih teliti neh

    BalasHapus
  4. Wah... baca ini saya kok juga ikutan sewet dg kasir ya... rasa rasanya ingin marahin tuh kasirnya.... heh!! Bikin geram aja tuh kasir..

    BalasHapus

Wanna say something?
The comment is yours